Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Kali ini Admin zona pelatih akan menjelaskan tentang Peraturan Permainan Bola Voli Resmi dan Terbaru.

Peraturan Permainan Bola Voli lengkap dan Terbaru Pbvsi
Peraturan permainan bola voli

FASILITAS DAN PERLENGKAPAN OLAHRAGA BOLA VOLI


1. AREA PERMAINAN BOLA VOLI


Area permainan dan area bebas dalam bola voli harus berbentuk kotak dan simetris.

1.1 UKURAN LAPANGAN BOLA VOLI


Ukuran lapangan bola voli 18 m x 9 m, dikelilingi zona bebas dengan lebar minimal 3 m di tiap sisi.

Diatas lapangan permainan harus bebas dari benda-benda yang bisa menghalangi laju bola. Dengan tinggi atap minimal 7m dari permukaan lapangan.

Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, zona bebas 5 m di kiri dan kanan,
6.5 m dari garis belakang. Tinggi atap minimal 12.5 m.

1.2 PERMUKAAN LAPANGAN BOLA VOLI


Permukaan lapangan harus rata, horizontal, dan seragam.

Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, hanya permukaan yang terbuat dari bahan kayu atau dari sintetic yg diperbolehkan. Permukaan yang Iain harus disetujui dahulu oleh FIVB.

Warna permukaan lapangan indoor harus berwarna cerah. Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, warna garis harus putih. Warna lapangan dan zona bebas juga harus berbeda.

Untuk lapangan outdoor (luar ruangan) diperbolehkan dibuat lubang sebesar 5mm per meter untuk drainase. Garis lapangan tidak boleh terbuat dari bahan yang padat / keras.

1.3 UKURAN GARIS LAPANGAN BOLA VOLI


Semua garis lapangan dibuat selebar 5 cm dan harus berwarna cerah yang berbeda dengan warna lapangan dan garis-garis lain.

Garis batas

Garis batas luar lapangan dibuat didalam area lapangan artinya dibuat ukuran bersih 18 x 9 m.

Garis tengah

Garis tengah membagi lapangan tepat menjadi dua dengan ukuran 9x9m; akan tetapi seluruh lebar garis dianggap menjadi bagian kedua lapangan. Garis ini berada dibawah net dari garis pinggir ke garis pinggir.

Garis serang

Di setiap sisi lapangan, garis serang, yang tepi belakang diukur 3 meter dari garis tengah, mmbatasi area depan lapangan.

Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, garis serang diperpanjang ke sampingdari garis pinggir dengan garis putus-putus, sepanjang 15 cm dan lebar 5 cm tiap garis, jarak antar garis 20 cm, total keseluruhan garis 1,75 m. "Garis batas pelatih" ( garis putus-putus dari garis serang ke garis belakang lapangan, sejajar garis pinggir dan berada 1,75 m diluar garis pinggir) terdiri dari garis-garis pendek berukuran 15x5 cm, dengan jarak 20 cm antar garis, menandakan batas area operasi pelatih.

Baca juga: Program latihan bola voli harian, mingguan dan bulan

1.4 ZONA DAN AREA LAPANGAN VOLI


Zona depan

Pada setia lapangan zona depan dibatasi oleh garis tengah dan sisi belakang garis serang. Zona depan juga termasuk area luar sisi lapangan sampai ujung zona bebas.

Zona Servis

Zona servis adalah area sepanjang 9m di belakang garis belakang. Dibatasi oleh dua garis pendek berukuran 15 cm, yg berada 20 cm di belakang garis sebagai perpanjangan garis samping. Kedua garis termasuk dalam zona servis. Untuk lebar kebelakang dibatasi oleh ujung zona bebas.

Zona pergantian

Zona pergantian dibatasi oleh perpanjangan garis serang dan meja pencatat nilai.

Zona pergantian libero

Zona pergantian libero termasuk dalam zona bebass di Sisi bangku cadangan, dibatasi oleh garis serang dan garis belakang lapangan.

Zona pemanasan

Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, zona pemanasan berukuran 3x3 berada di pojok bangku cadangan,di luar zona bebas.

Zona Penalti

Area penalti berukuran kurang lebih 1x1 m, dilengkapi dua kursi,erada di area kontrol, diluar perpanjangan garis belakang lapangan. Dibatasi oleh garis merah selebar 5cm.

Baca juga: Cara berlatih teknik dasar permainan bola voli yang menyenangkan

1.5 TEMPERATUR


Temperatur minimal tidak boleh kurang dari 100 C (500 F). Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, temperatur maksimal tidak boleh lebih dari 25 0 C (770 F) dan minimal tidak kurang dari 160 C (61 0 F).

