Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Perlengkapan pemain anggar | Zonapelatih.net - Anggar adalah ilmu beladiri yang cara bermainnya menggunakan pedang yang telah dimodifikasi sebagai alatnya. Seni dari olahraga anggar ini adalah kita akan dipertontonkannya beberapa kemampuan teknik anggar seperti memotong, menusuk serta menangkis senjata (pedang) lawan. Dimana semua itu akn tercipta lebih menarik, jika atlet anggar mempunyai ketrampilan serta kelincahan tangan yang bagus.

Dikarenakan anggar ini sudah masuk dalam olahraga beladiri yang dipertandingkan di Olimpiade, maka sudah tentu anggar memiliki pelengkapan khusus dan wajib dipakai untuk pertandingan maupun ketika latihan.

Perlengkapan Anggar


Oleh karena hal tersebut maka admin zona pelatih akan menjelaskan apa saja perlengkapan seorang atlet anggar.
Perlengkapan Atlet Anggar
Perlengkapan Pemain Anggar

Keterangan Gambar:

  1. Jaket / seragam anggar.
  2. Sarung tangan.
  3. Kabel badan.
  4. Epee.
  5. Celana anggar.
  6. Masker atau pelindung wajah.
  7. Plastron atau pelindung ketiak.

A. Seragam / Baju / Kostum Anggar

Baju anggar berwarna putih dan berlengan panjang. Bisa juga disebut dengan baju jaket anggar yang terbuat dari bahan yang kuat.

Namun untuk pemain Epee atau Poil, terbuat dari bahan metal.

B. Pedang Anggar

Seiringnya berjalan waktu pedang anggar kini telah dimodifikasi. Dimana hasilnya bisa kita lihat saat ini bahwa pedang anggar menjadi lebih ringan, raping dan tidak terlalu tajam. Pada bagian bawah dan atas dibuat sedemikian rupa disesuaikan dengan fungsinya yaitu untuk menyerang serta menangkis. Dan pada bagian ujung pedang pun tidak tajam, supaya tidak melukai lawan ketika tertusuk pedang anggar.

C. Masker (Penutup Muka / Helm Pelindung) 

Selain baju dan pedang anggar, satu lagi perlengkapan wajib seorang atlet anggar adalah pelindung kepala atau masker muka, ada juga yang menyebutnya dengan sebutan topeng anggar.

Dimana berguna untuk melindungi wajah dan kepala supaya tidak terluka ketika lawan mengarahkan tusukannya ke muka atau kepala Anda. Bentuk helm pelindung anggar hampir menyerupai penutup kepala olahraga baseball.

D. Sepatu Anggar

Dimana untuk sepatu anggar ini, bisa menggunkan beberapa jenis sepatu. Namun kebanyakan atlet anggar menggunakan sepatu futsal dalam pertandingan. Karena dirasa nyaman ketika digunakan.

E. Sarung Tangan

Atlet anggar juga wajib mempunyai sarung tangan, dimana fungsinya juga untuk melindungi dan mengurangi resiko cidera karena terkena sabetan pedang anggar.

F. Plastron

Plastron adalah pelindung ketiak yang digunakan oleh para atlet anggar.

G. Rompi Khusus Anggar

Biasanya ketika pertandingan kedua atlet anggar diberikan rompi khusus anggar. Dimana fungsinya dari rompi tersebut untuk melindungi tubuh dari tusukan serta sabetan pedang, juga rompi tersebut dihubungkan dengan sebbuah sensor guna menghitung nilai atas setiap tusukan maupun sabetan pedang yang mengenai tubuh lawan.

Nah itulah informasi mengenai perlengkapan anggar yang wajib dimiliki oleh para pemain anggar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya :)

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Perlengkapan Atlet Anggar