Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Kebugaran jasmani adalah suatu kebutuhan yang harus diterpenuhi supaya kita dapat menjalankan seluruh aktifitas kehidupan sehari-hari dengan baik, efektif dan seefisien mungkin. Sehingga kita semua dapat menciptakan pola hidup yang berkualitas dan sehat.

Pada kesempatan kali ini, Admin zona pelatih akan membahas mengenai kebugaran jasmani, seperti apa itu kebugaran jasmani? Unsur ataupun komponen kebugaran jasmani. Contoh bentuk program latihan kebugaran jasmani. Serta manfaat langsung  yang dirasakan ketika melakukan latihan-latihan kebugaran jasmani tersebut.

10 Unsur kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannya

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannya


Sebelum kita membahas mengenai unsur atau komponen kebugaran jasmani, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian apa itu kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani menurut Ahli


Kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan serta daya tahan fisik seseorang dalam melakukan berbagai jenis aktivitas sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Dan istilah kebugaran jasmani mempunyai pengertian yang tidak berbeda dari aspek fisik dalam total fitness atau yang dikenal dengan sebutan physical fitness.

Berikut pengertian tentang kebugaran jasmani dari beberapa ahli



  • Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menjalani segala bentuk dan jenis kegiatan fisik yang memerlukan kekuatan, daya tahan dan fleksibilitas (kelenturan). (Rusli Hutan)
  • Kebugaran jasmani adalah suatu kondisi dimana tubuh mampu menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik dan efektif tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan tubuh masih memiliki cadangan energi untuk melaksanakan tugas lainnya. (Sudarno)
  • Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk bekerja dan beraktifitas tanpa mengalami kelelahan yang berlebih. (Agus Munkholid, M. Pd)
  • Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh unutk melakukan adaptasi terhadap segala macam aktfitas fisik yang diberikan tanpa menimbulkan rasa lelah yang berlebihan. (Muhajirin)
  • Kebuaran jasmani adalah aspek fisik dan kebugaran menyeluruh yang memberikan kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif serta dapat menyesuaikan diri terhadap segala bentuk tantangan terhadap kondisi fisik. (Prof. Sutarman)
  • Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk beraktfitas serta melakukan perkejaan sehari-hari dan masih memiliki tenaga untuk menikmati waktu luangnya.

10 Unsur Kebugaran Jasmani


1. Reaksi (Reaction)


Reaksi adalah kemampuan tubuh seseorang dalam menanggapi suatu gerakan atau rangsangan ataupun stimulus yang diberikan oleh orang lain.

Bentuk melatih reaksi yaitu lempar tangkap bola dan mengikuti gerakan orang lain.

2. Koordinasi (Coordination)


Yang dimaksuda koordinasi adalah kemampuan seseorang dalam menyatukan gerakan tubuh yang tak sama ke dalam satu rangkaian gerakan yang lebih efektif.

Bentuk latihan unsur koordinasi adalah dengan latihan memantulkan bola ke dinding kemudia menangkap bola yang memantuk dengan tangan yang berbeda. Untuk latihan koordinasi ini juga membutuhkan konsentrasi yang baik..

3. Keseimbangan (Balance)


Keseimbangan adalah kemampuan tubuh dalam mengendalikan organ tubuh serta saraf otot supaya gerakan tubuh dapat dikendalikan dengan baik. Kemampuan keseimbangan ini sangat dibutuhkan dalam cabang olahraga senam dan loncat indah.

Bentuk latihan untuk melatih keseimbangan yaitu berjalan di atas balok kayu, melakukan gerakan sikap lilin, berdiri dengan satu kaki atau berdiri dengan menirukan pesawat terbang.


4. Accuracy (Ketepan)


Ketepan adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerakan terhadap sasaran yang ingin dituju. Contoh manfaat mempunyai ketepan yang bagus dapat digunakan pada cabang memanah, bowling, biliard dan menembak.

Bentuk latihan ketepan yaitu Anda bisa melakukan latihan memasukkan bola ke ring basket atau melempar botol dari jarak tertentu.

5. Daya Otot (Muscular Power) atau Daya Ledak (Explosive Power)


Daya otot lebih pada daya ledak otot atau dikenal dengan sebutan explosive power. Artinya kemampuan seseorang dalam memaksimalkan kekatan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Bentuk latihan explosive power/ daya ledak adalah dengan melatih daya otot yaitu:



  1. Melakukan vertical jump : berguna melatih daya ledak otot tungkai.
  2. Front jump : berguna melatih daya ledak otot betis dan tungkai.
  3. Side jump : Berguna melatih daya ledak otot tungkai dan paha.

