Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Apa itu permainan squash?


Squash atau tenis dinding adalah sebuah olahraga raket baru yang berasal dari negera Inggris. Dimana permainan ini dimainkan oleh dua orang atau 4 orang di dalam ruangan yang saling berbalas pukulan bola skuas ke sisi ruangan yang menghadap ke pemain (rally game). Hal tersebut akan terus berlangsung hingga salah satu pemain gagal, tidak bisa mengembalikan bola hasil pukulan lawan. Atau karena pemain melakukan kesalahan dalam memukul bola, sehingga bola "out" atau memukul bola setelah bola memantul lebih dari dua kali. Dan yang kalah adalah pemain yang tidak bisa mengembalikan bola/memukul bola.

Menurut Forbes Indonesia, squash sport merupakan olahraga tersehat di dunia. Permainan squash menjadi olahraga aerobik paling sehat dan mengalahkan olahraga dayung, renang serta rock climbing. Mengapa demikian? Karena permainan suash ini akan hampir seperti permainan bulutangkis, dimana jika bola belum mati, maka pemain tidak bisa berhenti untuk beristirahat. Sehingga membutuhkan fisik yang kuat.

Lapangan atau Area Permainan Squash


Permainan squash di mainkan di lapangan berukuran 10 x 6 meter yang dibatasi dengan empat dinding setinggi kurang lebih 5-6 meter. Biasanya dinding terbuat dari kaca/bahan yang tembus pandang tetapi kuat. Sehingga orang dapat melihat para pemain squash bertanding. Dan pada dinding lapangan dipasangi board dengan jarak 14-25 mm dari permukaan dinding.

Adanya bunyi dikarenakan benturan antara bola squash dan board, sebagai tanda bahwa pukulan terlalu rendah. Terdapat garis merah yang menghubungkan titik-titik dengan ketinggian 4,57 meter pada dinding depan. Ada juga dinding neon di garis merah mendatar yang melintang dengan tinggi 2,47 meter di bawah garis keluar.

Peralatan Permainan Squash


Alat yang dibutuhkan untuk bermain squash sport yaitu raket squash dan bola khusus permainan squash.

Raket Squash


Penggunaan raket squash yang paling banyak dipakai adalah berbahan dasar aluminium, karbon serta titanium. Karena ketiga bahan tersebut memiliki kualitas yang baik.

Berat raket squash yang berbahan aluminium biasanya mempunyai berat 190 gram dengan luas kepala raket 470 cm.

Sedangkan raket yang berbahan karbon mempunyai berat 130 gram dengan luas kepala raket bisa mencapai 500 cm dan biasanya digunakan untuk pemain bertipe agresif (permainan-permainan agresif).

Dan untuk raket berbahan titanium mempunyai berat 140 gram dan luas kepala raket 550 cm. Raket berbahan titanium ini biasanya digunakan untuk permainan menyerang serta memiliki akurasi dan kontrol bola yang baik.

Bola Squash


Ada 4 jenis warna bola squash. Dimana setiap warna mempunyai karakter kecepatan yang berbeda-beda. Sehingga untuk pemain pemula squash dapat menyesuaikan bola yang dipakai untuk bermain squash.

  • Bola squash warna kuning, untuk kecepatan pantulannya lambat. jadi coock untuk para pemula.
  • Bola squash warna putih, maka kecepatan pantulannya agak lambat.
  • Bola squash warna merah, maka lebih cepat.
  • Bola squash warna biru untuk kecepatan pantulan sangat cepat. Dan ini cocok untuk pemain profesional.


Jumlah Pemain Squash


Dalam permainan squash tunggal, maka lapangan diisi dengan dua pemain.

Dan dalam permainan squash ganda, maka lapangan diisi dengan 4 pemain. Dimana seperti pertandingan ganda pada olahraga bulutangkis.

Cara Bermain Permainan Squash


Pada umumnya pemain hanya perlu memukul bola dan lawan mengembalikan boal tersebut. Dan jika lawan gagal mengembalikan bola hasil pukulan kita, maka kita yang menang (mendapat point)

Nah pada permainan tunggal (dua pemain), maka pemain tidak boleh memukul bola yang memantul di lantai lebih dari satu kali. Jika lebih maka lawan kalah.

Baca juga: Teknik dasar permainan squash yang benar

Cara Mendapatkan Point dalam Permainan Squash


Untuk mendapatkan point, maka Anda cukup memukul bola dengan pukulan yang sulit, supaya lawan tidak dapat mengembalikan hasil pukulan Anda.

Nah pada dinding tempat memantulkan bola tersebut dipasangi garis khusus untuk menjadi batas apakah bola masuk atau keluar. Dan garis inilah yang akan menjadi penentuk skor permainan.

Manfaat Bermaian Squash


Ternyata bermainan squash ini dapat membakar kalori hingga 517 kalori serta sangat baik untuk melatih pernapasan Anda. Dan ini merupakan salah satu olahraga aerobik yang sangat bagus.

Selain itu jika Anda bermain olahaga squash ini dengan teratur, maka bermanfaat untuk menguatkan otot tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki kelenturan tubuh, serta meningkatkan koordinasi gerak Anda. Dan pastinya akan meningkatkan konsentrasi serta mental Anda menjadi lebih baik.

Video Pertandingan Olahraga Squash Dunia



Nah itulah penjelasan mengenai olahraga permainan squash. Apakah Anda tertarik untuk memainkannya?

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Permainan Squash | Cara Bermain Olahraga Squash