Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Contoh program latihan striker untuk menjadi penyerang sepakbola handal | Zonapelatih.net - Cristiano Ronaldo atau dikenal dengan #CR7 merupakan salah satu penyerang terhebat abad ini. Kita semua mengakui kehebatannya dalam mencetak goal ke gawang lawannya. Lalu apakah Anda ingin menjadi striker/penyerang seperti CR7 yang handal dalam mencetak goal? Jika iya, berikut Admin berikan panduan cara menjadi striker sepakbola yang hebat, handal dan tajam mencetak gol.

Metode latihan di bawah ini tidak membahas mengenai latihan dasar sepakbola ya! Karena sudah pasti menjadi pemain bola yang bagus minimal harus menguasai teknik dasar sepakbola terlebih dahulu.

Program Latihan Untuk Striker Sepakbola

Pada kesempatan kali ini Admin akan menjelaskan bagaimana caranya menjadi penyerang atau striker yang handal, tangguh dan tajam dalam mencebol gawang lawan. Sehingga bagi Anda yang ingin atau sedang mencari bentuk latihan attacker sepakbola, silahkan simak artikel ini.

Teknik Latihan Untuk Menjadi Striker Handal dan Tajam


Untuk dapat bermain sepakbola dengan baik, tentunya Anda sudah menguasi teknik dasar permainan sepak bola. Dan Admin anggap Anda sudah menguasi hal tersebut, karena itu bekal untuk menjadi pemain bola profesional.

Nah untuk menjadi seorang penyerang yang tajam dan handal bagi tim, maka Anda wajib melakukan latihan sebagai berikut. Supaya dapat bersaing dengan striker modern saat ini.

1. Pergerakan Striker


Seorang stirker yang mampu bergerak dan membaca peluang. DImana penyerang bergerak ke tempat yang kosong (posisi yang bisa menerima umpan) dan melakukan shoot ke gawang lawan.

2. Teknik Shooting


Anda paham kan, bahwa seorang penyerang tugasnya adalah mencetak gol untuk timnya. Oleh karena itu Anda wajib menguasi teknik shooting.

Sebagai pemain Anda harus mampu emlakukan shooting dalam kondisi seperti apapun. Maksudnya adalah ketika dijaga/dikawal oleh pemain bertahan lawan. Atau pada sudut yang sempit atau meski harus dengan mengolongkan bola melewati kaki pemain bertahan.

Lebih lanjut pahami bagaimana model tembakan Anda. Apakah seperti Cristiano Ronaldo atau seperti Lionel Messi. Karena dengan begitu Anda dapat mengukur kapan akan melakukan tembakan pada posisi dan waktu tertentu.

3. Kecepatan


Kecepatan ini adalah kecepatan langkah kaki Anda. Kita bisa melihat Sergio Aguero serta Mbappe dimana mempunyai kecepatan tinggi.

Memiliki kecepatan tinggi adalah kunci ketika berhadapan dengan pemain lawan. Apalagi jika berhadapan dengan lawan yang bertubuh tinggi. Maka kecepatan dan kegesitan Anda akan menjadi senjata paling ampuh untuk melewatinya.

Untuk melatih kecepatan langkah kaki pemain bola Anda, bisa menggunakan leader (tangga ketangkasan). Untuk selengkapnya bisa kunjungi artikel "Program latihan meningkatkan kecepatan pemain sepak bola".

4. Sekali Sentuh


Sebagai seorang striker handal, maka wajib bisa melakukan sentuhan frist time (sentuhan pertama) pada bola untuk mencetak gol.

Jika mendengar tendangan frist time, maka kita akan ingat tendangan frist time nya Zidane. Dimana setelah Carlos melakukan umpan dan sebelum bola menyentuh tanah, sudah ditendang.

Frist time itu tidak melulu dengan tendangan lho, karena sebenarnya heading itu juga frist time kan, karna juga dari umpan langsung disundul ke gawang lawan hehe.

Nah untuk dapat melakukan frist time dengan baik, Anda wajib melatihnya. Bisa dengan meminta bantuan kepada rekan untuk mengumpan ke arah Anda, kemudian diselesaikan dengan sekali sepakan ataupun heading ke arah gawang. Dengan begitu Anda juga sudha berlatiih mencetak gol dengan kepala (finish with header).

5. Gocekan/Skill


Sebagai seorang striker yang handal, maka wajib memiliki kemampuan dribbling yang bagus. Kita bisa melihat Neymar dan Robinho dimana gocekan bolanya mampu menipu pemain bertahan lawan.

Jenis latihan untuk mempunyai skill yang bagus kuncinya adalah bentuk latihan yang mengubah arah bola dan arah pemain.

Anda bisa kunjungi artikel "Cara miningkatkan skill pemain".

6. Penguasaan Dua Kaki


Meski Anda dominan dengan kaki kanan, namun untuk dapat menjadi seorang striker handal, maka Anda wajib bisa menggunakan kaki kiri Anda juga untuk mengontrol bola ataupun melakukan shooting.

Kenapa seorang penyerang harus bisa menggunakan kedua kakinya? Karena dalam permainan sepak bola adakalanya bola itu liar dan juga tidak selalu berada di kaki dominan kita. Alhasil kita harus mampu melakukan shooting dengan kaki satunya, karena jika peluang ada ketika bola berada bukan di kaki dominan kita.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Program Latihan Untuk Striker Sepakbola