Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Contoh program latihan gateball terbaik | Zonapelatih.net - Sebentar lagi event #PORDA, akan segera dimulai. Hanya tinggal beberapa bulan lagi. Oleh karena itu semua cabang yang dipertandingan pada event Porda ini telah mulai latihan dengan lebih intensif. Begitu juga dengan cabang olahraga baru yaitu gateball.

Olahraga gateball ini masih baru, sehingga belum banyak contoh program latihannya. Sehingga pada kesempatan kali ini Admin zona pelatih akan memberikan contoh program latihan gateball tebaik. Dimana ada beberapa teknik dasar yang wajib Anda kuasai.

Dengan menguasai teknik dasar gateball seperti, memukul, parkir dan sparking maka Anda akan menjadi pemain gateball yang handal.

Selain itu Anda juga perlu latihan ketepatan agar akurasi lebih baik. Okey langsung saja kita bahas mengenai program latihan gateball terbaik.

Program Latihan Gateball

Supaya program latihan gateball ini berjalan lancar dan atlet mendapatkan hasil dari latihan ini, maka perlu melakukan latihan gateball secara rutin.

Contoh Program Latihan Gateball

Urutan latihan yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Memegang Stick Gateball

Anda harus mampu memegang stick gateball dengan nyaman. Sehingga Anda akan cukup nyaman melakukan gerakan memukul bola. Dengan begitu kepala stick pas mengenai bola. Dan hasilnya bola melaju dengan lurus dengan baik.

Memukul

Selanjutnya teknik memukul bola gateball juga wajib Anda kuasai. Dimana gerakan tangan lurus mengikuti stick dan arah ayunan dari samping kanan ke arah kiri lurus kesamping. Dengan begitu arah bola juga akan lurus. Jika garis gerakan ayunan stick tadi lurus dan perkenaan bola tepat ditengah kepala setick.

Parkir

Parkir disini saya artikan sebagai menempatkan bola ke tempat tertentu. Supaya lebih aman dari lawan. Biasanya bola diarahkan ke dekat garis luar lapangan gateball. Tujuannya supaya lawan yang mencoba mendekati atau mengenai bola kita, jika tidak kena maka bola lawan akan keluar lapangan dan lawan rugi.

Untuk dapat parkir dengan baik/sempurna, maka Anda perlu melatih dan hafal seberapa besar tenaga yang dibutuhkan untuk memukul bola agar sampai dtempat yagng diinginkan.

Sparking

Program Latihan Gateball Terbaik
Cara melakukan teknik sparking
Teknik sparking yaitu dengan menginjak bola sendiri dan bola lawan di letakkan di depan bola kita, untuk dipukul dan diarahkan keluar lapangan.

Tujuan melakukan sparking yaitu untuk mengirim bola teman setim ke posisi yang menguntungkan ketika melakukan pukulan berikutnya.

Ketepatan atau Akurasi

Selain jenis latihan di atas, pada program latihan gateball wajib juga diselipkan program latihan ketepatan.

Supaya akurasi pukulan pemain gateball menjadi lebih baik. Sehingga pemain dapat mengenai bola lawan maupun memasukkan bola ke gate dari jarak jauh. Dan disitulah keuntungan buat tim, jika memiliki pemain dengan pukulan serta akurasi yang baik.

Karena sejatinya, permainan gateball merupakan olahraga yang membutuhkan kemampuan akurasi/ketepan yang baik.

Jadwal Latihan Gateball yang Baik

Senin : Latihan pukulan dengan jarak kurang lebih 5-10 meter.

Rabu : Latihan pukulan dan juga latihan gatting (memasukkan bola ke gawang).

Sabtu : Latihan pukulan akurasi dan juga sparking.

Catatan

Setiap jadwal latihan juga diselipkan sesi game ya, biar pemain dapat mempraktekan (mengaplikasikan)teknik yang dipelajari dalam permainan gateball tersebut.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video di bawah ini


Nah itulah pembahasan mengenai program latihan gateball terbaik, yag bisa Anda jadikan acuan untuk berlatih secara individu maupun sebagai menu latihan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, khususnya untuk para pemain gateball.

Related Posts

0 Komentar untuk Program Latihan Gateball Terbaik