Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Apa itu Running ABC? - Running A B C adalah salah satu model program latihan yang sangat baik digunakan untuk proses pembelajaran di sekolah terutama di Sekolah Menengah Pertama, sehingga menghasilkan suatu out put yang memuaskan dengan dibuktikan dengan ketrampilan peserta didik yang meningkat serta berprestasi.

Dan running ABC tersebut sesuai dengan proses pembelajaran ataupun proses latihan. Dimana running ABC cocok untuk memberikan latihan tahapan-tahapan pembelajaran yang harus diberikan ketika berlatih secara sistematis dan terprogram serta wajib mengarah ketehnik yang sebenarnya.

Sehingga Athletic basic Coordination adalah kepanjangan dari Running A B C yang mempunyai arti latihan koordinasi gerak dasar atletik.

Program Latihan Running ABC



Bagaimana Model Latihan Running ABC?


Bentuk model latihan running ABC ini sangat pantas untuk menunjang serta mengarahkan pada nomor lari jarak pendek. Terutama pada nomor sprint 100 meter, 200 meter, 400 meter, lari gawang, dan lari estafet (lari sambung).

Jenis-Jenis Bentuk Latihan Running ABC

Ada bermacam-macam serta nama latihan dalam running "ABC". Ada sekitar 25 macam jenis latihannya. Akan tetapi Admin zonapelatih hanya akan menjelaskan 10 contoh jenis latihan running ABC saja. Yang selebihnya bisa Anda lihat pada video program latihan running ABC yang berada diakhir atikel ini.


Sehingga Anda akan lebih paham dengan nama-nama gerakan running abc

Adapun ke 10 jenis latihan yang terrmasuk ke dalam proses latihan running ABC yaitu:

1. Angkling yaitu jalan dengan perkenaan bola kaki.
2. Knee-up yaitu lari dengan mengangkat lutut sejajar dengan rata-rata air.
3. Kicking yaitu lari dengan menendang ke arah depan lurus.
4. Heel Butkick yaitu lari dengan menendang pantat menggunakan tumit.
5. Gerakan kombinasi 1-2.
6. Hoping yaitu lari yang diselingi lompatan dengan ayunan tangan dan kaki diangkat sampai paha rata-rata air.
7. Tripel Tak Off yaitu proses lari tiga langkah dengan diselingi hoping.
8. Lompat Kijang yaitu proses lari seperti menghindari rintangan ke depan, sehingga membentuk gerakakn melompat seperti kijang.
9. Clowing yaitu latihan lari dengan gerakan kaki seperti mencakar.
10. Caarioca yaitu latihan lari dengan posisi badan menyamping gerakan kaki menyilang kombinasikan dengan putaran pinggang.

Nah proses latihan/pembelajaran di atas dapat meningkaktkan ketrampilan atlet lari ataupun siswa. Juga secara tidak langsung akan meningkatkan kebugaran atlet/siswa menjadi lebih baik.

Video Program Latihan Running ABC


Beberapa contoh video latihan dasar untuk para atlet lari yang bisa dijadikan refrensi latihan/melatih.





Bentuk latihan ini dapat diberikan secara berulang-ulang dengan disesuaikan dengan kemampuan atau kondisi fisik atlet/siswa Anda.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Latihan Lari Dengan Program Running ABC