Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara membentuk otot perut samping (oblique) - Ada banyak gerakan olahraga yang dapat membakar lemak perut samping Anda. Sehingga Anda dapat dengan cepat mengecilkan perut samping. Dan kabar baiknya cara tersebut baik digunakan untuk pria ataupun wanita.

Nah pada kesempatan kali ini, Admin zonapelatih akan menjelaskan bagaimana cara untuk melatih otot perut bagian samping, supaya terbentuk dan terlihat semakin keren.

Latihan Crunches dan sit up adalah bentuk latihan yang paling sering dilakukan untuk membentuk otot abdominal. Padahal ingin sekali membentuk otot perut samping, tapi kebanyakan mereka malah mengabaikan gerakan latihan oblique.

Padahal jika Anda ingin memiliki otot perut yang lengkap dan terlihat sempurna, seharusnya Anda tidak mengabaikan bentuk latihan otot perut samping.

Cara latihan membentuk otot perut bagian samping dengan 6 gerakan di tempat fintes.
Cara membentuk otot perut samping

Jenis Latihan untuk Otot Perut Samping


Nah bagi Anda yang ingin mempunyai bentuk perut yang sixpack dan otot perut yang sempurna (otot perut samping terbentuk), Anda bisa mulai mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Oblique Crunches


Bentuk Latihan Untuk Otot Perut Samping
  • Cara melakukannya adalah dengan mengangkat kedua kaki dan di letakkan di atas kursi.
  • Selanjutnya letakkan tangan kangan di belakang kepala Anda, sedangkan tangan kiri lurus menapak pada lantai, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan (lihat gambar).
  • Kemudia angkatlah tubuh Anda dengan sedikit puntiran pada tubuh bagian atas sehingga siku kanan hampir menyentuh lutut kaki kiri. Hingga Anda merasakan kontraksi otot oblique dan merasakan bahwa otot tersebut bekerja.
  • Lakukan 3 set hingga failure untuk tiap sesinya.


2. Kneeling Cable Crunch With Alternating Oblique Twists


Bentuk Latihan Untuk Otot Perut Samping

  • Cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi berlutut membelakangi mesin katrol.
  • Lalu peganglah tali pada posisi di belakang kepala Anda.
  • Gerakan siku secara statis, jagan berubah ubauh ketika melakukannya, sampai kontraksi otot oblique Anda rasakan.
  • Selain itu jangan lupa tetap plintir tubuh kearah bawah dengan gerakan terkontrol sampai siku hampir menyentuh matras.
  • Tahanlah beberapa hitungan pada posisi tersebut. Dan lakukan pada sisi satunya.
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 set hingga failure.


3. Cable Side Dips


Bentuk Latihan Untuk Otot Perut Samping

  • Cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi tubuh seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  • Dengan salah satu tangan memegang handle katrol dengan tangan lurus.
  • Selanjutnya tekuk badan ke kiri tahan tahan beberapa hitungan dan kembali pada posisi semula.
  • Ulangi gerakan pada sisi yang lain, ulangi hingga 3 set sampai failure.


Kunci latihan perut kuncinya adalah peak contraction dan bukan beban berat , terutama untuk oblique, anda tidak ingin pinggang terlihat nampak tebal. Jadi repetisi dan kontraksi adalah kuncinya. Pilih beban yang tidak terlalu berat hingga Anda dapat mencapai repetisi leih dari 20 sebelum failure.

4. One-Arm High-Pulley Cable Side Bends


Bentuk Latihan Untuk Otot Perut Samping

One-Arm High-Pulley Cable Side Bends adalah salah satu variasi latihan dari gerakan di atas. Dimana cara melakukannya adalah dengan menggunakan salah satu tangan secara bergantian. Yang terpenting disini adalah Anda selalu mengingat prinsip siku serta lengan hanya sebagai cantolan saja. Jadi yang bekerja adalah tetap otot oblique saja. Sehingga Anda hanya perlu mengkontraksikan serta berikan tekangan ke bawah. Ulangi gerakan tersebut hingga 3 set sampai failure.

5. Hanging oblique knee raise


Bentuk Latihan Untuk Otot Perut Samping

Selanjutnya bentuk latihan otot perut samping yaitu jenis latihan tingkat lanjur yang sedikit sulit dilakukan oleh para pemula.

Bentuk gerakan latihannya adalah dengan bergelantung seperti orang akan melakukan pull-up, namun Anda hanya cukup mengangkat kedua kaki menyamping. (lihat gambar di atas)


6. Cable Reverse Woodchoper up / down


Bentuk Latihan Untuk Otot Perut Samping

Bentuk Latihan Untuk Otot Perut Samping

Kedua gerakan ini melatih lengkap sisi oblique atas dan bawah Anda, jadi lakukan per sisi bergantian katrol atas dan bawah. Pegang handle dengan kedua tangan , lengan lurus dan lakukan gerakan seperti menebas pohon, keatas untuk handle bawah dan kebawah untuk handle atas. Lakukan handle bawah dulu hingga failure dan lanjut handle atas . istirahat semenit lakukan sisi berikutnya. Lakukan 2 sets masing-masing  hingga failure.

Namun jika Anda ingin mencoba bentuk latihan membentuk otot perut samping di rumah, Anda bisa melihat video di bawah ini

Contoh Latihan Gerakan untuk Membentuk Otot Perut Samping di Rumah



Nah itulah sedikit tips fitnes dan program latihan untuk membentuk otot perut samping lebih terlihat menonjoldan terlihat sempurna. Semoga bermanfaat dan pastinya Anda bisa melakukan cara latihan membentuk otot perut samping ini.

Sumber: reps-id.com

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Bentuk Latihan Untuk Otot Perut Samping