Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara bermain anggar yang baik dan benar serta safety | Zonapelatih.net - Cara mudah bermain anggar wajib diketahui oleh para pemula. Selain harus menguasai 7 teknik dasar anggar. Para pemula atlet anggar juga harus paham dan mengetahui cara bermain anggar yang baik dan benar.

Cara yang baik dan benar dalam bermain permainan anggar akan membantu menunjang Anda dalam menguasi teknik dasar anggar itu sendiri. Seperti bagaimana cara memegang pedang yang benar, bagaimana cara melangkahkan kaki yang benar agar tidak kesrimpet kaki sendiri atau bagaimana supaya langkah kaki semakin lincah dalam bergerak atau juga bagaimana cara mempunyai kelincahan tangan yang cepat?. Nah hal-hal seperti itu perlu Anda kuasai terlebih dahulu, sebelum Anda berlatih teknik dasar anggar. Dan biasanya Admin menyebut hal tersebut dengna istilah "fundamental".

Sehingga kali ini Admin zona pelatih akan menjelaskan mengenai fundamental cara bermain anggar yang baik dan benar.

Cara Mudah Bermain Anggar yang Baik dan Benar


Supaya dapat bermain anggar yang baik dan benar serta menjadi atlet anggar profesional, maka Anda sebagai pemula dalam olahraga anggar, harus dapt menguasai fundamental anggar itu sendiri. Selanjutnya menguasi teknik dasar anggar. Dengan begitu Anda akan berada pada jalur yang benar untuk menjadi atlet anggar yang hebat. Untuk itu silahkan simak penjelasan fundamental cara mudah bermain anggar di bawah ini!

1. Belajar Bagaimana Menggunakan Pedang

Sebelum belajar bagaimana cara menggunakan pedang anggar, terlebih dahulu Anda hrus belajar bagaimana cara memegang pedang anggar yang benar dan nyaman untuk Anda sendiri.

Cara memegang pedang

Cara memegang pedang anggar yang benar

Supaya Anda dapat memegang pedang Anda dengan benar dan nyaman, Anda harus mempelajari serta mempraktekkannya sendiri. Karena tiap jenis pedang anggar, cara pegang pedangnya pun berbeda. Oleh karena itu Anda harus berlatih menggenggam lebih dahulu sebelum benar-benar menggunakan pedang anggar tersebut.

Agar lebih memudakan Anda belajar memegang pedang, alangkah baiknya dibantu dan diawasi oleh seorang instruktur, supaya meminimalisir kesalahan. Meski kebanyakan seorang atlet pemula anggar kesalahan pada umumnya hanya karna menggenggam pegangan pedang dengan sangat kencang (kuat). Sehingga membuat pergelangan tangan menjadi kaku. Secara otomatis pergerakan tangan menjadi kaku dan tid luwes. Padahal dalam permainan anggar, kita dituntut mempunyai kemampuan tangan yang lincah dan cepat.

Cara mengunakan pedang anggar

  • Hindari mengayunkan bilah pedang sembarangan, aplagi mengacungkan ujung peddang anggar kepada seseorang atau lawan latihan yang tidak menggunakan masker pelindung. Karena itu bisa berakibat fatal.
  • Saat Anda memegang pedang anggar, usahakan ujung pedang selalu mengarah ke bawah (lantai).
  • Ketika Anda bergerak dan harus membawa bilah pedang, peganglah ujung pedangnya bukan pada bagian kepala pedang (bagian pegangan pedanga).
  • Selalu periksa kondisi pedang, sebelum digunakan untuk berlatih maupun bertanding. Apakah penutup ujung bilah pedang masih erat terpasang.
  • Terakhir dan jika Anda ingin melepas masker pelindung (pelindung kepala), sebaiknya taruh terlebih dahulu bilah pedanga, barulah lepas masker pelindung Anda.


2. Menentukan Jenis Pedang

Selain berlatih cara memegang pegangan pedang, Anda juga harus dapat menentukan jensi pedang yang cocok untuk Anda.

Jenis pedang anggar antara lain jenis pedang Sabel, Degen atau Floret. Usahakan anda fokus dan menggunakan satu jenis pedang saja. Supaya lebih cepat menguasi pedang tersebut dan semakin cepat lihai menggunakannya.

Namun jika Anda ingin mempelajari ketiga jenis pedang anggar (sabel, degen dan floret), urutan mempelajari jenis pedang anggar yaitu jenis floret dulu baru degen dan terakhir sabel. Itu saran dari beberapa pelatih anggar.

