Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Latihan perut bawah - Cara latihan otot perut supaya kencang dan terbentuk dengan baik, adalah salah satu cara yang paling bnyak dicari. Karena saat ini sudah banyak yang menjadikan kegiatan fitnes itu sebagai aktivitas yang utama. Dan tentunya mereka menginginkan mempunyai bentuk tubuh yang atletis dan keren.

Berbicara tentang cara mengencangkan dan membentuk otot perut, Admin zona pelatih akan memberikan contoh bentuk latihan serta cara melatih otot perut bagian bawah. Karena untuk dapat mengecilkan perut bagian bawah itu sudah, apalagi untuk membentuk otot perut bawah juga lebih susah lagi.

Maka dengan semangat Anda serta panduan latihan otot perut bawah ini, harapannya Anda akan berhasil membentuk otot perut bawah Anda sesuai yang diharapkan.

Cara Latihan Membentuk Otot Perut Bawah


Dengan melakukan latihan ini, maka Anda akan memperoleh bentuk latihan menguatkan otot perut sekaligus membentuk  otot perut bawah lebih terlihat kencang.

Manfaat lain dari latihan otot perut yaitu Anda dapat menghilangkan perut buncit dan menjadi perut yang rata bahkan sixpack.

Anda akan mendapatkakn tips untuk melatih otot perut bagian bawah dengan baik dan benar. Karena membentuk otot perut bawah adalah yang lebih susah daripada membentuk otot perut sixpack.

Program Latihan Membentuk Otot Perut Bawah


Sebelum memulai bentuk latihan otot perut bagian bawah, Anda harus memahami dahulu tentang dasar latihannya. Biarpun tujuannya adalah untuk membentuk perut bagian bawah, tetapi untuk mendapatkannya Anda harus tetap melakukan latihan dan menambah kekuatan otot perut tersebut.

Karena banyak yang salah kaprah dan akhirnya gagal dalam membentuk otot perut bawah. Karena mereka lebih banyak melakukan (fokus) sit up, padahal sit up itu yang dilatih adalah otot perut bagian atas.

Oleh karena itulah kenapa pentingnya Anda harus paham betul tentang tujuan dan dasar latihan. Sehingga dapat memilih bentuk latihan yang cocok untuk mengencangkan otot perut bagian bawah.

Contoh yang benar dalam melakukan latihan otot perut bawah adalah Anda harus melatih otot perut bagian bawah menggunakan cara khusus. Serta wajib ditunjang dengan diet yang benar, guna mendapatkan bodyfat yang rendah supaya otot perut bawah mudah terlihat.

Bodyfat Untuk Perut Bawah Yang Rata


Untuk pria : 8 – 10% Bodyfat

Untuk wanita : 18 – 20% Bodyfat

Sejujurnya untuk membentuk perut bawah adalah bagian tersulit baik bagi pria ataupun wanita. Jika hanya membentuk otot perut atas atau samping itu masih sangat mudah. Tetapi, jika membentuk otot perut bawah itu sangat sulit dan banyak orang perutnya sudah rata atau 4 packs tapi bagian bawahnya belum terlihat . Karena memang perut bagian bawah itu susah dibentuk. Itu karena lapisan lemak terakhir berada di perut bagian bawah.

Lemak perut bawah hilangnya paling terakhir , tetapi kalau nambah fat bagian perut bawah yang paling terlihat pertama tidak adil kan ?!

Jadi pastikan disini diet Anda sudah benar dan ketat, untuk soal bodyfat sebenarnya tidak ada cara akurat untuk mengukur nya kecuali Anda menggunakan “body fat calliper” . Anda bisa nonton di youtube atau google how to count bodyfat with bodyfat calliper. 

Oleh karena itu sekarang mari tetap focus membahas perut bagian bawah. Intinya jagan focus pada mesin body fat karena itu suka ngaco !

Kadar Air Dalam Tubuh


Selain bodyfat perut bagian bawah biasa juga suka mengikat berat air. Hal ini bisa terjadi pada wanita, disaat wanita sedang mengalami PMS dan merasa perutnya sangat “bloated” dan perut bagian bawahnya menjadi sedikit membesar. Itu adalah penambah berat air di bagian tersebut. Namun tenang saja, Anda dapat mencoba mengkombinasikan diet dengan membatasi kadar sodium harian Anda agar berat air di dalam tubuh Anda dapat menurun dan otot perut bagian Anda dapat terlihat.

Disana saya tidak bilang untuk tidak menggunakan garam sama sekali, tapi kalau bisa di batasi saja jadi 1500 -2000 MG Sodium / hari.

