Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Latihan Sepak Takraw untuk pemula | Zonapelatih.net - Sepak Takraw adalah suatu jenis olahraga kombinasi dari permainan bola voli dan juga sepakbola. Dimana sepak takraw dimainkan menggunakan bola yang terbuat dari anyaman rotan dan juga bola yang terbuat dari bahan fiber. Berbicara mengenai olahraga takraw, berarti kita juga akan berbicara mengenai program latihan sepak takraw. Dan pada kesempatan kali ini Admin zona pelatih akan membahas mengenai program latihan sepak takraw untuk pemula. 

Untuk itu kita akan memulai membahas mengenai teknik dasar sepak takraw. Karena untuk atlet takraw pemula wajib menguasai teknik dasar permainan takraw ini. Supaya dapat bermain sepak takraw dengan baik.
Panduan latihan sepak takraw

Untuk dapat menjadi atlet takraw profesional, Anda perlu mengetahui serta menguasi teknik dasar sepak takraw. Karena pada dasarnya semua jenis permainan maupun olahraga, dan jika Anda ingin menjadi pemain andalan di dalamnya, maka Anda harus mampu menguasi teknik dasarnya terlebih dahulu. Begitu juga dengan olahraga permainan takraw.

Untuk itu Anda harus bisa menguasai teknik dasar takraw.

Teknik Dasar Sepak Takraw

Ada 11 teknik dasar sepak takraw yang wajib dikuasi oleh atlet pemula takraw, jika ia ingin menjadi pemain takraw yang handal dan profesional.

11 Teknik Dasar Sepak Takraw

  1. Sepak Kura/Kuda
  2. Sepak Sila
  3. Sepak Mula/Servis
  4. Sepak Simpuh
  5. Sepak Cungkil
  6. Heading
  7. Blocking
  8. Menapak
  9. Mendada
  10. Memaha
  11. Membahu

Penjelasan Teknik Dasar Sepak Takraw Beserta Gambarnya


Sepak Kuda/Kura

Teknik sepak kuda atau kura adalah teknik dasar pada permainan takraw dimana punggung kaki merupakan bagian yang perlu Anda gunakan.

Manfaat dari teknik sepak kura/kuda ini yaitu untuk mengontrol atau mengambil bola posisi rendah dari serangan lawan. Selain itu sepak kuda bisa juga digunakan untuk melakukan serangan/smash secara salto.

Cara berlatih teknik kuda/kura
Berdiri dengan posisi seperti akan melakukan jegling pada permainan sepakbola. Tujuannya adalah bola takraw mengenai punggung kaki kita.

Selain itu Anda bisa berdiri berhadapan dengan teman, teman Anda membawa bola dan melempar boal ke arah Anda. Anda melakukan tendangan menggunakan teknik sepak kura/kuda.

Sepak Sila

Sepak sila adalah sebuah teknik dasar permainan olahraga takraw yang mempunyai tujuan guna menyepak bola takraw. Dimana teknik sepak sila ini lebih banyak digunakan, karena dengan mengunakan sepak sila, bola takraw lebih mudah untuk dikontrol dan hasil umpan menggunakan teknik sepak sila ini lebih akurat.

Teknik sepak sila ini menggunakan kaki bagian dalam untuk menyepak bola takraw. Seperti dalam permainan sepakbola/futsal juga menggunakan kaki bagian dalam. Namun yang membedakan pada teknik sepak sila takraw ini adalah gerakan kaki dari bawah ke atas. Dimana hasilnya bola takraw melambung ke atas.

Cara melatih gerakan sepak sila

  • Ambil posisi berdiri menggunakan satu kaki sementara kaki yang lain diangkat setinggi lutut lalu bengkokkan.
  • Ketika menendang bola, gerakan kaki adalah dari bawah ke atas dan kecepatan serta arahnya tergantung kebutuhan.
  • Pandangan harus tetap fokus pada bola takraw.
  • Lalu fokuskan pandangan pada arah sasaran.

Sepak Mula

Teknik servis atau sepak mula olahraga takraw
Teknik sepak mula ini juga biasa disebut dengan teknik servis. Dimana teknik ini juga wajib dikuasi oleh para pemula takraw. Dengan menguasai teknik sepak mula ini, maka para pemain akan dapat melaukan servis menyulitkan lawan, sehingga lawan tidak dapat mengembalikan bola ke kita. Alhasil kita dapat memperoleh poin. Jadi dari sini kita tahu, bahwa sepak mula merupakan hal penting yang wajib Anda kuasai dan hasilnya Anda dapat mendapatkan poin dalam  permainan takraw, hanya dengan melakukan sepak mula yang bagus.

Sepak Badek/Simpuh

Sepak badek atau simpuh
Sepak badek atau sepak simpuh adalah salah satu teknik dasar takraw yang perlu dikuasi. Dimana sepak simpuh ini digunakan untuk menyepak bola takraw menggunakan kaki bagian luar/ samping kaki.

