Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Bagaimana cara melakukan teknik lay up shoot dalam permainan bola basket? - Teknik Lay Up Shoot adalah teknik menembak atau tembakan melayang dimana pemain memasukkan bola ke ring dengan menggunakan tangan kanan ataupun tangan kiri, dengan sebelumnya melakukan dua langkah kaki dan melayang mendekati ring basket.

Teknik lay up shoot merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan poin. Dimana secara garis besar gerakan lay up shoot dilatih dengan cara mendrible bola basket dari garis tembakan bebas serta dianjutkan dengan melompat ke atas dengan satu kaki, selanjutnya pemain memasukkan bola ke ring basket.

Apakah Anda sudah paham, bagaimana cara melakukan lay up shoot yang sebenarnya pada permainan bola basket? Nah pada artikel berikut ini Anda akan mengerti tentang pengertian lay up shoot secara lengkap beserta cara melakukan teknik lay up basket.

Baca juga: Teknik tingkat lanjut basket

Jika Anda masih bingung bagaimana cara melakukan teknik lay up shoot, maka Admin zona pelatih akan menjelaskan pada artikel di bawah ini disertai videonya sekaligus.

Latihan Cara Melakukan Teknik Lay Up Shoot Basket


Lihat gambar di bawah, tentang langkah-langkah cara melakukan gerakan lay up shoot bola basket.



Nah dari gambar di atas Anda akan mulai mengetahui bagaimana langkah-langkah yang benar cara melakukan teknik lay up shoot basket.

Dan jika Anda sudah paham, maka Anda akan bisa melatih drill cara lay up basket lho.

Cara Melakukan Lay Up Shoot dengan Tangan Kanan


  1. Pertama Anda harus mendribel/menggiring bola, yang dimulai dari garis tembakan bebas.
  2. Saat mendekati ring basket, ubah kecepatan lari lebih cepat.
  3. Setelah melakukan lari, maka dilanjutkan dengan melakukan tolakan kaki serta melompat dengan menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan.
  4. Jangan lupa ketika melompat angkatlah lutut sebelah kanan.
  5. Kemudian lakukan tembakan bola ke ring basket menggunakan tangan kanan.


Tips: Ketika melakukan tembakan usahakan arah tembakan ke titik yang strategis, yaitu berada pada sebelah kanan kotak persegi pada papan pantul, karena titik ini dapat mengarahkan pantulan bola pasa ke ring dan bola akan jatuh ke dalam ring basket.

Cara Melakukan Gerakan Lay Up Shoot dengna Tangan Kiri


  1. Yang pertama lakukanlah dribbling bola basket dimulai dari garis tembakan bebes.
  2. Saat mendekati ring basket, ubah kecepatan lari menjadi lebih cepat.
  3. Setelah melakukan lari dilanjutkan dengan melakukan tolakan kaki dan melompat menggunakan kaki kanan sebagai tumpuan.
  4. Pada saat melompat jangan lupa angkat lutut kaki kiri.
  5. Kemudian lakukan tembakan bola menggunakan tangan kiri ke arah ring basket.


Tips: Ketika melakukan tembakan sebaiknya arahkan tembakan ke titik strategis yaitu berada pada sebelah kiri persegi pada papan pantul, karena titik ini akan meredam pantulan bola dan akan menjatuhkan bola ke dalam ring.

Nah perlu diingat ketika melakukan teknik lay up shoot, usahakan tubuh dalam keadaan rileks (tidak kaku). Karena jika tubuh Anda kaku/tegang maka bola yang ditembakan akan kurang sempurna dan gerakan lay up shoot terlihat patah-patah. Dan hasilnya bola tidak akan masuk ring basket.

Cara Meningkatkan Ketrampilan Teknik Lay Up Shoot


Berikut ini ada 5 tips cara meningkatkan teknik dasar basket lay up shoot, yang bisa Anda coba lakukan.

1. Lompatan (Jumping)

Pada teknik gerakan lay up shoot membutuhkan lompatan yang tinggi, supaya Anda bisa mendekati ring sedekat mungkin. Supaya memperbesar peluang tembakan bola ke ring masuk, dan mendapatkan point.

2. Sentuhlah Papan Bagian Belakang

Salah satu cara mudah berlatih lay up shoot yaitu dengan melompat menyentuh bagian belakang papan basket.

3. Lari dan Sentuh Papan serta Pelajari Langkahnya

Setelah Anda telah mampu menyentuh tempat yang sama terus menerus dengan menggunakan melompat berdiri secara berulang-ulang, Anda perlu untuk melakukan jangka sebelum memasukkan bola ke dalam ring. Sekali lagi, rencanakan tempat di sebuah papan dan berlari dan melompat untuk menyentuhnya.

4. Tambahkan Bola 

Setelah mampu menyentuh tempat yang sama dengan mulai berjalan, Anda harus mulai mencoba gerakannya dengan bola. Jika Anda telah mencobanya berulang kali, pastikan bahwa bola adalah memantul ditempat yang sama setiap kali.

5. Penempatan Bola

Bola harus memantul tepat pada tengah tengah kotak di papan tersebut. Ketika bola digulirkan dari ujung jari, itu harus menghantam tempat yang sama dan itu akan tidak masuk setiap waktu anda memantulkan bola meleset dari tengah tengah papan.

Baca juga: Program latihan meningkatkan skill basket

Video Latihan Cara Melakukan Gerakan Lay Up Shoot Basket



Nah demikianlah penjelasan mengenai cara atau teknik lay up shoot pada permainan bola basket yang mudah. Semoga tulisan yang sedikit ini bermanfaat buat kita semua. Dan bisa menjawab pertanyaa Anda tentang bagaimana cara melakukan lay up shoot pada permainan bola basket brainly.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Pengertian dan Cara Melakukan Teknik Lay Up Basket