Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Tips meningkatkan skill individu pemain futsal dapat Anda lakukan seorang diri. Anda bisa berlatih futsal sendiri di rumah maupun di lapangan futsal. Yang terpenting adalah Anda wajib menguasai teknik dasar futsal.

Berlatih futsal sendiri itu banyak sekali kelebihan dan juga ada kelemahannya. Namun sebagai seorang pemain yang optimis, maka yang perlu Anda pikirkan adalah kelebihan berlatih sendiri. Dan membuat Anda semakin baik dalam bermain futsal.

Dalam berlatih futsal sendirian Anda bisa memilih menu latihan, kapan akan latihan dan berapa durasi latihannya. Karena sendirian, maka Anda bisa menentukan hal tersebut. Selain itu apakah Anda akan berlatih meningkatkan skill individu supaya dapat mengolah bola dengan baik atau bisa jadi Anda akan berlatih sendiri untuk meningkatkan stamina (fisik).

Cara Latihan Futsal Sendiri Dengan Benar

Nah biar Anda tidak bingung bagaimana cara latihan futsal sendiri, maka Admin zonapelatih akan memberikan panduan atau program latihan futsal individu. Dimana terdapat tips latihan meningkatkan skill dan juga stamina permain futsal.

Panduan Latihan Meningkatkan Skill dan Fisik Futsal Sendiri


Harapannya setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai, Anda semakin paham bagaimana cara melatih diri menjadi pemain futsal profesional. Dimana kemampuan skill dan fisik meningkat, begitu juga mental bertanding Anda semakin baik dan berani.

Okey langsung saja simak di bawha ini, tips latihan futsal sendirian untuk meningkatkan skill individu dan fisik.

Bentuk Latihan Futsal Meningkatkan Skill Individu


Berbicara skill indiviu, berarti kita sedang membicarakan teknik dasar permainan futsal. Karena tanpa teknik dasar futsal yang dikuasi, Anda tidak akan bisa menampilkan skill individu yang hebat dalam bermain futsal. Sehingga Anda wajib berlatih teknik dasar futsal.

Kuasailah teknik dasar dengan baik, maka akan membuat Anda semakin percara diri.

Jenis Tenik Dasar Futsal


Anda pasti sudah paham ada berapa macam teknik dasar futsal. Namun kita hanya akan membahas 5 jenis bentuk latihan dasar futsal saja ya. Ingat hanya 5 jenis latihan futsal! (mengoper, mengontrol, menggiring, pergerakan dan menembak)

1. Mengoper atau Mengumpan


Dalam bermain futsal, teknik dasar yang paling banyak dipakai adalah passing (mengumpan/mengoper). Jika tidak percaya silahkan coba Anda lihat pertandingan futsal. Yang paling banyak dilakukan oleh pemain adalah passing dan kontrol.

Oleh karenanya Anda wajib berlatih passing. Dan untuk latihan mengoper sendirian, Anda bisa memanfaatkan dinding/tembok rumah untuk latihan mengoper.

Untuk mendapatkan operan dengan akurasi yang baik, maka lakukan operan dengan menggunakan kaki bagian dalam. Namun tidak menutup kemungkinan Anda akan mengoper dengan menggunakan punggung kaki (seperti shooting/menembak) ataupun menggunakan ujung kaki. Namun yang paling banyak dipakai adalah operan menggunakan kaki bagian dalam.

2. Mengontrol Bola


Setelah passing, ada yang namanya mengontrol bola. Umpan yang diberikan oleh rekan setim, sebisa mungkin Anda kontrol (kuasai) dengan baik.

Dalam permainan futsal kontrol yang paling baik adalah menggunakan sol sepatu. Sehingga bola berada dalam penguasaan penuh.

Selain itu sebelum bola sampai pada Anda, Anda sudah harus mempunyai tujuan, kemana bola akan dibawa (diarahkan).

Jadi mengontrol bola itu, tidak cukup hanya menghentikan bola (bola berhenti di kaki) namun mengontrol bola itu adalah bola harus diarakan/bergerak kemana. Itulah mengontrol bola.


