Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Dalam sebuah cabang olahraga pastinya ada sebuah alat penunjang bagi atlet / olahragawan dalam bertanding maupun melakukan latihan, hal itu dikarenakan agar mereka terbiasa dan lebih siap dalam melakukan pertandingan di cabang olahraga yang digelutinya.

Peralatan dan Perlengkapan Olahraga Tinju


Begitu pula dengan olahraga tinju, berikut ini adalah alat-alat tinju yang harus dimiliki/harus ada dalam olahraga tinju : 

1. Samsak

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Samsak Tinju

Samsak adalah salah satu  alat yang harus dimiliki dalam latihan tinju. Alat ini mempunyai beragam jenis dan model tergantung dengan selera masing-masing petinju. Yang jelas kualitas ukuran serta bahan yang ada di dalam samsaklah yang menjadikan harga dari samsak itu sendiri berbeda-beda.

Samsak memang snagat diperlukan dalam latihan tinju karena samsak sebagai salah satu alat yang dijadikan sasaran dari pukulan dan meningkatkan kerasnya pukulan seorang petinju.

2. Tali Skipping

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Alat Skipping

Tali skipping meski sepele, namun sangat diperlukan dalam olahraga tinju terutama dalam melatih stamina, kelenturan tubuh dan juga otot-otot sang petinju. Bagi seorang petinju memiliki alat ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dimiliki.

Alat ini bisa tergolong tidak mahal mungkin untuk tali skipping dengan kualitas yang bagus bisa di beli hanya dengan uang seratus ribu rupiah. Selain melatih stamina alat ini juga berfungsi untuk menambah daya kelincahan seorang petinju ketika berada diatas ring.

3. Punch Mitt / Path

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Puch Mitt

Punch mitt adalah salah satu alat yang biasa dipakai oleh para pelatih tinju. Alat satu ini mirip dengan bantal tetapi posisinya berada di tangan seorang pelatih. Fungsi alat ini adalah untuk mengarahkan pukulan dan meningkatkan kecepatan pukulan.

4. Head Guard

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Pelindung Kepala

Alat Head guard jarang dipakai oleh petinju kelas professional, dan seringnya head guard dipakai oleh para petinju amatir yang ada di Indonesia. Head guard adalah salah satu alat latihan standar yang sering dipakai oleh para petinju. Fungsi utama alat ini adalah mengurangi resiko cidera yang akan diderita oleh para petinju ketika sedang latihan maupun pertandingan di kelas amatir.

5. Hand Wrap

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Hand Wrap

Alat ini mirip dengan kain panjang yang dililitkan di atas lengan seorang petinju alat ini bisa terbilang sangat sederhana namun wajib dimiliki oleh seorang petinju. Alat ini berfungsi untuk mengurangi resiko dari pergeseran tulang dan otot saat melesatkan pukula seorang petinju.

6. Sarung Tinju / Gloves

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Sarung Tinju

Sarung tinju digunakan setelah seorang petinju menggunakan hand wrap. Sarung tinju sendiri memiliki berat yang berbeda-beda tergantung berat badan seorang petinju. Berat sarung tinju sekitar 12 ons kecuali berat badan dibawah 165 pound,sehingga memungkinkan petinju untuk menggunakan sarung tinju seberat 10 ons.

7. Pelindung Gigi / Gamsil

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Pelindung Gigi

#Gamsil digunakan pada gigi petinju tujuannya agar meminimalisir cidera pada mulut terutama gigi, bentuknya menyerupai gigi dan dipakai pada gigi bagian atas dan biasanya terbuat dari karet.Meskipun bentuknya kecil tanpa gamsil seorang petinju akan mengalami cidera dibagian mulut bahkan gigi akan lepas/patah dan mengalami pendarahan. 

8. Pelindung Kemaluan / Groin Protector

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Peindung Kemaluan

#Groin protector digunakan untuk melindungi kemaluan petinju dari pukulan lawan,walaupun dalam olahraga tinju tidak diperbolehkan memukul bagian tubuh dibawah perut petinju diwajibkan memakai groin protector guna mengantisipasi jika pukulan lawan mengenai bagian kemaluan.

9. Ring

Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju
Area Tinju

Di level Profesional ring tinju berukuran 5,49 hingga 7,42 meter (diukur dari utara ke selatan ring). Sedangkan untuk di level amatir ukurannya berkisar 4,9 meter hingga 6,1 meter , ukuran ring di level amatir di bedakan agar petinju matir mudah menyesuaikan diri jika sudah di level profesianal.

Nah itulah beberapa perlengkapan dan peralatan latihan tinju yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan ketrampilan para petinju amatir dan profesional.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Perlengkapan dan Peralatan Latihan Tinju