Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Latihan fisik sepak bola profesional - Latihan fisik sangat diperlukan oleh pemain sepakbola. Apalagi jika pemain ingin menjadi pemain sepakbola profesional.

Karena untuk dapat bermain sepakbola di kelas tinggi, Anda harus mempunyai fisik yang kuat dan tangguh. Karena tensi permainan yang tinggi, dimana bisa jadi Anda harus berlari ke depan dan kebelakang dengan cepat untuk bertahan. Apalagi permainan sepakbola membutuhkan waktu 2 x 45 menit. Sehingga Anda wajib mempunyai fisik atau stamina yang prima.

Contoh Program Latihan Fisik Sepakbola Profesional

Maka dari itulah mengapa setiap pemain sepak bola tidak hanya menguasai teknik dasar permainan sepakbola saja, tetapi juga harus melatih fisiknya supaya menjadi lebih kuat bermain selama 2 x 45 menit.

Lalu bagaimana cara atau bentuk latihan fisik sepak bola profesional itu? Tenang saja, pada artikel ini Anda akan mendapatkan program latihan fisik sepakbola profesional yang bisa Anda gunakan sebagai acuan atau refrensi berlatih.

Latihan Fisik Sepakbola Profesional


1. Melatih Kekuatan Fisik


Supaya dapat bermain dengan bagus pada setiap pertandingan, maka seorang pelatih dan pemain harus menyiapkan program latihan terbaik. Begitu juga pemain harus melakukan latihan yang baik pula. Oleh karena itu latihan kekuatan fisik merupakan salah satu latihan yang bisa diandalkan. Latihan kekuatan bisa menggunakan bentuk latihan beban dan ini yang paling efektif untuk membuat para pemain sepak bola mempunyai kekuatan fisik yang luar biasa bagusnya.

Contoh latihan kekuatan fisik


Squat jump

Latihn fisik ini dapat dilakukan dengan membuka kaki selebar bahu dengan posisi badan berdiri dan meletakkan kedua tangan di belakang kepala. Selanjutnya dengan sedikit melompat dan kaki mendarat dengan posisi setengah jongkok.

Squat Thrust

Bentuk latihan ini berfungsi untuk menguatkan otot tungkai. Gerakannya hanya dengan jongkok bediri, jongkok berdiri.

Push Up

Latihan fisik dengan push up ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot lengan (otot trisep dan bisep).

Back Up

Latihan fisik berupa gerakan back up berguna untuk menguatkan otot-otot punggung.

Pull Up

Latihan fisik berikut ini lebih fokus untuk menguatkan otot lengan Anda.

2. Melatih Daya Tahan Tubuh (Endurance)


Melatih daya tahan tubuh atau endurance wajib dilakukan oleh setiap pemain. Dimana harapannya pemain dapat bermain dengna baik selama 2x45 menit.

Daya tahan kardiovaskuler merupakan tolak ukur, apakah pemain dapat bermain lama atau sebentar di lapangan.

Jika daya tahan pemain jelek, maka ia akan cepat habis ketika bertanding. Oleh karena itu Anda wajib melatih daya tahan tubuh mennjadi lebih baik.

Contoh bentuk latihan daya tahan tubuh


Jogging
Jenis latihan ini adalah latihan yang palign disukai oleh pemain. Karena dengan melakukan jogging selama 50 menit sampai 1 jam dapat melatih kardiovaskuler kita menjadi lebih baik.

Variasi laithan jogging ini, bisanya dengan memainkan variasi kecepatan yang telah dikombinasikan dengan gerakan-gerakan lainnya. Seperti zig-zag, melompat dan lainnya.

Tujuan latihan ini supaya pemain dapat berlari dan bergerak terus di lapangan tanpa harus cepat kelelahan.

Skipping
Skipping atau lompat tali ini bagus untuk melatih daya tahan dan juga kekuatan stamina tubuh.

Selain itu Anda bisa membaca di artikel "Bentuk dan model meningkatkan endurance"

Karena latihan latihan tersebut diperlukan oleh para pemain football untuk menambah intensitas dan kualitas fisik mereka. Selain itu latihan fisik tersebut untuk menunjang kemampuan kecepatan biar bertambah.

Karna bagaimanapun juga kualitas gerak tubuh pemain, intensitas gerak tubuh serta kecepatan tubuh berpengaruh juga terhadap kekuatan samina seorang pemain sepakbola ketika bermain.

3. Melatih Kelenturan


Selain kekuatan yang bagus, seorang pemain sepakbola profesional juga memiliki tingkat kelenturan tubuh yang bagus pula. Kelenturan atau flexibilitas merupakan poin penting untuk pemain, karena dapat meningkatkan kelincahannya.

Karena dalam permainan atau pertandingan sepakbola, pemain banyak membutuhkan pergerakan yang mendadak dan spontan. Seperti berbalik arah atau mengubah arah dengan cepat untuk menghindari lawan.

Selain itu flexibilitas atau kelenturan tubuh juga berguna untuk mengurangi / mencegah cedera pada bagian otot dan sendi.

Cara melatih kelenturan tubuh


Mencium Lutut
Cara mudah melatih kelenturan otot tubuh adalah dengan melakukan gerakan mencium lutut.

Anda bisa melakukan dengan posisi berdiri dan membungkuk, hingga Anda mencium lutut.

Atau dari posisi duduk dengan kedua kaki lurus ke depan dan turunkan kepala hingga Anda bisa mencium lutut Anda.

Selain cara di atas, Anda bisa membacanya pada artikel " Cara meningkatkan kelenturan tubuh"

4. Latihan Kecepatan


Tingkat kecepatan seorang pemain juga penting untuk dilatih. Karena pemain sepakbola harus bermain cepat supaya tidak tertekan oleh lawan.

Dan inilah bentuk latihan kecepatan


Shuttle Run
Dengan latihan lari bolak balik dengan jarak 10-25 meter. Ini akan berguna untuk melatih kecepatan pemain dan daya ledak pemain untuk menyerobot bola.

Sprint Jarak Pendek
Lakukan latihan sprint jarak pendek antara 40-60 meter untuk memaksimalkan kecepatan pemain.

Untuk selengkapnya Anda bisa baca pada artikel "Program latihan kecepatan untuk pemain bola"

Catatan Pelatih


Selain melakukan latihan di atas, Anda juga harus selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan latihan dan juga lakukan pendinginan pada akhir latihan.

Dan juga Anda harus melakukan pola hidup sehat dengan selalu memberikan asupan gizi dan nutrisi seimbang untuk tubuh Anda.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Contoh Program Latihan Fisik Sepakbola Profesional