Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Progam Latihan Tinju | Zonapelatih.net - Pada artikel kali ini Admin zonapelatih akan membahas bagaimana contoh program latihan tinju yang baik dan benar.

Setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai, Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat program latihan tinju, teknik apa saja yang harus dilatihkan untuk pemain tinju pemula dan Anda bisa berlatih tinju di rumah masing-masing.

Oleh karena itu, silahkan baca artikel tentang contoh program latihan tinju ini sampai selesai.

Contoh Program Latihan Tinju
Pertandingan tinju

Contoh Program Latihan Tinju


Dari semua cabang olahraga, tinju adalah salah satu cabang olahraga yang paling banyak membutuhkan fisik yang prima. Para petinju profesional maupun pemula akan selalu berlatih guna menyempurnakan keterampilan mereka seiring peringkat naik, untuk menghadapi lawan petinju yang lebih tangguh.

Oleh karena itu para atlet tinju akan berlatih menggunakan pedoman latihan teknik tinju yang baik dan benar. Untuk meningkatkan ketrampilan tinjunya.

Adapun Program latihan tinju ini, bisa digunakan oleh petinju profesional maupun petinju pemula.

Teknik Tinju


Perlu diingat, bahwa para petinju sukses selalu melatih berbagai teknik pukulan jauh sebelum mereka memasuki area pertandingan (ring tinju). Mereka akan berlatih menggunakan teknik tinju bayangan (sahdow boxing) atau pukulan sansak berat (heavy bag). Para atlet tinju akan memfokuskan latihan pada teknik tinju yang tepat yang akan digunakan untuk melepaskan pukulan ketika bertanding.

Sehingga mempelajari dan berlatih teknik dasar pukulan tinju harus dilakukan. Dengan menguasi teknik tinju, maka Anda akan dapat melakukan dan membuat atau mengkombinasikan berbagai pukulan tinju yang mematikan ke lawan.

Dan inilah beberap jenis pukulan tinju yang paling efektif digunakan dalam teknik tinju:

Baca juga: Cara dan bentuk latihan tinju sendiri di rumah

1. Pukulan Jab


Pukulan jab biasanya bertujuan untuk menjauhkan lawan, sehingga pukulan jab ini hanya menggunakan tangan yang lemah. Dan pukulan jab ini arahnya lurus di depan tubuh lawan.

jab sendiri adalah pukulan pendek. Para petinju profesional akan memaksimalkan efektivitas pukulan jab mengggunakan lengan dan pergelangan tangan sebelum melakukan kontak dengan lawan.

2. Pukulan Silang


Pukulan silang dilakukan menggunakan tangan terkuat dan gerakannya sedikit ke atas melintasi badan. Bahu membantu memberikan tenaga ekstra pada pukulan silang ini.

3. Pukulan Hook


Pukulan hook sasarannya bisa ke kepala atau badan lawan yang tidak dilindungi. Namun pukulan jenis hook ini mempunyai kelemahan dan sangat rentan mendapatkan balan pukuan dari lawan.

4. Pukulan Uppercut


Pukulan uppercut adalah pukulan ke atas yang dilontarkan oleh tangan mana saja yang begitu efektif dilakukan pada jarak dekat.

5. Pukulan Kombinasi


Agar Anda dapat melakukan pukulan kombinasi. Terlebih dahulu Anda harus menguasai terlebih dahulu beberapa cara memukul (teknik dasar pukulan tinju).

Kombinasi pertama yang banyak dilakukakn oleh para petinju pemula adalah pukulan kombinasi kuno, 1,2 (sebuah pukulan jab, lalu diikuti dengan sebuah pukulan silang).

Selain itu juga masih ada kombinasi pukulan yang efektif yaitu dengan menambahkan pukulan hook pada pukulan 1, 2 (jika Anda menggunakan tangan kiri (kidal), berati jab kanan dengan pukulan silang kiri dan diakhiri dengan hook kanan)

Setelah Anda berlatih teknik dasar pukulan tinju di atas, maka selanjutnya Anda harus berlatih melontarkan pukulan dan memblokir pukulan.

Cara Belajar Melontarkan dan Memblokir Pukulan Lawan


Pada cabang olahraga tinju, para pemain tidak hanya melakukan pukulan (melontarkan pukulan ke lawan), namun juga harus bisa meminimalisisr pukulan lawan. Dna ini bagian penting dari permainan tinju. Kita bisa memukul lawan, namun lawan jangan sampai bisa memukul kita.

Nah caranya yaitu dengan berlatih:

1. Menangkis


Dengan mengangkat kedua sarung tangan ke atas dan dagu diturunkan, tangkislah pukulan lawan. Dan ini merupakan teknik pertahan paling dasar dari permainan tinju.

Untuk menangkis pukulan lawan, gunakan saja kedua tangan Anda.

2. Menghindar


Selain menangkis pukulan lawan, Anda juga bisa melakukan hindaran (menghindar). Caranya adalah dengan memutar pinggang serta bahu dengan cepat ketika lawan melontarkan pukulan ke arah Anda.

3. Memblokir


Menghadang pukulan lawan bsia Anda lakukan menggunakan kedua tangan Anda. Sehingga tidak berdampak langsung ke tubuh Anda.

4. Naik Turun dan Berkelit


Lakukan gerakan naik turun dengan cara menekuk kaki guna menghindari sebuah pukulan tinggi, sejenis pukulan hook ke arah kepala Anda. Dan diikuti egrakan berkelit dengan cara membungkukkan badan di luar jangkauan sarung tinju lawan yang telah diluncurkan ke arah Anda.

Nah itulah contoh progam latiha tinju yang bisa Anda lakukan di rumah masing-masing.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Contoh Program Latihan Tinju