Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Program latihan fitness gym bagi pemula perempuan | Zonapelatih.net - Sebagai seorang wanita tidak perlu takut atau merasa khawatir untuk memulai fitness di gym. Anda harus berani dan percaya diri menggunakan alat-alat fitness di tempat gym tersebut. Dalam berlatih fitness Anda bisa memulai dari intensitas rendah terlebih dahulu. Barulah secara bertahap Anda meningkatkan intensitas ke lebih berat, jika tubuh sudah mulai bisa beradaptasi.

Nah latihan awal fitness bagi perempuan mencakup latihan kardio yang berguna membakar kalori serta mengembangkan sistem kardiorespirasi. Selain itu ditambah dengan latihan kekuatan yang berguna membangun otot dan kepadatan tulang Anda.

7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita

Yang perlu Anda perhatikan sebelum fitness adalah Anda wajib melakukan peregangan statis guna meningkatkan dan mempertahankan fleksibilitas tubuh. Dan setelahnya wajib melakukan pendinginan.

Tips dan Bentuk Latihan Fitness di Gym Bagi Para Pemula Wanita


Berikut ini merupakan penjelasan mengenai latihan tahapan latihan fitness di gym bagi seorang pemula wanita yang bisa Anda lakukan.

1. Porsi latihan


7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita

Perempuan yang baru saja memulai laithan fitness, harus mampu membuat jadwal porsi latihan. Apakah dalam waktu satu minggu Anda bisa melakukan latihan kardio sebanyak tiga kali serta dua sesi latihan kekuatan? Jika bisa silahkan tentukan harinya.

Sebagai contoh, jadwalkan latihan kardioa pada hari senin, rabu dan jumat, sedangkan untuk latihan kekuatan Anda bisa melakukan pada hari selasa dan kamis.

Contoh jadwal latihan fitnes diatas dapat memberikan waktu bagi otot Anda untuk beristirahat serta memulihkan diri diantara sesi latihan yang ada.

2. Latihan kardiovaskuler


7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita

Ketika latihan kardio di tempat gym, Anda mempunyai banyak keuntungan. Dikarenakan mempunyai banyak pilihan untuk menggunakan berbagai macam alat latihan kardio yang cocok dan yang kamu sukai.

Kebanyakan wanita pemula memilih alat gym berupa treadmill, mesin elliptical, stair climbers, sepeda statis hingga rower.

Kelebihan dari alat / mesin kardio tersebut, memungkinkan kita untuk memulai latihan kardio dari intensitas rendah ke intensitas tinggi.

Dan bagi wanita yang sudah berusia diatas 40 tahun, akan lebih baik jika menggabungkan latihan yang melibatkan kaki seperti menggunakan mesin fitness seperti treadmill, mesin elliptical dan stair climbers. Karena dapat memadatkan tulang.

Berlatihlah dengan durasi awal 15 menit dan ditambah secara bertahap sesuai dengan perkembangan sistem kardiorespirasi Anda.

3. Latihan kekuatan


7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita

Meski pada perempuan kadar hormon pembentuk otot lebih rendah dari laki-laki, namun latihan kekuatan atau strength sessions akan sangat bermanfaat dan efektif dalam meningkatkan otot tanpa lemak.

Selain itu Anda juga akan memperoleh manfaat berupa proses metabolisme cepat, komposisi tubuh lebih sehat dan kepadatan tulang menjadi lebih kuat.

Anda bisa mulai melakukan latihan kekuatan dengan alat chest press, shoulder press, leg press, back rows, crunches dan leg extensions. Kerjaka dengan 8 kali hitungan setiap setnya serta 12 kali pengulangan setiap sesi latihannya.

4. Latihan fleksibilitas


7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita

Kemampuan fleksibilitas atau kelenturan seorang wanita perlu dilatih, supaya lebih mudah dalam mengurangi ketegangan otot dan mampu memperbaiki postur tubuh sehingga pada akhirnya dapat mengurangi resiko terseragn cedera atau keseleo.

Latihan peregangan bisa dilakukan pada awal akan latihan inti juga bisa dilakukan ketika melakukan pendinginan.

Namun lebih bagus melakukan peregangan otot itu ketika otot-otot dalam kondisi hangat. Sehingga setelah sesi inti latihan Anda bisa melakukan peregangan statis.

5. Latihan squat


7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita

Latihan squat sangat bagus untuk wanita yang ingin mempunyai otot kaki dan bokong yang bagus. Dan laithan squat ini juga mudah dilakukan bagi para perempuan pemula ketika memulai fitness di gym.

Latihan ini hanya dilakukan dengna cara jongkok ke belakang, kemudian kembali lagi ke posisi duduk. Kerjakan hal tadi sebanyak 3-5 set dengan masing-masing set terdiri dari 8-12 pengulangan.

6. Bench press


7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita

Latihan bench press ini cukup mudah dan baik diajarkan kepada wanita yang baru memulai latihan fitness di tempat gym.

Alat fitness yang diperlukan pun sangat mudah yaitu Anda cukup memerlukan dumbell atau barbell guna melakukan latihan bench press.

Latihan bench press ini berguna untuk melatih tubuh atas waninta. Fokus latihan ini adalah otot lengan dan dada, sehingga perempuan yang melakukan latihan ini akan mempunyai lengan dan dada yang kencang.

7. Deadlift


7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita

Latihan fitness gym untuk wanita pemula yaitu deadlift. Latihan jenis ini berguna untuk memperkuat otot di area core serta pinggang belakakng. Deadlift dapat membakar lebih banyak lemak di area sekitar perut.

Perlu diingat ketika akan melakukan latihan deadlift ini, Anda perlu mengenakan sabuk pada area perut. Karena proses latihan ini sangat banyak melibatkan otot-otot sekitar area perut. Dan karena latihan ini cukup berat, maka maksimal latihan dalam seminggu cukup dua kali saja.


Nah itulah beberapa tips serta bentuk latihan fitness di gym bagi wanita pemula. Namun jika Anda masih bingung bagaimana program latihan gym khusus pemula yang lebih detail, Anda bisa kunjungi "Program latihan fitness khusus wanita". Selamt mencoba dan rasakan hasilnya.

Related Posts

0 Komentar untuk 7 Bentuk Latihan Fitness di Gym untuk Pemula Wanita