Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara mudah mengatasi keseleo/terkilir pada pergelangan tangan | Zonapelatih.net - Keseleo atau tekilir adalah sebuah istilah awam yang sering kita gunakan untuk menggambarkan keadaan nyeri atau bengkak yang terjadi pada persendian/pergelangan tangan, jari-jari , kaki ataupun pada sendi lainnya. Terkilr atau keseleo pada dasarnya disebabkan karena adanya "Salah Urat". Salah Urat bisa disebabkan karena melakukan aktivitas berar atau dikarenakan terjatuh. Sehingga menimbulkan rasa yeri pada pergelangan tangan.

Maka dari itu Admin zonapelatih akan membahas mengenai cara mengobati keseleo pada pergelangan tangan dengan  mudah dan benar. Sehingg harapannya Anda dapat melakukan perawatan pada pergelangan tangan yang terkilir.

Cara Mengatasi Keseleo pada Pergelangan Tangan
Pergelangan tangan keseleo

Cara Mengobati Keseleo pada Pergelangan Tangan

Pada dasarnya terkilir dapat disebabkan oleh beberapa kerjadian (tergantung pada kronologis kejadian). Oleh karena itu sebelum kita benar-benar menangani pergelangan yang keseleo kita hrus tahu dahulu kronologi kerjadiannya. Kenapa bisa sampai keseleo? Supaya penanganan kita tepat dan benar. Dengan begitu Anda dapat menangani keseleo di rumah sendiri.

Penyebab Kemungkinan yang Menyebabkan Keseleo

Adanya peregangan serta memar pada otot ataupun ligamen. Ligamen adalah jaringan yang menghubungkan antara dua tulang (persendian). Dan keadaan ini dikelompokkan pada kategori keseleo ringan.

Robek ligamen

Jika ligamen robek, maka dapat menyebabkan rasa nyeri, memar dan bengkak yang lebih berat dibandingkan pada keadaan pertama tadi.

Ligamen putus

Jika ligamen Anda putus, maka mengakibatkan ketidakstabilan pada sendi serta tejadi perndarahan di area tmpat ligamen robek. Sehingga terjadi memar yang parah. Dan kadang kali juga dapat diikuti dengan pergeseran tulang.

Peregangan pada serat-serat otot

Robekan atau peregangan pada serat-serat otot ini bisa terjadi karena penggunaan otot tau tendon secara berlebihan dalam wakktu yang lama serta berulang-ulang. Maka jika itu terjadi Anda akan mengalami rasa nyeri yang hebat  juga.

Itulah beberapa penyebab keseleo. Jika Anda sudah mengerti, kita lanjut dengan cara menyembuhkan/mengobati pergelangan tangan.

Cara Menyembuhkan/Mengobati Keseleo Pada Pergelangan Tangan

Untuk mengobati pergelangan yang keseleo disertai bengkak, maka jangan gegabh dan semabrangan daam menanganinya. Karena jika itu terjadi maka akan membuat kerusakan ligamen lebih parah. Alhasil keseleonya semakin parah dan lama sembuhnya. Padahal keseleo bisa sembuh dengan sendiri, tanpa harus diurut oleh tukang pijet lho.

Berikut cara mengobati pergelangan tangan yang keseleo dengan metode RICE. Dengan metode RICE ini Anda dapat mengatasi keseleo pada pergelangan tangan.

Rest (Istirahat)

Langkah pertama pada metode RICE adalah Rest yang berarti istirahat. Dimana ini wajib dilakukan bagi Anda yang mengalami keseleo pada pergelangan tangan. Jadi Anda harus mengistirahatkan pergelangan tangan(jangan menggunakan bagian pergelangan tangan untuk beraktivitas).

Jangan juga untuk melakukan pijatan atau memberi beban pada bagian yang sakit nyeri ataupun memar. Kalaupun mau dipijat, lakukan usapan-usapan yang lembut dan pelan saja.

Ice (Es)

Selanjutnya langkah kedua, gunakan es atau sejenisnya yang dapat mendinginkan. Gunanya untuk mengompres pada bagian yang sakit atau terkilir tadi selama 15 menitan pada setiap jam nya.

Namun jangan langsung menaruh es diatas kulit, karena dapat menyebabkan kulit Anda rusak. Oleh karena itu es harus dibalut terlebh dahulu menggunakan kain katun atau handuk, barulah digunakan untuk mengompres.

Compression (Penekanan)

Penekaknan ini bukan diartikan memijat atau menekan pada bagian sendi yang nyeri dan bengkak. Namun penekanan (compression) pada pergelangan yang keseleo dengan membalut sendi yang terkilir tadi menggunakan perban elastis. Ini dimaksudkan supaya melindungi pergelangan supaya tidak mudah digerakkan, sehigga dapat istirahat dengan cukup.

Jika masih bingung dengan istilah compression, maka Anda cukup mem-balut pergelangan tangan yang terkelir menggunakan perban. Ini berfungsi untuk mencegah pergerakan yang tidak disengaja oleh tangan yang terkilir.

Elevation (Peninggian)

Cara terakhhir dari metode #RICE adalah elevation atau melakukan peninggian pada area yang sakit (pergelangan yang keseleo).

Caranya adalah dengan mengangkat bagian yang sakit (pergelangan tangan keseleo) lebih tinggi dari posisi jantung. Sehingga diharapkan pergelangan tangan yang keseleo tadi tidak bertambah bengkak.

Selain itu jika Anda tetap akan melakukan aktvitas bisanya, Anda wajib menggunakan alat bantu cedera pergelangan tangan. Ini dimaksudkan supaya tetap pergelangan tangan jangan digunakan bergerak secara berlebihan.

Contoh Alat Bantu Cedera Pergelangan Tangan


Cara Mengobati Keseleo pada Pergelangan Tangan
Sumber shopee.co.id

Cara Mengobati Keseleo pada Pergelangan Tangan
Sumber google

Nah itulah pembahasan mengenai cara mengobati keseleo pada pergelangan tangan. Dan inipun juuga bisa digunakan juga untuk mengobati cedera engkel pada kaki.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Cara Mengobati Keseleo pada Pergelangan Tangan