Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Ukuran lapangan rounders beserta gambar dan keterangannya - Rounders adalah olahraga yang berasal dari negara Inggris dan hampir mirip dengan permainan softball. Yang membedakan dari kedua permainan ini adalah peraturan pertandingan, serta alat dan perlengkapannya.

Jika Anda memperhatikan teknik atau cara memukul bola pada permainan rounders dan softball, maka Anda akan mengetahui perbedaannya.

Meski secara tujuannya sama, yaitu memukul bola untuk mengelabui penjaga.

Namun pada pertandingan softball batter menggunakan kedua tangannya ketika memukul bola.

Sedangkan pada rounders batter hanya menggunakan satu tangan.

Perbedaan lainnya adalah pada bentuk lapangan. Jika lapangan rounders berbentuk diamonds tidak sempurna, maka lapangan softball berbentuk diamonds sempurna.

Sumber gambar: www.softball-tutor.com
Baca juga: Teknik dasar permainan rounders

Nah pada gambar di atas Anda dapat melihat bahwa, pada permainan rounders terdapat 4 base (pos) untuk berhenti pemain. Sedangkan pada lapangan permainan softball dan baseball hanya memiliki 3 base untuk pemberhentian pemain.

Ukuran jarak antara masing-masing base/pos adalah 12 meter, kecuali pada base 3 ke base 4 jaraknya hanya 8,5 meter saja.

Pada lapangan raounders juga terdapat sebuah area untuk pemain yang bertugas melemparkan bola yang berada di titik tengah lapangan.

Area atau titik tersebut disebut dengan bowling square. Tempat tersebut berbentuk persegi empat dengan ukuran 2,5x2,5 meter.

Dan di depan area bowling square berjarak 7,5 meter terdaapt area batting square, yaitu tempat pemain memukul (pemukul) bola. Dan area pemukul ini juga berbentuk persegi dengan ukuran 2x2 meter.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai bentuk dan ukuran lapangan rounders yang bisa Admin zonapelatih jabarkan. Smeoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Ukuran dan Bentuk Lapangan Rounders Serta Keterangannya