Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Semua nama cabang olahraga di Indonesia yang resmi di pertandingkan - Ada beberapa olahraga baru yang telah diakui oleh KONI. Sehingga cabang olahraga baru tersebut dapat masuk daftar dalam cabang olahraga (cabar) yang dapat dipertandingan pada tingkat kejuaraaan Pekan Olahraga Daerah (PORDA).
Macam-macam cabang olahraga di Indonesia

Namun apakah Anda sudah tahu beberapa nama cabang olahraga yang baru tersebut? Atau Anda sudah tahu ada berapa macam cabang olahraga di Indonesia? Nah jika Anda belum paham betul, berikur Admin zona pelatih akan memberikan daftar nama cabang olahraga di Indonesia beserta penjelasan singkatnya.

Macam-Macam Cabang Olahraga di Indonesia

Berikut ini adalah nama cabor di Indonesia yang telah diakui oleh KONI dan boleh dipertandingkan dalam kejuaraan atau perlombaan resmi.

  1. Aerosport/Aeromodeling
    Aeromodelling adalah suatu kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi dan olahraga. Kegiatan ini umumnya digemari oleh peminat ilmu pengetahuan dan teknologi secara perorangan ataupun yang tergabung dalam organisasi sosial kemasyarakatan, yang digunakan untuk menyebarluaskan minat kedirgantaraan di bidang aeromodelling seperti Pramuka melalui kegiatan SAKA (Satuan Karya) Dirgantara, Karang Taruna, UKM (Unit kegiatan Mahasiswa) di kampus-kampus serta perkumpulan-perkumpulan olahraga kedirgantaraan.
  2. Anggar
    Anggar adalah ilmu beladiri menggunakan senjata yang berkembang menjadi seni budaya olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan. Dalam artian lebih spesifik, anggar adalah satu satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah - sekolah Eropa pada masa lalu dalam melatih keahlian dalam menggunakan senjata tajam yang akhirnya menjadi salah satu olahraga resmi di Olimpiade.
  3. Angkat Besi/Angkat Berat/Binaraga
    Angkat besi atau angkat berat adalah cabang olahraga yang bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut dengan barbel, yang dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan, fleksibilitas, konsentrasi, kemampuan, disiplin (sangat penting), atletis, fitnes, teknik, mental dan kekuatan fisik. Kata "angkat besi" biasanya secara tidak resmi digunakan sebagai latihan beban.
  4. Aquatik Renang Lintasan / Polo Air
    AKUATIK adalah Aktivitas air (akuatik) merupakan sebuah aktivitas dengan menggunakan media air. ... Bentuk kegiatan dalam aktivitas air dapat berupa renang, polo air, selancar, menyelam, dayung, kano , dan beragam bentuk lainnya. Aktifitas yang lazim sering dilakukan adalah renang.
  5. Atletik
    Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, lompat, dan jalan. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).
  6. Balap Sepeda / MTB
  7. Basket
  8. Berkuda
  9. Biliar
  10. BMX
  11. Bridge
  12. Bulutangkis
  13. Canoeing
  14. Catur
  15. Dansa
  16. Dayung Rowing TBR/Perahu Naga
  17. Drumband
  18. Futsal
  19. Gateball
  20. Golf
  21. Gulat
  22. Hockey Indoor / Road Race / Field Hockey
  23. Judo
  24. Karate
  25. Kempo
  26. Menembak
  27. Panahan
  28. Panjat Tebing
  29. Pencak Silat
  30. Senam Artistik/Ritmik/Aerobik
  31. Sepak Takraw
  32. Sepakbola
  33. Sepatu Roda
  34. Taekwondo
  35. Tarung Drajat
  36. Tenis
  37. Tenis Meja/Pingpong
  38. Tinju
    Tinju adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde. Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.
  39. Voli
  40. Voli Indoor / Outdoor
  41. Woodball
  42. Yongmoodo


Nah itulah macam-macam cabang olahraga di Indonesia yang dapat Admin jelaskan. Jika ada update baru, akan ditambahkan pada artikel ini. Terimakasih telah mampir ke zonapelatih dan terimakasih telah men-share  artikel ini :)

Related Posts

0 Komentar untuk Macam Macam Cabang Olahraga di Indonesia Beserta Penjelasannya