Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Berlatih teknik taekwondo tidak selalu didampingi oleh sang pelatih. Apalagi latihan taekwondo tidak terbatas ketika ada jadwal latihan taekwondo di klub beladiri tersebut. Namun latihan taekwondo bisa Anda lakukan di rumah.

Bagi seseorang yang mempunyai cita-cita menjadi atlet beladiri taekwondo, biasanya mereka melakukan tambahan latihan taekwondo di rumah. Supuya mereka lebih ahli dan menguasi teknik-teknik taekwondo.

Panduan Cara Berlatih Teknik Taekwondo di Rumah

Lalu bagaimana cara berlatih taekwondo di rumah dengan benar? Nah sebelum admin menjelaskan, lebih baik Anda baca dan kuasi terlebih dahulu beberapa materi teknik dasar taekwondo ini.

Cara Berlatih Taekwondo di Rumah dengan Benar


Nah jika Anda sudah memhami beberapa gerakan teknik dasar taekwondo, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan latihan kecepatan gerakan kaki (tendangan) dan tangan (pukulan).

Dan inilah tips atau panduan cara berlatih teknik taekwondo seorang di rumah dengan benar.

1. Kuda - Kuda


Pada seni beladiri jenis apa saja, dipastikan memiliki teknik atau gerakan dasar kuda-kuda. Karena kuda-kuda ini sebagai dasar pondasi untuk melakukan teknik penyerangan maupun pertahanan diri dari lawan.

Meskipun gerakan kuda-kuda terlihat sederhana dan sepele, tetapi berpengaruh besar terhadap keseimbangan tubuh kita. Dimana semakin kuat teknik kuda-kuda yang Anda ciptakan, maka tubuh akan semakin  lebih seimbang dalam menerima atau menghindari serangan lawan.

Oleh karena hal tersebut, maka latihlah teknik gerakan kuda-kuda sendiri di rumah. Anda bisa berlatih kuda-kuda dengan beberapa cara yang ada pada teknik taekwondo, seperti Ap Koobi, Ap Seogi, Moa Seogi, Dwit Koobi, Joochoom dan Beom Seogi.

2. Poomsae atau Rangkaian Gerakan Jurus


Dalam seni beladiri taekwondo ada beberapa teknik dasar atau gerakan dasar yang dapat Anda latih sendiri di rumah. Teknik Poomsae merupakan serangkaian gerakan jurus taekwondo guna melindungi diri dari serangan lawan.

Banyak gerakan yang bisa Anda ciptakan guna mempertahankan diri dengan kuat. Beberapa gerakan poomsae yang tercipat biasanya mengikuti dari beberapa filosofi gerakan yang berasal dari negara Korea.

3. Kyukpa atau Pemecahan Benda Keras


Selain berlatih teknik poomsae di rumah, masih ada teknik taekwondo yang bisa Anda lakukan sendiri (latih) yaitu teknik Kyukpa. Teknik Kyukpa adalah beberapa teknik dasar yang berguna untuk pemecahan benda-benda keras yang bersifat mati (benda mati). Adapun tujuan dari melakukan latihan Kyukpa adalah untuk mengukur seberapa besar kemampuan Anda dalam menentukan target sasaran secara tepat.

Orang-orang biasanya melatih teknik kyukpa ini menggunakan beberapa benda mati, seperti genting, batu bata, dan kayu balok. Untuk melakukan gerakan kyukpa biasanya orang-orang melakukan dengan gerakan memukul, menendang, menyabet atau ada juga yang menggunakan jari tangannya guna menyabet benda dengan keras.

4. Pukulan


Cara berlatih dan menguasai teknik taekwondo di rumah adalah dengan melatih kekuatan pukulan. Ini berguna untuk mempertahankan diri dengan kekuatan pukulan. Teknik gerakan pukulan juga termasuk teknik dasar dalam beladiri taekwondo, oleh karena itu Anda wajib menguasinya. Supaya dapat melakukan serangan dan juga bertahan menggunakan teknik pukulan.

Cara melatih teknik pukulan di rumah sendiri, Anda bisa melakukan dengan gerakan memukul pada alat samsak (salah satu peralatan taekwondo) yang menitik beratkan pada kekuatan serta kecepatan otot tangan. Dengan menggunakan latihan seperti ini, Anda dapat menciptakan kekuatan pukulan yang kuat dan bagus serta seimbang. Semakin kuat pergerakan samsak kebelakang, berarti semakin baik dan kuat teknik pukulan Anda.

5. Tendangan


Dalam olahraga beladiri taekwondo, teknik tendangan harus dikuasi dengan baik. Supaya Anda memiliki tendangan kaki yang kuat, cepat, tepat dan seimbang. Jika ANda berlatih dengan benar, maka dengan sendirinya Anda akan memiliki tendangan kaki yang kuat, cepat dan tepat.

Oleh karena teknik tendangn ini berfokus pada kekuatan otot kaki, maka Anda harus melatih sendiri di rumah dengan fokus kekuatan dan kelenturan otot-otot kaki.

Gunakan alat taekwondo seperti samsak, untuk meatih akurasi dan kekuatan tendangan kaki. Anda bisa melakukan latihan kekuatan dan kelenturan otot kaki dengan melakukan gerakan squatm teknik side kick, split serta beberapa gerakan drill yang fokus pada kaki. Untuk mendapatkan tendangan yang cepat Anda bisa mempelajari pada artikel " Program latihan kecepatan tendangan taekwondo full power".

6. Tangkisan atau Makki


Makki atau tangkisan dalam taekwondo juga perlu Anda latihan di rumah. Makki merupakan suatu teknik gerakan yang berguna untuk menghalangi musuh ketika menyerang Anda.

Anda bisa berlatih gerakan taewkondo makki ini seperti gerakan, momtang an makki, area makki, eogol makki, batang son makki, sonnal makki, hecho makki, dan bakkat makki.

7. Sabetan atau Tusakan


Meskipun teknik sabetan atau tusukan ini jarang digunakan dalam pertarungan (oertandingan) taekwondo, namun tidak ada salahnya jika Anda tetap melatihnya.

Cara melatih di rumah sendiri dengan cara melakukan gerakan sabetan atau tusukan pada titik berat kekuatan yaitu pada bagian lutut dan sikut. Karena pada bagian ini Anda dapat melumpuhkan gerakan lawan dengan lebih cepat dan efisien.

8. Kyoruki atau Pertarungan


Teknik kyoruki atau teknik pertarungan yaitu tenik atau gerkan dasar yang dilakukan antara dua orang yang saling bertarung dalam menciptakan serangkaian teknik serangan serta pertahanan diri.

Anda bisa berlatih di rumah dengan bantuan beberapa alat/media. Seperti menggunakan alat samsak atau yang menyerupai bentuk orang. Atau mengajak teman untuk berlatih taekwondo di rumah bersama-sama.

Untuk gerakan kyoruki ini saya sarankan ketika berlatih minimal berdua dan lawan berlatih sudah menguasi teknik dasar seni beladiri taekwondo. Sehingga keduanya saling menguatkan dan berkembang.

Nah itulah beberapa panduan cara berlatih taekwondo di rumah dengan benar. Cara latihan inipun juga bisa digunakan untuk latihan taekwondo sabuk putih atau dasar. Beberapa gerakan taekwondo di atas dapat meningkatkan kekuatan serta kecepatan gerakan ketika pertarungan, seperti menyerang dan melindungi diri dari lawan. Dengan tips cara latihan taekwondo sendiri di rumah, maka Anda akan lebih mudah dalam mengaplikasikannya sendiri.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Panduan Cara Berlatih Teknik Taekwondo di Rumah