Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Teknik dasar permainan squash adalah teknik tatacara atau tahapan awal yang harus dipelajari dan dikuasi agar dapat memainkan olahraga permainan squash. Nah pada artikel ini Anda akan berlatih tentang teknik dasar permainan squash. Dimana sudah disiapkan program latihan disertai bentuk latihan teknik dasar bermain squash. Sehingga Anda tidak perlu bingung, bagaimana cara berlatih teknik dasar permainan squash (squash teknik tips).

Karena pada artikel ini Anda, tinggal menjalankan program latihan teknik dasar permainan squash. Yang telah disusun dari teknik dasar squash dari yang mudah sampai yang lebih sulit. Sehingga cukup bagi Anda untuk mengikuti panduan berlatih teknik dasar permainan squash berikut ini.

Teknik Dasar Pemainan Squash
Teknik dasar permainan squash

Ada 6 teknik dasar pukulan squash yang harus Anda kuasai untuk menjadi pemain squash profesional/tangguh, antara lain:

  1. Drive
  2. Volley
  3. Boast
  4. Lob
  5. Drop
  6. Serves


Dimana 6 squash teknik tips ini wajib Anda kuasi, supaya dapat memainkan permainan squash dengan baik dan benar. Serta memenangkan pertandingan squash (tenis dinding).

Penjelasan Teknik Dasar Permainan Squash


1. Drive


Pukulan drive adalah teknik pukulan dasar dalam permainan squash. Dimana pemain berusaha untuk memukul lurus dan dekat ke dinding samping dan melintasi lebar lapangan, serta bola mendarat di belakang kotak servis (begrguna untuk mengemblaikan bola dari pukulan lawan).

2. Volley


Pukulan volley ini dapat meningkatkan permainan squash menjadi lebih cepat, karena membuat lawan harus cepat berfikir untuk mengembalikan pukulan. Pukulan volley juag dapat membantu Anda untuk menguasai area "T" di lapangan. Pukulan volley juga dapat menjadi sebuah tembakan atau pukulan menyerang.

"Karena taktik dasar permainan squash adalah untuk melakukan pukulan volley ke arah manapun yang memungkinkan untuk lawan tidak bisa mengembalikan pukulan kita"

Ada dua jenis pukulan volley pada teknik dasar permainan squash


Overhead volley

Dimana boal dipukul pada posisi bidang dasar, dengan bola dipukul menggunakan raket yang mengarah ke bola.

Shoulder height volley

Dimana memukul bola squash dengan gerakan maju ke depan ketika menembak, dengan bola di pukul menggunakan raket yang diayun dari bahu.

3. Boast


Jenis pukulan squash yang terlebih dahulu boal diarahkan ke dinding samping sebelum ke dinding depan. Pukulan boast ini dapat digunakan sebagai pukulan menyerang maupun bertahan. Dan bentuk pukulan ini hampir sama dengan pukulan drive.

4. Lob


Pukulan lob ini dilakukan dengan cara memukul bola dengan lembut dan tinggi ke atas. Sehingga pukulan lob mengakibatkan bola yang dipukul tersebut memantul mengarah ke dinding belakang, sehingga lawna akan sulit untuk mengejar (mengembalikan bola).

Pukulan lob yang bisa adalah yang dapat memberikan beberapa detik untuk recovery pemain. Sehingga pemain dapat bergerak ke area "T" dan sekian detik untuk mengambil nafas (istirahat).

Adapun jenis-jenis pukulan lob pada permainan squash


  • Front lob
  • Middle court lob
  • Back court lob


5. Drop


Jenis pukulan drop ini membutuhkan syarat yaitu pemain wajib mempunyai kontrol bola yang baik, sehingga kemampuan antara penguasaan raket dan keseimbangan pemain dapat bersinergi dengan baik. Dimana kunci melakukan pukulan dropshot adalah pada ayunan lengan Anda.

Pukulan dropshot yang baik adalah dapat menghasilkan pukulan bola yang rendah dan jatuh di dekat dinding samping. Sehingga lawan susah untuk mengembalikan bola.

6. Serves


Dalam permainan squash terdapat 3 jenis servis yaitu:

a. Lob servis


Lob serve ini dilakukan dengan cara memukul bola tinggi dengan arah bola melambung ke dinding belakang setelah memantul di dinding depan.

b. Hard serve atau power serve


Power serve sangat bagus untuk perubahan taktik bermain. Sayangnya servis ini dapat diprediksi oleh lawan jika dilakukan secara terus menerus. Sehingga Anda wajib merubah-ubah posisi bola pada dinding untuk mengecoh lawan, berdasarkan pada posisi berdiri lawan.

c. Backhand serve


Pukulan backhande ini menghasilkan pukulan yang kuat dan patulan bola juga cepat.

Nah ini ada video tentang pembelajaran cara bermain squash dengan teknik dasar yang baik dan benar


Nah itulah penjelasan mengenai teknik dasar permainan squash yang bisa Admin zonapelatih jelaskan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berlatih supaya dapat menjadi pemain squash yang handal.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Teknik Dasar Pemainan Squash yang Wajib Dikuasi