Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Hayoo siapa sih yang tidak kenal dengan olahraga sepatu roda? Pastinya anak-anak hingga orang tua pasti tahu tentang olahraga sepatu roda. Dan pastinya sudah paham bagaimana bentuk sepatu roda tersebut.

Sepatu roda atau roller skate atau ada juga yang menyebutnya dengan rollerblade merupakan sepatu khusus yang ada rodanya dibagian bawah sepatu.

Berdasarkan sejarah seaptu roda di Indonesia, olahraga sepatu roda ini mulai masuk serta berkembang di kalangan masyarakat sekitar pertengahan tahun 1960an. Semenjak itu, para pemuda di berbagai daerah kota-kota besar telah mulai menggemari olahraga sepatu roda. Hingga akhirnya roller sakte menjadi bagian dari lifestyle.

Selanjutnya pada tahun 1979 dibentuklah organisasi sepatu roda yang bernama PERSOSI (Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia)

Tips Cara Belajar Sepatu Roda Untuk Anak

Pada perkembangannya sepatu roda tidak hanya digunakan untuk para atlet sepatu roda saja. Saat ini sepatu roda juga telah digunakan oleh masyarakat untuk alat bermain serta perlengkapan rekreasi keluarga. Dimana bisa kita lihat pada acara car free day, hari liburan, dimana anak-anak banyak yang menggunakan sepatu roda. Dan pastinya Anda akan mendapatkan manfaat dari bermain sepatu roda, salah satunya adalah membuat tubuh sehat dan hati riang gembira.

Nah jika Anda ingin mencoba jalan-jalan santai menggunakan sepatu roda, namun kalian berlum pernah menggunakannya, stop! jangan khawatir, karena admin zonapelatih akan memberikan tips bagaimana cara belajar sepatu roda untuk anak-anak dan pemula.

Anda cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini, supaya dapat menggunakan speatu roda dengan benar dan safety.

Tips Cara Belajar dan Latihan Sepatu Roda untuk Anak dan Pemula


1. Pakailah perlengkapan sepatu roda


Ketika akan bermain sepatu roda, alangkah lebih baik Anda menggunakan perlengkapan sepatu roda dengan baik dan benar. Caranya sebagai berikut:


  • Menggunakan sepatu roda sambil duduk, jangan sekali kali menggunakan sepatu roda sambil berdiri. Karena Anda akan mudah terjatuh. Sehingga sangat disarakan untuk menggunakan sepatu roda sambil duduk.
  • Jangan lupa juga gunakan kaos kaki, supaya terhindar dari luka lecet-lecet pada kaki, ketika menggunakan sepatu roda.
  • Gunakan hlem khusus sepatu roda, yang berguna untuk melindungi kepala Anda, jika terjadi cedera ketika belajar sepatu roda. Dan ini wajib digunakan untuk tahap belajar sepatu roda untuk anak kecil maupun pemula.
  • Gunakan perlengkapan sepatu roda lainnya seperti pelindung siku dan lutut (dekker/protector), yang berguna melindungi lutut kaki dan siku tangan ketika Anda terjatuh. Sehingga menambah keamanan bagi anggota tubuh Anda.


2. Berlatih keseimbangan


Berlatih keseimbangan wajib dilakukan untuk proses cara belajar sepatu roda untuk anak dan pemula.

Cara melatih keseimbangan menggunakan sepatu roda adalah dengan membuka kaki selebar bahu dan usahakan kaki membentuk huruf "V".

Ketika belajar keseimbangan sepatu roda, sebaiknya mencari tempat yang aman atau di lapangan atau tanah yang berumput. Hal ini dilakukan jiak Anda atau anak jatuh tidak menimbulkan cedera yang serius.

3. Berlatih berjalan dengan memakai sepatu roda


Selepas anak atau Anda dapat berdiri seimbang menggunakan alat sepatu roda, saatnya Anda belajar cara berjalan perlahan-lahan.

Cara latihan berjalan menggunakan sepatu roda

Pertama-tama gerakan kaki kanan ke depan, kemudia kaki kiri, lalu kaki kanan dan seterusnya.

Berlatihlah secara kontinu meski secara perlahan, hingga akhirnya Anda akan merasa nyaman berjalan di atas sepatu roda (menggunakan sepatu roda). Dan ketika Anda semakin percara diri, cobalah menggerakan kaki semakin cepat dan langkah lebih panjang. Cobalah mendorong roda lebih keras, supaya Anda melaju lebih jauh setiap langkah kaki.

4. Cara belajar meluncur sepatu roda untuk anak kecil dan pemula


Setelah Anda dapat berdiri dengan seimbang dan berjalan. Kini Anda belajar ke tahap meluncur menggunakan sepatu roda.

Cara belajar meluncur dengan sepatu roda


Pertama posisikan kaki selalu membentuk huruf "V". Selanjutnya kaki kanan mendorong dengna posisi dibelakang. Kaki kiri meluncur dengan posisi berada di depan. Lakukan secara berulang hingga Anda nyaman dan lancar dan bisa meluncur dengan cepat.

Setelah lancar meluncur, Anda coba berlatih untuk memiringkan badan ke kanan, jika Anda ingin belok ke kanan, begitupun sebaliknya.

5. Cara belajar berhenti ketika menggunakan sepatu roda


Setelah Anda paham dan bisa melakukan berjalan ataupun meluncur menggunakan sepatu roda. Ada satu hal lagi tahapan penting dalam bagaimana cara belajar sepatu roda. Hal penting tersebut adalah cara belajar berhenti atau nge-REM atau stop. Sehingga Anda dapat dengan leluasa bergerak dan berhenti ketika menggunakan sepatu roda.

Ingat pada sepatu roda sebelah kanan terdapat rem di bagian tumit sepatu

Cara berhenti yaitu dengan menempatkan sepatu roda kaki kanan sedikit did epan sepatu roda kaki kiri. Selanjutnya Anda tinggal menekan dengan kuat tumit kanan untuk menge-rem atau menghentikan laju sepatu roda. Dengan begitu Anda akan bisa berhenti.

3 Teknik Dasar Bermain Sepatu Roda


Ada 3 teknik dasar sepatu roda yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan, yaitu:

Gerakan maju mundur (berjalan 5 langkah dan meluncur 1 kali)


Ketika Anda melaju ke depan jangan lupa utnuk sedikit menekuk lutut serta membungkukkan (condong) badan kedepan.

Berhenti dengan membentuk huruf T

Tips Cara Belajar Sepatu Roda Untuk Anak

Ketika Anda berhenti selalu usahakan badan dan kaki membentuk huruf T (T Stop) alias kaki ANda dilebarkan ke arah kanan dan kiri. Dan pastikan selalu sedikit membungkukkan badan Anda.

Berbelok


Dimulai dari posisi tubuh condong dan setelah kecepatan mulai melambat, ubahlah arah kaki. Dan ketika berbelok biarkan sepatu roda tetap meluncur, dan setelah arahnya benar, maka langkahkan kaki seperti berjalan.

Video Tutorial Cara Bermain Sepatu Roda atau Inline Skate



Hah itulah beberapa tips cara belajar dan berlatih sepatu roda untuk anak kecil dan pemula. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Tips Cara Belajar Sepatu Roda Untuk Anak