Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Ukuran lapangan gateball | Zonapelatih.net - Lapangan gateball sangatlah simpel dan mudah dibuat. Kita hanya perlu mencari suatu lapangan atau ruang terbuka, kemudian membuat bentuk lapangan seperti gambah di bawah ini. Supaya Anda dapat bermain gateball dengan baik.
Ukuran Lapangan Gateball Beserta Penjelasannya
Ukuran dan bentuk lapangan gateball

Lapangan Gateball

Lapangan gate ball berbentuk persegi panjang, dengan panjang lapangan 20 - 25 meter dan lebarnya 15 - 20 meter.

Ukuran Lapangan Gateball

Kita sudah tahu bahwa bentuk lapangan gateball yaitu persegi panjang kan? Oleh karena itu ukuran panjang dan lebarnya berbeda.

Untuk ukuran panjang lapangan gateball berkisar antara 20 hingga 25 meter. Sedangkan ukuran lebar lapangan gateball adalah 15 hingga 20 meter.

Lapangan olahraga gatboll ini dikelilingi oleh sebuah garis dala (inside line) serta garis luar (outside line), dimana kedua garis tersebut mempunyai jarak 50-100 cm.

Lebar garis dalam seharusnya 5 cm, sedangkan lear garis luar bervariasi yang penting jelas terlihat. Dan yang lebih penting kedua garis warnanya harus kontras/berbeda dengan warna lapangan.

Nama Garis Lapangan Gateball

Nah inilah uniknya olahraga rekreasi gateball dimana setiap garisnya mempunyai nama atau penyebutan berbeda lho. Seperti:

  • Garis antara pojok (corner) pertama dan kedua disebut dengan garis pertama.
  • Garis antara pojok kedua dan ketiga disebut dengan garis kedua.
  • Garis antara pojok ketiga dan keempat disebut garis ketiga.
  • Garis antara pojok keempat dan pertama disebut garis keempat.
  • Sedangkan garis area start yang berbentuk persegi panjang, letaknya berada diantara sisi luar garis keempat dan sis luar garis luar dengan jarak 1 meter dan 3 meter dari pojok pertama ke arag keempat.


Perlengkapan Lapangan Gateball

Pada lapangan gateball juga harus terdapat 3 buah gawang serta 1 pin atau goal-pole.

Ukuran Gawang Gate ball

Ukuran dan bentuk gawang gate ball
Jumlah gawang yang dibutuhkan dalam setiap lapangan gateball berjummlah 3 buah gawang. Gawang gateball tingginya adalah 20 centimeter dan lebarnya 22 centimeter, diukur dari permukaan lapangan.

Cara dan Aturan Pemasangan Gawang Gateball

  • Gawang pertama dipasang pararel dengan garis start yang jaraknya adalah 4 meter dari garis 4 (dari sudut/corner 1 kearah sudut 2). Dan titik tengah gawang ke garis pertama berjarak 2 meter.
  • Untuk gawang kedua dipasang pararel dengan garis 1-3 dengan jarak 12 meter, jika dihitung dari garis 1 atau 3/5 kali panjang garis kedua. Dan jarak titik tengah gawangn dengan garis kedua juga sama 2 meter.
  • Sedangkan gawang ketiga dipasang sejajar dengan garis ketiga yang jaraknya adalah 1/2 panjang dari garis keempat dari sudut 4. Dan jarak titik tengah gawang dari garis 4 adalah 2 meter.


Goal Pole

ukuran goal pole gateball
Goal pole adalah berupa sebuah besi yang pemasanganya berada di tengah-tengah lapangan.

Ukuran goal pole yaitu tingginya 20 meter dari permukaan lapangan dan mempunyai diameter 2 centimeter. Goal pole juga merupakan sasaran terkahir , setelah bola para pemain melewati gawang ketiga.

Perlengkapan Pemain Gateball

Seorang pemain atau atlet gateball wajib mempunyai stick/ pemukul bola dan bola gate ball.

Ukuran Stick atau Tongkat Pemukul 

Ukuran stick gateball
Stick atau tongkat pemukul gateball berbentuk T, dimana terdiri dari 2 bagian (batang badan dan kepala). Untuk beratnya tidak ada patokan pasti.

Kepala stick terbuat dari kayu, besi ataupun sejenisnya dan berbentuk silindir dengna ukuran panjang kisaran 18-24 centimeter. Serta kedua permukaannya datar berdiameter 3,5-5 cm.

Panjang batang stick/tongkat pemukul dapat menyesuaikan kebutuhan atau kenyamanan pemain. Biasnaya dimulai dari panjangnya 50 cm.

Ukuran Bola Gateball

Ukuran Bola Gateball Beserta Penjelasannya

Bola gateball terbuat dari bahan Synthetick Residue. Bola gate ball mempunyai diameter 7,5 cm (toleransi 0,7 mm). Berat bola 230 gram (toleransi 10 gram) dan mempunyai permukaan yang rata dan licin.

Jumlah bola yang digunakan adalah 10 (sepuluh) yang terdiri dari 5 buah bola merah dengan nomor ganjil 1-3-5-7-9 dan angka ditulis dengan warna putih. Serta 5 buah bola putih dengan nomor genap 2-4-6-8-10 dan angkat ditulis dengan warna merah.

Alat Time Score Gateball

Ukuran Lapangan Gateball Beserta Penjelasannya
Time Score
Ada beberapa perlengkapan lainnya untuk mendukung permain gate ball yaitu Time Score. Time score ini bisa dimanfaatkan sebagai alat bantuk pemain ataupun kapten/manager tim untuk mengetahui hasil pertandingan serta siswa waktu pertandingan. Dan inilah alat pencatat dalam permainan gateball tersebut.

Nah itulah penjelasan mengenai ukuran lapangan gateball yang digunakan untuk pertandingan atau perlombaan gate ball. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke zona pelatih.

Related Posts

0 Komentar untuk Ukuran Lapangan Gateball Beserta Penjelasannya