Bentuk Latihan Untuk Perut Bawah yang Efektif


Berikut ini adalah beberapa jenis latihan perut bawah dasar guna menyempurnakan bentuk perut Anda.

1. Hanging leg raises

Cara Membentuk Otot Perut Bagian Bawah

Cara melakukan  : hanging leg raises adalah yang terbaik di antara semua latihan perut bagian bawah. Cobalah untuk bergelantungan pada bar pull up dan angkat kaki Anda setinggi pinggang. Tentu untuk mengangkat kaki Anda atau setengah dari bagian tubuh Anda awalnya sangat berat. Tapi percaya deh lama – lama juga bisa ! cara ini benar – benar melatih otot perut Anda 100%. Coba lakukan latihan perut bawah  ini sebanyak 3 set dan 10 repetisi.

2. Scissor Kick

Cara Membentuk Otot Perut Bagian Bawah

Scissor Kick merupakan latihan yang melibatkan lengan sebagai tumpuan, dan melibatkan kaki Anda. Posisi perut yang sedikit terangkat ke atas, membuat otot perut bagian bawah berkontraksi. Sehingga, bukan hanya otot perut saja yang terlatih, melainkan otot pada bagian lengan dan kaki Anda tentunya menjadi semakin kuat dan terlatih juga. Coba lakukan latihan perut bawah  ini sebanyak 3 set dan 10 repetisi.

Cara melakukan: Sebagai posisi awal, rebahkanlah tubuh Anda ke lantai atau matras dengan posisi telentang. Angkat sedikit pinggul Anda dibarengi dengan mengangkat kedua kaki ke atas secara berselingan. Ketika mengangkat pinggul, gunakan kedua tangan yang berada di samping perut Anda sebagai tumpuan. Lakukan beberapa kali, dengan gerakan kaki berayun dan berseling antara bawah dan atas.

3. Latihan Reverse Crunch

Cara Membentuk Otot Perut Bagian Bawah

Fokuskan tekanan pada bagian terlemah perut bawah anda dengan menggerakkannya dari berbagai sudut yang berbeda.

  • Berbaring di matras dengan kepala dan bahu sejajar, paha tegak lurus dan lutut ditekuk pada posisi 90°.
  • Pertahankan posisi lengan anda sebagai penyangga keseimbangan tubuh.
  • Kemudian gerakkan kedua lutut ke arah dada Anda dan tahan. Lakukan kontraksi pada otot perut anda untuk mengangkat.
  • Turunkan perlahan ke awal.
  • Coba lakukan latihan perut bawah  ini sebanyak 3 set dan 10 repetisi.


4. Latihan Crossover crunch

Cara Membentuk Otot Perut Bagian Bawah

Menambahkan gerakan memutar untuk pinggul dapat membentuk perut dari beberapa sudut berbeda:

  • Dengan mengambil posisi kepala pada matras, jari menyentuh pelipis, dan letakkan salah satu kaki pada lutut berlawanan.
  • Lakukan kontraksi pada otot perut anda untuk mengangkat bahu dari matras. Jangan menarik bagian leher Anda.
  • Putar tubuh Anda sehingga siku bergerak mengisi sisi lutut yang kosong.
  • Lakukan gerakan yang sama untuk posisi sebaliknya, dan ulangi gerakan dari awal.
  • Coba lakukan latihan perut bawah  ini sebanyak 3 set dan 10 repetisi.


5. Latihan Plank

Cara Membentuk Otot Perut Bagian Bawah

Gerakan side plank melatih otot bagian samping, jadi latihan plank bertujuan melatih otot seluruh otot perut mulai dari  bagian depan, samping dan bawah :

Pada posisi menghadap matras, tahan tubuh Anda dalam garis lurus dari kepala sampai tumit dengan kaki bersama-sama, dimana berat tubuh bagian atas anda bertumpu pada siku.
Tahan posisi ini selama Anda bisa tanpa membiarkan pinggul turun ke lantai.
Coba lakukan latihan perut bawah  ini sebanyak 3 set dan 1 menit ( setiap setnya)

Demikian beberapa cara latihan perut bawah yang bisa anda lakukan untuk membentuk perut yang indah tanpa lemak.  Pastikan Anda memiliki pola makan yang benar agar memiliki body fat yang rendah, bila bodyfat rendah tapi merasa masih agak buncit itu berat air tandanya coba lah di batasi sodiumnya dan yang terakhir tentu di latih biar bentknya terlihat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Cara Membentuk Otot Perut Bagian Bawah