Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja dan Penjelasannya disertai Gambar - Olahraga permainan tenis meja (pingpong) adalah salah satu jenis olahraga yang termasuk ke dalam kategori permainan bola kecil.

Hal ini dikarenakan pada permainan tenis meja, bola yang digunakan berukuran kecil. Dan permainan pingpong masuk ke materi penjas/PJOK di sekolah.

Pada permainan tenis meja ini ada dua kategori perlombaan yang dilombakan.

  1. Kategori ganda (ganda putra, ganda putri dan ganda campuran putra putri).
  2. Kategori tunggal baik itu pria atau wanita.
Jenis pegangan bet tenis meja

Dan jika Anda ingin menjadi atlet tenis meja, maka Anda harus menguasi teknik dasar tenis meja (pingpong). Selain itu Anda juga wajib mengetahui peraturan tenis meja yang resmi.

Teknik Dasar Tenis Meja Beserta Penjelasannya


Karena permainan tenis meja memiliki beberapa teknik dasar yang perlu dilatih dan dikuasi oleh pemain, supaya dapat bermain pingpong dengan baik dan menjadi pemain profesional.

Teknik dasar tenis meja tersebut meliputi: Cara memegang bet tenis meja, teknik pukulan tenis meja, teknik stance, dan teknik footwork.

Apakah Anda sudah paham tentang 4 teknik dasar permainan tenis meja tersebut? Jika belum, Admin zonapelatih akan menjelaskan pengertian dan bagaimana cara melakukan teknik dasar tenis meja tersebut.

Baca juga: Ukuran lapangan tenis meja resmi

1. Teknik Dasar Cara Memegang Bet Tenis Meja


Untuk para pemula yang ingin menjadi alet tenis meja, terlebih dahulu wajib menguasi dan berlatih cara memegang bet tenis meja.

Karena bet, akan menjadi alat utama selain bola pingpong dalam permainan tenis meja.

Dan pegangan pada bet tenis itu akan menentukan bagaimana kualitas hasil pukulan Anda nantinya. Oleh karena itu Anda wajib menguasai 3 teknik memegang bet.

⇒ Teknik Shakehand Grip

Cara Melakukan Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Teknik shakehand grip adalah teknik umum yang kebanyak para pemain tenis meja profesional gunakan.

Teknik shakehand ini dilakukan seperti ketika kita sedang berjabat tangan dengan seseorang.

Pegangan jenis shakehand ini kedua sisi bet digunakan untuk menerima serta melakukan smash bola.

⇒ Teknik Penhold Grip

Cara Melakukan Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Teknik pegangan penhold grip ini biasanya disebut dengan teknik Asia, hal tersebut dikarenakan kebanyak pemain yang berasal dari Asia menggunakan teknik penhold grip.

Cara melakukan pegangan penhold grip ini seperti kita sedang memegang bolpoin/pena  ketika menulis. Dan sisi bet yang digunakan untuk memukul bola pingpong hanya satu sisi saja.

⇒ Teknik Seemiller Grip

Cara Melakukan Teknik Dasar Permainan Tenis Meja
Teknik pegangan seemiller grip

Inilah teknik yang hampir sama seperti tenik shakehand grip. Yang membedakan hanyalah pada jari telunjuknya saja.

Pada teknik seemiller grip ini jari telunjuk memegang penuh seluruh bagian bet dan posisi bet diputra ke arah badan sekitar 20-90 derajat.

Pada setiap teknik tenis meja memiliki kelebihan serta kekuranganya sendiri-sendiri. Seperti teknik seemiller grip lebih bagus (unggul) digunakan untuk melakukan pertahanan serta melakukan pukulan jenis forehand.

Sedangkan kekurangnya adalah membuat kita susah untuk melakukan serangan dengan jenis pukulan backhand.

Baca juga: Sejarah singkat permainan tenis meja

2. Teknik Stance (Bersiap Siaga)


Cara Melakukan Teknik Dasar Permainan Tenis Meja
Teknik kuda-kuda tenis meja

Teknik Stance adalah suatu teknik penempatan posisi badan, kaki serta tangan ketika kondisi bertahan atau ketika akan menyerang lawan.

Berlatih gerakan ini sangat penting dilakukan, karena teknik stance ini sangat berpengaruh pada kesiapan pemain ketika menerima bola dari lawan (serangan). Dan menentukan hasil pukulan ketika melakukan serangna balik.

Ada dua teknik stance yang wajib Anda kuasai untuk membantu Anda menemukan posisi badan yang pas ketika bermain tenis meja.

Pada teknik dasar Stance ini dibagi menjadi 2 macam:

⇒ Teknik Side Stance


Cara melakukan teknik side stance ini badan harus berada pada posisi menyamping kiri atau kanan. Posisi bahu lebih berada di dekat net saat melakukan serangan, untuk Anda yang menggunakan tangan kanan maka posisi bahu kanan Anda harus dekat dengan net saat Anda melakukan pukulan dengan teknik forehand.

⇒ Teknik Square Stance


Teknik square stance adalah teknik posisi tubuh kita berada menghadap ke meja. Posisi ini merupakan posisi awal kita setelah menerima serangan dan juga menerima servis dari lawan. Untuk melakukan posisi ini usahakan satu kaki saja yang berpindah ke kanan, kiri, depan dan belakang. Hal tersebut memudahkan kita untuk melakukan gerakan ini, apalagi kita mempunyai kelincahan yang bagus.

3. Teknik Footwork atau Teknik Gerakan Kaki


Cara Melakukan Teknik Dasar Permainan Tenis Meja
Teknik footwork pingpong

Teknik footwork adalah teknik gerakan kaki untuk mendekati arah bola baik saat posisi menyerang atau bertahan.

Gerakan kaki pada teknik footwork tenis meja ini ada bermacam-macam, itu semua dipengaruhi (tergantung) dari jarak dan arah datangnya bola. Andai bola masih bisa dijangkau dengan satu langkah, maka Anda cukup berpindah sejauh satu langkah.

Dan pada teknik footwork ini mempunyai gerakan yang bernama two step.

Supaya bisa melakukan two step Anda bisa melakukan dengan sedikit menekuk kedua lutut Anda, selanjutnya Anda melakukan posisi kuda-kuda dengan kedua kaki harus imbang dan kuat.

Setelah itu ujung kaki menjadi tumpuan seluruh berat badan Anda serta yang terkahir bila ingin melakukan sebuah serangan ke arah kanan lawan, maka titik berat badan bertumpu pada kaki bagian kanan Anda.

4. Teknik Stroke (Teknik Pukulan)


Teknik Side Stance
Jenis pukulan tenis meja

Teknik pukulan ini dilakukan saat bertahan atau menyerang, terdapat dua teknik pukulan yaitu forehand dan backhand. Kedua jenis pukulan tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan saat pertandingan berlangsung, jadi kita harus dapat memastikan kapan kita melakukan pukulan forehand dan backhand.

Teknik dasar tenis meja beserta gambarnya di atas dapat Anda lakukan bersama teman Anda, selain itu Anda juga dapat melatih gerakan tanpa menggunakan bola. Salah satu kunci tenis meja adalah kemampuan kita membaca arah bola, timing dan mengecoh lawan. Itu dapat Anda kuasai jika sering berlatih dan melihat video latihan tenis meja.

Video Latihan Cara Melakukan Teknik Dasar Tenis Meja




Nah itulah penjelasan tentang cara melakukan teknik dasar tenis meja yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan pemahaman Anda tentang teknik dasar tenis meja lebih mendalam.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Cara Melakukan Teknik Dasar Permainan Tenis Meja