Biasanya teknik sepak simpuh/badek ini digunakan ketika kondisi terdesak, karena jika tidak biasanya para pemain lebih memilih menggunakan sepak sila untuk mengontrol bola dari lawan.

Sepak Cungkil

Teknik sepak cungkil juga merupakan teknik dasar pada olahraga takraw, dan ini juga perlu dikuasi oleh para atlet pemula. Dimana sepak cungkil ini menggunakan jari-jari kaki (depan sepatu) guna mengambil bola yang jaraknya jauh.

Biasanya teknik ini digunakan ketika untuk mengambil bola liar hasil dari blocking serangan lawan. Sehingga Anda wajib menguasai teknik cungkil ini.

Heading

Teknik heading
Teknik dasar heading tidak hanya ada dalam permainan futsal/sepakbola. Pada teknik dasar takraw pun juga ada teknik heading.

Teknik heading ini biasa digunakan ketika bola terlalu tinggi dan kaki tidak dapat menjangkau bola, sehingga headinglah teknik yang tepat digunakan. Bisa untuk melakukan serangan maupun melakukan pertahan.

Blok atau Halangan

Blok atau halangan adalah upaya yang dilakukan oleh pemain takraw menggunakan seluruh anggota badan, kecuali tangan.

Tujuan melakukan blok adalah untuk membendung atau menghalangi serta menggagalkan serangan/smash dari lawan.

Halangan atau blocking dalam sepak takraw terdiri dari 3 macam, antara lain block dengan menggunakan paha dan kaki, blok dengan badan dan blok menggunakan kepala.

Menapak

Teknik menapak ini juga termasuk dalam teknik dasar sepak takraw. Teknik ini menggunakan telapak kaki (sol sepatu) untuk menahan dari smash yang dilakukan oleh lawan.

Gerakan dari teknik menapak ini mempunyai tujuan untuk memblokir smash dari lawan bertanding. Sehingga kita mampu menyelamatkan bola yang berada di dekat net.

Cara melakukan teknik menapak

  • Ambil posisi siap dan berdirilah dengan kedua kaki menumpu dengan jarak selebar bahu.
  • Kaki penyepak bisa diangkat tinggi-tinggi sambil posisi lutut sedikit membengkok dan telapak kaki dipukulkan ke arah bola. Pastikan juga untuk tak menyentuh net.
  • Gunakan telapak kaki untuk menyentuh bola pada bagian atasnya yang kemudian disepak ke arah lawan.
  • Pandangan mata harus tetap fokus pada bola sambil mencondongkan badan sedikit ke belakang.

Mendada

Teknik mendada
Teknik dasar takraw yang lain adalah teknik mendada. Dimana tujuannya adalah untuk mengontrol bola dari lawan maupun umpan dari kawan satu tim. Dimana pemain melakukan kontrol bola menggunakan dada, gerakannya seperti pada gerakan pemain bola itu.

Biasanya teknik mendada ini digunakan untuk menerima bola smash dari lawan, dimana bola datang dengan cepat.

Memaha

Teknik memaha
Teknik memaha adalah teknik mengendalikan ataupun mengontrol bola takraw menggunakan tubuh bagian paha. Teknik memaha ini biasa digunakan untuk menyelamatkan bola dari smash lawan.

Membahu

Teknik membahu ini digunakan hanya pada keadaan yang sangat mendesak. Dimana pemain harus mampu mengontrol bola menggunakan bahu, dari bola hasil serangan lawan secara tiba-tiba.

Setelah Anda mengetahui beberapa teknik dasar takraw diatas. maka selanjutnya Anda harus memulai latihan teknik dasar tersebut. Dan pastinya Anda membutuhkan panduan maupun jadwal latihan yang terprogram supaya mendapatkan hasil yang lebih baik.

Program dan Jadwal Latihan Sepak Takraw untuk Pemula

Sudah berulangkali saya tekankan, bahwa untuk memulai latihan olahraga harus dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Ini wajib ya! Setelah itu baru menyesuai dengan goal program latihan persesinya (hariannya).

Jadwal Latihan Sepak Takraw Untuk Pemula

Senin
Latihan sepak sila dan sepak kuda.

Rabu
Latihan sepak mula (servis) dan menerima bola

Jum'at
Latihan menahan bola dari lawan. Bisa latihan menahan bola dengan dada dan juga latihan menahan bola dengan paha.

Untuk lebih jelasnya bisa tonton video materi sepak takraw di bawah ini!


Nah itulah beberapa contoh program latihan sepak takraw untuk pemula yang wajib dikuasi dengan baik. Supaya dapat bermain sepak takraw lebih handal dan profesional.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Program Latihan Sepak Takraw Pemula