Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara perbaiki postur tubuh serta mengurangi sakit pinggang | Zonapelatih.net - Pada zaman sekarang, kita semua tahu, bahwa aktivitas kita lebih banyak duduk-duduk saja. Waktu kita lebih banyak dihabiskan duduk di kursi kerja, alias kita sangat kurang bergerak. Sehingga tubuh kita cenderung pasif dan secara otomatis kebugaran kita menurun.

Dan jika kita lebih banyak duduk terlalu lama, maka hal tersebut akan menimbulakn masalah bagi kesehatan kita.

Seperti tulang belakang mengalami mobilitas torak tulang belakang tidak memadai. Kemiringan panggung anterior yang berlebihan menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan. Dan juga dapat merubah postur tubuh menjadi bungkuk.

Latihan Untuk Memperbaiki Postur Tubuh dan Mengurangi Sakit Pinggang
Cara mengatasi punggung bungkuk

Oleh sebab itu, Admin zonapelatih akan memberikan contoh latihan untuk memperbaiki postur tubuh sekaligus mengurangi sakit pinggung.

Jadi pada artikel berikut ini, Anda akan memperoleh informasi mengenai beberapa gerakan sederhana untuk membantu memperbaiki postur tubuh yang bungkuk, menjadi tegap lagi. Selain itu juga dapat mengurangi sakit punggung. Karena gerakan berikut dapat menguatkan dan mempertahankan tulang belakang lebih kuat dan sehat.

Gerakan Untuk Memperbaiki Postur Tubuh dan Mengurangi Sakit Pinggang


1. Gerakan T-Spine Deadbug


Untuk melakukan gerakan T-Spine Deadbug Anda hanya membutuhkan roller busa saja.


Dimana Anda cukup meletakkan roller busa tersebut di bawah punggung. Lalu angkat lengan dan tungkai di bawah. Kemudian secara perlahan rentangkan lengan serta kaki saling berlawanan secara bersamaan dan ulangi pada sisi lainnya.

Gerakan latihan T-Spine Upper back ini bermanfaat untuk menjaga stabilitas serta kekuatan core dan juga mampu menjaga mobilitas pinggul dan bahu menjadi lebih baik.


Variasi kedua adalah dengan meletakkan roll busa tepat berada di bawah punggung. Gerakan T-Spin Deadbug Middle Back dapat memperbaiki posisi kepala Anda dan meingkatkan rotasi serta ekstensi torak.

2. Foam Roller T-Spine Extension



Gerakan foam roller T-Spine Extension baik dilakukan jika Anda mengalami bungkuk (kifosis). Kyphosisi ini disebabkan karena adanya pembengkakan pada punggung bagian atas yang mengarah ke mobilitas yang buruk pada torak tulang belakang.

Dan cara melakukan gerakan foam roller T-Spin extension yaitu:


  • Ambil posisi berbaring dengan kedua lutut ditekuk serta tumit dan pantat rata di lantai.
  • Posisikan roll busa di bagian belakang bahu.
  • Taruh kedua tangan di belakang kepala (seperti orang akan sit up), dan lakukan gerakan seperti orang sit up.


3. Gerakan Band Pull-Aparts



Band Pull-Aparts merupakan gerakan yang digunakan saat Anda memiliki masalah pada bahu. Bahu adalah sendi kompleks dengan banyak otto, saraf serta jaringan ikat yang berjuang untuk ruang. Bahu berputar internal biasanya terjadi jika bahu Anda membulat ke arah depan.

Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan tes pensil. Dimana Anda berdiri dengan kedua tangan memegang pensil. Jika pensil menunjuk lurus ke depan, maka bahu Anda dalam keadaan baik. Namun jika pensil saling berhadapan, maka bahu Anda berputar secara internal (bermasalah)

Cara latihan band pull-aparts yaitu:


  • Peganglah band ringan dengan lengan terentang lurus ke depan, telapak tangan menghadap ke bwah dan buka tangan selebar bahu Anda.
  • Dan tariklah band (tali elastis) saling menjauh, hingga tali menyentuh dada Anda.
  • Lalu secara perlahan kembali ke posisi awal.


Gerakan band pull-aoarts ini berfungsi untuk memperkuat otot punggung atas. Sehingga dapat memperbaiki kerusakan pada postur tubuh akibat sering membungkuk atau karena seiring memikul beban yang berlebihan.

Nah itulah 4 gerakan latihan sederhana untuk memperbaiki postur tubuh dan mengurangi sakit pinggang. Smeoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Gerakan Memperbaiki Postur Tubuh dan Mengurangi Sakit Pinggang