Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Sejarah gateball internasional dan nasional | Zonapelatih.net - Banyak sekali jenis olahraga permainan yang bisa dinikmati di seluruh penjuru dunia. Namun tidak semua cabang olahraga bisa dimainkan oleh orang tua dan muda dalam pertandingan resmi. Tetapi olahraga gateball ini mampu dinikmati oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda dalam kompetisi resmi. Oleh karena sifatnya tersebut gate ball juga disebut sebagai olahraga tanpa batas (barrier-free sport).
Sejarah Gateball Secara Ringkas dan Singkat
Logo gateball

Sejarah Gateball


Permainan gate ball pertama kalo ditemukan pada tahun 1947 di kota kecil bernama Memuro, Hokkaido Japan. Dialah Eiji Suzuki pencipta olahraga gateball yang mulai populer ini.

Eiji Suzuki menciptakan permainan gateball ini dikarenakan ingin memberikan sesuatu yang sederhana kepada anak-anak miskin yang tidak mempunyai permainan, padahal ketika itu sedang terjadinya kekacauan perang dunia II.

Dengan memodifikasi sebuah permainan dari negera barat yang bernama "Croquet" (permainan bola kayu), Eiji Suzuki mampu menciptakan permainan rekreasi gateball. Dan pada saat itu olahraga gate ball mulai menyebar ke seluruh pelosok Jepang.

Hingga akhirnya olahraga gate ball ini dapat kita nikmati di seluruh dunia, berkat usaha serta promosi emigran Jepang, pemerintah, penggemar dan pabrikan olahraga.

Selain itu gate ball juga tersebar karena adanya pertukaran antar organisasi atau tour yang telah diorganisir oleh agen perjalanan guna memperkenalkan olah raga gateball ini ke luar negeri. Dan kita tahu kini gateball telah dimainkan lebih dari 30 negera dan lebih dari 10 juta orang. Dan kian hari semakin berrtambah yang memainkannya.

Hingga akhirnya gateball saat ini dapat disebut dengan sebutan olahraga beregu yang menggunakan palu yang mirip dengan permainan "Crocquet".

Dimana permainan gateball tidak ada kontak fisik antar pemain dan membutuhkan kemampuan akurasi serta perencanaan dan juga strategi yang bagus untuk memenangkan pertandingan/perlombaan gate ball.

Selain itu olahraga gateball juga bisa disebut dengan "highly dinamics strategic gane".

Gateball sendiri dapat dimainkan dari berbagai kalangan tanpa memandang batas usia maupun jnis kelamin.

Sejarah Gateball di Indonesia


Olahraga gateball pertama kali masuk ke Indonesia melalui Pulau Bali pada tahun 1994. Setelah itu menyebar secara perlahan ke berbagai kota di Indonesia mulai dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Yogayakarta-Banten-Sulawesi Tengah-Sulawesi Utara-Jambi-Jawa Barat- NTB-Sulawesi Selatan-Gorontalo-Sulawesi Tenggara-Kalimantan Timur dan jawa Tengah.

Sumber

1. http://pergatsi.or.id/page/sejarah-gateball
2. https://gateball.wordpress.com/history/

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Sejarah Gateball Secara Ringkas dan Singkat