3. Pelajari dan Berlatih Teknik Berpedang



Jika sudah dapat memegang pedang dengan baik, benar dan nyaman serta mantap. Kini Anda dapat mulai mempelajari teknik dasar berpedang anggar.

" Pemilihan senjata pedang yang tepat, akan berpengaruh terhadap proses latihan anggar kedepannya"

Untuk atlet pemula dapat memulai latihan teknik dasar anggar atau metode tusukan langsung terlebih dahulu serta parry sederhana. Keduanya merupakan teknik menyerang dan bertahan yang paling muda dan simpel. Selanjutnya mempelajari variasi teknik dasar atau teknik tambahan.

4. Mendalami Apa Itu Anggar?

Jika Anda benar-benar ingin menjadi atlet anggar, sangat penting juga mempelajari dan menghafal istilah-istilah dalam permainan anggar ini. Supaya Anda lebih cepat berkembang dan tidak bingung ketika pelatih Anda berbicara menggunakan kosa-kata/istilah dalam anggar.

Istilah-istilah anggar yang perlu diketahui untuk atlet pemula

  • Parry adalah gerakan bertahan.
  • Attack adalah gerakan menyerang.
  • Riposte adalah gerakan untuk menyerang balik sesudah parry.
  • Counter-riposte adalah gerakan untuk menyerang sesudah melakukan gerakan parry terhadap gerakan riposte.


Untuk itu silahkan baca buku Glosarium. Glosarium adalah hal penting yang perlu dibaca pada waktu luang, agar memperbanyak serta membiasakan diri dengan istilah-istilah lain. Karena ada beberapa orang/pelatih anggar menggunakan istiah asing dari bahasa Italia maupun Perancis.

5. Persiapakan Perlengkapan Anggar

Olahraga bela diri seperti anggar membutuhkan beberapa perlengkapan antara lain pakaian pelindung khusus serta jenis pedanng yang digunakan. Bahkan pakaian pelindungnya pun dibedakan menurut jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) dan atlet menggunakan tangan kiri atau tangan kanan, itu akan berbeda perlengkapannya.

6. Berlatih Variasi Gerakan

Ketika latihan usahakan jangan monoton hanya satu gerakan saja atau hanya itu itu saja. Anda perlu memperbanyak latihan gerakan (variasi gerakan) supaya mempunyai kemamuan gerak yang banyak dan cepat. Dengan begitu kemampuan Anda akan lebih muda berkembang dan meningkat. Meski terkadang Anda juga harus berlatih dengan model latihan drill untuk beberapa teknik dasar anggar yang penting.

7. Menjaga dan Meningkatkan Kondisi Kebugaran

Perlu digaris bawahi bahwa olahraga anggar adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan serta daya tahan fisik yang bagus. Oleh karena hal itu setiap atlet/pemain anggar wajib menjaga dan selalu meningkatkan kondisi kebugaran fisiknya agar selalu prima dan siap kapan saja untuk bertanding. Hal ini diperlukan untuk menjaga stamina serta kecepatan dalam bermain pedang tetap dalam kondisi bagus.

8. Perhatikan Sekeliling Anda

Jika Anda mulai bermain atau berlatih anggar, usahakan berada di tempat yang jauh dari keramaian atau lalu lalang orang. Karena untuk menjaga keselamatan orang lain dan juga supaya tidak mengganggu proses latihan.

9. Jangan Dulu Berlatih Serangan Gabungan!

Untuk atlet anggar pemula jangan berlatih dahulu teknik serangan gabungan. Karena jika belum fasih malah akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Karena teknik serangan gabungan itu rumit dan butuh waktu lama, sehingga tingkat kesalahan akan lebih mudah terjadi dibandingkan dengan teknik serangan sederhana.

Kesimpulan Cara Bermaian Anggar yang Baik

Belajar dan berlatih dimulai dari hal sederhana terlebih dahulu. Seperti mengenal apa itu anggar beserta istilah-istilah dalam anggar.

Jika sudah selanjutnya bisa berlatih mengenai teknik dasar anggar dan variasi teknik gerakannya.

Serta jangna lupa untuk melengkapi perlangkapan atlet anggar untuk menjaga keamanan ketika bermain anggar.

Nah itulah informasi atau tips cara bermain anggar yang baik dan benar untuk para atlet pemula anggar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya :)

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Mudah Bermain Anggar yang Baik dan Benar