1.6 PENERANGAN LAPANGAN VOLI


Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, penerangan pada area permainan harus mencapai 1000-1500 lux diukur pada 1 m di atas permukaan lapangan.

2. UKURAN TIANG DAN NET VOLI


2.1 UKURAN TINGGI NET


Berada di atas garis tengah, setinggi 2,43 muntuk pria dan 2,24 m untuk wanita. Tinggi net diukur dari tengah area permainan. Tinggi net (dikedua Sisi lapangan ) harus memiliki ketinggian yang sama, dan tidak boleh melebihi dari standar ketinggian lebih dari 2 cm.

2.2 STRUKTUR NET VOLI


Lebar net 1 m dan panjang 9,50 - 10 m (dengan 25-50 cm di sisi luar pita samping neti terbuat dari jaring hitam seluas 10 cm.

Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, jaring bisa dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan ikian sesuai kesepakatan pemasaran.

Pada bagian atas dilengkapi pita selebar 7 cm, terbuat dari kanvas putih yang dilipat menjadi dua, dijahit sepanjang badan net. Tiap ujung pita diberi lubang untuk mengaitkan tali yang dikencangkan ke tiang net untuk menjaga tegangan pita atas net.

Didalam pita terdapat tali fleksibel yang dikencangkan pada tiang net untuk menjaga tegangan bagian atas net.

Pada bagian bawah terdapat pita lain selebar 5 cm, sama seperti pita atası dikaitkan dengan sebuah tali yang dikencangkan pada tiang net untuk menjaga tegangan bagian bawah net.

2.3 PITA SAMPING NET VOLI


Dua buah pita putih dipasang secara vertikal di sisi net, berada tepat di atas garis samping. Mempunyai lebar 5 cm dan panjang 1 m, dianggap sebagai bagian dari net.

2.4 ANTENA NET VOLI


Antena merupakan sebuah tongkat fleksibel sepanang 1,8 m dan berdiameter 10 mm, terbuat dari kaca fiber atau bahan sejenis. Dipasang pada kedua sisi luar pita samping net.

Bagian atas antena ( 80 cm ) berada di atas net, diberi tanda setiap 10 cm dengan dua warna kontrası disarankan merah dan putih.
Dianggap sebagai bagian dari net dan membatasi area penyebrangan bola.

2.5 TIANG NET


Tiang net ditempatkan 0150 -1 m diluar garis samping. Memiliki tinggi 2,55 m dan disarankan untuk bisa diatur ketinggiannya.

Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, tiang net ditempatkan 1 m diluar garis samping dan harus diberi lapisan yang empuk.

Tiang net berbentuk bundar dan lembut, ditanam pada lantai tanpa kawat. Tidak boleh ada benda yang mengganggu dan berbahaya.

PERALATAN TAMBAHAN


Semua peralatan tambahan ditetapkan oleh regulasi FIVB.

Baca juga: Contoh variasi program latihan voli untuk pemula yang menyenangkan

3. BOLA VOLI


3.1 UKURAN BOLA VOLI STANDAR


Bola harus berbentuk bulat, bagian luar terbuat dari bahan kulit asli atau buatan, dan bagian dalam bola terbuat dari bahan karet atau bahan sejenis.
Berwarna cerah seragam atau kombinasi warna.

Bahan dan warna kulit buatan yang digunakan pada kompetisi internasioanal harus memenuhi standar FIVB.

Memiliki keliling 65-67 cm dan memiliki berat 260-280 g. Tekanan bagian dalam bola 0,30 - 0,325 kg/cm 2 (4,26-4,51 psi) (294,3  318,82 mbar / hPa).

3.2 KESERAGAMAN BOLA


Semua bola yang digunakan dalam sebuah pertandingan harus memiliki standar yang sama termasuk keliling, berat, tekanan, jenis, warna ,dll.

Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, harus menggunakan bola yang disetujui Ieh FIVB, atau ada persetujuan khusus oleh FIVB.

3.3 SISTEM LIMA BOLA


Untuk kompetisi dunia / resmi FIVB, digunakan 5 bola. Pada sistem ini 6 anak bola digunakan, satu pada setiap sudut zona aman, dan masing-masing satu dibelakang tiap wasit.

Nah itulah penjelasan mengenai peraturan permainan bola voli lengkap dan terbaru. Semoga bermnafaat.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Peraturan Permainan Bola Voli lengkap dan Terbaru Pbvsi