Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Tujuan permainan bola voli - Permainan bola vali adalah salah satu cabang olahraga yang tergolong kedalam permainan bola besar pada materi PJOK/Penjas di sekolah. Olahraga ini sangat banyak peminatnya, dari kalangan pelajar ataupun masyarakat Indonesia.

Mengapa bola voli begitu diminati oleh masyarakat? Karena permainan bola voli telah menjadi salah satu alternatif olahraga pilihan orang-orang yang cukup mudah dilakukan (dikuasai).

Selain itu pula, olahraga bola voli ini juga merupakan olahraga merakyat alias tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk memainkannya serta menguasai semua teknik dasar voli.

Tujuan Permainan Bola Voli yang Sebenarnya

Apa Sih Tujuan Permainan Bola Voli?


Berbicara mengenai dari tujuan permainan bola voli, masih banyak masyarakat yang awam dan tidak tahu. Meski mereka telah memainkan permainan voli dan bahkan telah menguasi semua teknik bola voli, termasuk melakukan teknik smash keras yang mematikan. Namun ternyata, tidak banyak dari mereka semua yang paham apa arti dan tujuan dari permainan bola voli.

Nah pada artikel ini, Admin zonapelatih akan menjelaskan sedikit tentang tujuan dari permainan bola voli.

Salah satu tujuan dari olahraga permainan bola voli adalah meningkatkan kebugaran jasmani serta kesehatan badan.

Padahal masih ada beberapa tujuan penting dari permainan bola voli yang terkadang tidak Anda pikirkan.

Tujuan Permainan Bola Voli


Pengertian dan Tujuan Permainan Bola Voli


Secara garis besarnya, pengertian bola voli adalah jensi olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim/regu, dimana jumlah tiap regu terdiri dari 6 pemain dan cara memainkannya adalah dengan memantulkan bola melalui tangan atau semua bagian tubuh guna meraih kemenangan. Tetapi dari itu semua masih ada poin utama dari permainan bola voli, yaitu:


  1. Tujuan dari permainan voli adalah pemain harus bisa melewatkan bola melewati atas net supaya bisa jatuh atau menyentuh lantai daerah lapangan lawan dan berusaha mencegah usaha yang sama yang dilakukan oleh tim lawan.
  2. Menjaga kebugaran jasmani serta kesehatan tubuh.
  3. Mencari prestasi dengan menguasi teknik serta skill yang mumpuni, sehingga bisa menjadi atlet profesional dan membela timnas.
  4. Untuk mencari sumber penghasilan, jika kita dapat bermain bagus dan dikontrak oleh tim. Maka kita akan mendapatkan bayaran dari permainan bola voli kita.
  5. Memperoleh poin maksimal dalam batas waktu yang sudah ditentukan secara sportif dengan menggunakan teknik dan strategi yang telah ditetapkan untuk permainan bola voli. 
  6. Memperagakan teknik serta taktik bermain bola voli di lapangan guna mencapai kemenangan pada setiap pertandingan atau kompetisi.
  7. Membentuk solidaritas maupun teman baru, dikarenakan semakin banyak pengalaman bermain maka akan semakin banyak teman.


Nah untuk sementara ini saja ya.. harapan dan target dari permainan bola voli. Jika ada yang lain akan saya infokan lagi. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat buat kita semua.

Related Posts

0 Komentar untuk Tujuan Permainan Bola Voli yang Sebenarnya