Kelincahan atau Agility


Kelincahan adalah kemampuan seseorang dalam menyesuaikan gerakan dari satu posisi ke posisi lainnya, seperti berpindah dari depan ke belakang atau dari kanan ke kiri.

Kelincahan atau agility bisa juga dikatakan kemampuan seseorang dalam merubah arah gerak dengan waktu yang singkat.

Beberapa olahraga permainan yang membuhkan kelincahan yang tinggi antara lain, bulutangkis, futsal, sepakbola dan squash (olahraga baru).

Bentuk latihan kelincahan antara lain: lari zig-zag atau anik turun tangga.

Baca juga: Contoh program latihan kebugaran jasmani

Kelenturan atau Flexibility


Kelenturan atau flexibility adalah kemampuan tubuh seseorang dalam keleluasaan pergerakan otot-otot tubuh atau persendian.

Kemampuan kelenturan ini sangat dibutuhkan hampir disemua cabang olahraga.

Contoh bentuk melatih kelenturan yaitu dengan melakukan olahraga yoga atau bisa dengan mencium lutut.

Daya Tahan Tubuh (Endurance)


Daya tahan tubuh dalah kemampuan seseorang dalam menggerakkan tubuh dalam waktu yang lama dan tempo yang berbeda-beda (antara sedang dan cepat) secara efektif dan efisien serta tanpa merasakan sakit dan lelah yang berlebihan.

Untuk melatih kemampuan daya tahan tubuh Anda perlu melakukan olahraga ringan seperti jogging selama 60 menit tiap harinya.

Kecepatan atau Speed


Menurut ahli kebugaran jasmani Mulyono Biyakto, kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan suatu gerakan dalam periode waktu yang singkat.

Pengertian kecepatan secara umum yaitu waktu yang dibutuhkan seseorang dalam melakukan gerakan yang berbeda dan berkesinambungan. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan maka dapat disimpulkan bahwa seseorang mempunyai kecepatan yang bagus.

Kemampuan kecepatan ini sangat dibutuhkan dalam cabang olahraga.

Kecepatan atau speed dibagi menjadi 3 jenis, yaitu kecepatan sprint, kecepatan bergerak dan kecepatan reaksi.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan



  1. Keturunan
  2. Waktu reaksi
  3. Teknik
  4. Elastisitas otot
  5. Kemampuan menahan tahan luar
  6. Konsentrasi dan kemauan

Bentuk latihan kecepatan yang bisa Anda lakukan


  1. Lari cepat dengan jarak 40-60 meter
  2. Lari naik turun tangga
  3. lari multistage

Kekuatan atau Strength


Kekuatan adalah kemampuan kondisi tubuh dalam menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaga ketika melakukan suatu aktifitas fisik.

Kekuatan sangat penting dalam setiap kegiatan atau aktivitas, apalagi dalam cabang olahraga. Karena kekuatan merupakan daya penggerak.

Untuk mendapatkan kekuatan, maka Anda harus rutin dan konsisten dalam berlatih.

Bentuk dan jenis latihan kekuatan antara lain:


  1. Angkat beban: berguna untuk melatih kekuatan otot lengan
  2. Squat jmp: berguna untuk melatih kekuatanotot tungkai dan otot perut
  3. Back up: berguna untuk melatih kekuatan otot perut
  4. Push up: berguna untuk melatih kekuatan otot lengan

Video Latihan Kebugaran Jasmani



Manfaat Kebugaran Jasmani


Kebugaran jasmani ternyata memiliki banyak manfaat bagi kita semua. Dan pastinya membantu segala aktifitas harian kita. Dengan melakukan geakan ataupun latihan kebugaran jasmani secara teratur, maka semua manfaatnya akan Anda rasakan.

Berikut manfaat dari kebugaran jasmani

  1. Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung.
  2. Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh.
  3. Mebuat waktu pemulihan organ tubuh lebih cepat.
  4. Respon tubuh semakin cepat dan tepat.
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Dapat mencegah sakit jantung.
  7. Mengatasi depresi.
  8. Meningkatkan metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
  9. Terhindar dari tulang keropos atau osteoporosis
  10. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  11. Meningkatkan kelentukan dan kelenturan tubuh.
  12. Tingkat koordinasi gerak tubuh lebih bagus.

nah demikianlah pembahasan tentang unsur-unsur atau komponen kebugaran jasmani beserta contoh latihannya. Smeoga artikel yang sedikit ini dapat membantu Anda.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk 10 Unsur kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannya