Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Olahraga untuk hipertensi yang aman - Bagi seorang yang menderita darah tinggi (hipertensi), mereka tidak hanya mengubah pola makan sehat dan minum obat saja. namun mereka juga harus mengimbangi dengan berolahraga yang rutin, supaya dapat mengendalikan tekanan darah tingginya.

Dan bagi Anda yang tidak mempunyai sakit darah tinggi, olahraga juga menjadi salah satu kunci hidup sehat. Dan dapat mencegah risiko penyakit hipertensi ini.

Karena penyakit hipertensi ini, lebih sering menyerang pada orang yang bertambah usia. Oleh karenanya usahakan melakukan olahraga secara rutin, supaya bdan tetap sehat dan bugar.

Nah apakah manfaat olahraga untuk penderita hipertensi dan apa saja jenis olahraga yang baik dan aman untuk penderita darah tinggi?

Jenis Olahraga Untuk Penderita Hipertensi
Macam olahraga fisik untuk penderita hipertensi


Apa Manfaat Olahraga bagi Penderita Hipertensi?


Dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat meningkatkan kebugaran badan dan jantung. Sehingga jantung dapat memompa darah lebih maksimal dan efisien. Dengan begitu detak jantung akan lebih rendah dan teratur.

Dengan jantung bekerja lebih fisien, maka sirkulasi aliran darah keluar masuk ke jantung akan lebih lancar. Alhasil ini dapat menjaga elastisitas pembuluh darah untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah.

Selain itu dengan melakukan olahraga secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah dan juga mempertahankan berat badan tetap ideal dan tubuh menjadi bugar.

Baca juga: Jenis makanan untuk mengobati penderita hipertensi

Jenis Olahraga Bagi Penderita Hipertensi


Semua olahraga pada dasarnya dapat digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. entah itu jenis olahraga kardio, aerobik, latihan kelenturan ataupun latihan kekuatan seperti angkat beban atau fitnes.

Dan semua itu bisa Anda dapatkan secara mudah, dengan melakukan aktivitas fisik intesitas secara rutin. Kuncinya ada pada semua aktivitas fisik yang dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan Anda, dianggap sebagai olahraga yang baik untuk penderita darah tinggi.

Yang pasti, sebelum melakukan olahraga atau kegiatan fisik lainnya, wajib konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.


Contoh Olahraga Untuk Penderita Darah Tinggi


Ada beberapa contoh jenis olahraga yang baik untuk penderita hipertensi di bawah ini.

  1. Jogging
  2. Bersepeda
  3. Berenang
  4. Menari
  5. Jalan kaki
  6. Naik turun tangga


Nah itulah beberapa jenis olahraga yang baik untuk penderita hipertensi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Jenis Olahraga Untuk Penderita Hipertensi