Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Daya ledak otot adalah adalah kemampuan otot atau sekelompok otot untuk melakukan kerja secara eksplosif. Tenaga ledak otot ini dipengaruhi oleh 2 komponen kebugaran jasmani, yaitu kekuatan dan kecepatan kontraksi otot.

Dalam kehidupan sehari-hari, daya ledak ini diperlukan utntuk memindah suatu benda dari satu tempat ke tempat lain yang dilakukan secara tiba-tiba. Namun pada bidang olahraga, daya ledak ini sangat penting dan dibutuhkan,  misalnya pada cabang olahraga lempar lembing, lempar cakram , bola basket, futsal, sepakbola, taekwondo dan sebagainya.

Seorang pelari cepat/sprinter ketika berada dalam keadaan "siap" dan bersiap untuk melakukan start, pasti ia sangat membutuhkan kekuatan otot-otot tungkai dan power daya ledak untuk bisa melakukan start yang baik. Sehingga larinya bisa berada di depan pelari lain. Kata orang bilangnya menang starnya.

Latihan Daya Ledak Otot Untuk Pemain
Salah satu latihan daya ledak otot tungkai

Jenis Latihan Daya Ledak Otot Atlet/Pemain


Upaya dalam meningkatkan unsur daya ledak dapat dilakukan dengan beberapa cara :

  1. Meningkatkan kekuatan tanpa mengabaikan kecepatan atau menitik beratkan pada kekuatan
  2. Meningkatkan kecepatan tanpa mengabaikan kekuatan atau menitik beratkan pada kecepatan
  3. Meningkatkan kedua-duanya sekaligus, kekuatan dan kecepatan dilatih secara simultan (Jessen, Schultz dan Bangertes, 1984 : 17).


Oleh karena itu bentuk Latihan kombinasi antara kekuatan dan kecepatan adalah latihan untuk meningkatkan kualitas kondisi fisik dengan tujuan utama meningkatkan daya ledak. Bentuk Latihan tersebut memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap nilai dinamis, jika dibandingkan dengan latihan kekuatan saja. Adapun dalam mengembangkan daya ledak, beban latihan tidak boleh terlalu berat sehingga gerakan yang dilakukan dapat berlangsung cepat dan frekuensinya banyak (Pyke, 1980:75 ).

Berikut ini ada salah satu bentuk latihan daya ledak power yang sering dilakukan orang/pemain yaitu dengan menggunakan beban besi atau mengangkat beban. Aplikasinya adalah dengan mengangkat besi/beban dengan berat badan disesuaikan dengan kebutuhan. Cara mengangkat beban yaitu dengan dilakukan secara berulang-ulang dengan cepat. Perlu diingat bahwa penentuan jumlah/berat beban jangan terlalu berat, supaya beban dapat diangkat dengan berulang kali. Untuk lama waktu latihan adalah lamanya melakukan latihan tesebut dibagi kedalam beberapa repetisi dan dilakukan kedalam beberapa set.


Contoh bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan daya ledak (power):


  1. Melompat dengan dua kaki (double leg bound)
  2. Melompat dengan kaki secara bergantian
  3. Lompat jongkok
  4. Lompat dua kaki dengan box


Nah itulah pembahasan mengenai bentuk latihan daya ledak otot, sehingga dengan demikian harapannya Anda sudah bisa melakukan gerakan untuk melatih daya ledak otot sendiri.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Latihan Daya Ledak Otot Untuk Pemain