3. Menggiring Bola


Menggiring bola atau dribel di futsal sama seperti dribel bola pada permainan sepakbola. Yang membedakan adalah timing, dalam futsal menggiring bola itu lebih digunakan untuk memecah kebuntuan, sehingga jarang terlalu sering menggiring bola.

Namun buka berarti Anda tidak boleh melatih kualitas dribel Anda. Jika Anda berlatih sendiri dan bisa meningkatkan skill individu Anda, itu tidak masalah. Pastinya dengan mempunyai dribel diatas rata-rata makakn gocekan bola Anda kan semakin baik. Dan akan lebih bermanfaat lagi, jika Anda tahu betul kapan saya akan menggocek bola ini sendirian!

Nah untuk melatih dribel yang bagus dan menambah skill serta gocekan Anda, Anda bisa lihat video di bawah ini. Dan pastinya gerakan-gerakan dalam video ini adalah dasar untuk mempunyai skill yang bagus, karna gerakan dasar, maka Anda bisa mengembangkannya.


4. Pergerakan atau Moving


Pergerakan atau moving dalam permain futsal sangatlah krusial, ini menurut Admin ya!

Anda jangan melihat lapangan futsal itu kecil, sehingga membuat Anda menyepelekannya.

Dikarenakan lapangan futsal itu lebih kecil dari lapangan sepakbola, maka Anda membutuhkan pergerakan yang lebih banyak daripada pemain sepakbola.

Dan pastinya pergerakan Anda harus efektif dan efisien. Seperti bergerak untuk membuka ruang, meminta bola.

Dan ketika melakukan pergerakan /moving, usahakan kita selalu kontak mata dengan rekan setim. Supaya pergerakan kita tidak mubazir. Karena kalau hanya sekedar bergerak, maka kita sendiri yang akan kelelahan sebelum bisa mencetak gol ataupn melakukan shootign kegawang lawan.

Sehingga Anda wajib belajar pergerakan, kuncinya Anda tidak boleh malas bergerak, harus rajin bergerak. Untuk dapat melakukan itu, kunci utamanya adalah fisik/stamina yang prima.

Dan jikapun tidak, maka jangan takut bergerak dan kelelahan. Karena kita mempunyai pemain cadangan sehingga kita bisa diganti dan beristirahat dahulu baru masuk lagi.

5. Menembak atau Shooting


Terakhir adalah teknik shooting atau menembak. Anda wajib bisa melakukan tembakan menggunakan kedua kaki Anda. Kedua kaki Anda harus bisa digunakan untuk menembak. Anda perlu melatih kedua kaki supaya bisa hidup. Dengan begitu akan memperbesar peluang Anda dapat melakukan tembakan ke gawang lawan.

Karena sehebat apapun Anda dalam permainan futsal, namun jika Anda atau tim Anda tidka bisa mencetak goal, itu hanya akan menjadi percuma. Karena tujuan utama kita bermain futsal adalah mencetak gol.

Dalam permainan futsal, tembaka yang paling susah ditebak dan paling efektif adalah tembakan menggunakan ujung kaki. Dan ini menghasilkan power yang kuat.

Nah 5 bentuk latihan futsal sendiri di atas dapat meningkatkan skill individu dan permaian futsal Anda.

Selanjutnya untuk bentuk latihan fisik futsal, bisa Anda simak di bawah ini.

Program Latihan Fisik Pemain Futsal


Latihan fisik futsal harus memenuhi beberapa komponen , seperti:


  • Latihan daya tahan.
  • Latihan kekuatan.
  • Latihan kecepatan.
  • Latihan kelenturan.

Dimana pembahasannya ada pada artikel "Program latihan fisik pemain futsal"

Nah itulah pembahasan mengenai cara latihan futsal sendiri di rumah ataupun di lapangan futsal. Silahkan lakukan dan buktinya manfaatnya. Jangan lupa share ke teman futsal lainnya ya :)

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Cara Latihan Futsal Sendiri Dengan Benar