Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...


Panduan olahraga Gym/Fitnes saat puasa | zonapelatih.net - Ketika memasuki bulan Ramadan, seluruh umat muslim di dunia wajib menjalankan ibadah puasa. Kurang lebih selama 14 jam tubuh tidak akan mendapatkan asupan apapun (makanan dan minuman), Sehingga tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi serta merasa lemas. Namun keadaan tersebut tidak akan menghalangi Anda, untuk tetap berlatih/beraktivitas seperti biasanya, yaitu latihan fitness/nge-gym.

Bagi Anda yang sedang menjalani program latihan pembentukan otot, puasa jangan dijadikan suatu alasan/halangan. Meski sedang berpuasa Anda harus tetap latihan serta mengatur pola makan menjadi lebih baik. Supaya kualitas otot tetap terjaga. Memang saat berpuasa biasanya rasa malas berlatih itu muncul serta godaaan untuk makan makanan lezat pun menghampiri. Pun deikian ketika waktu buka telah tiba, rasanya sulit kalau harus berbuka dengan yang biasa-biasa saja. Padahal kalau sembarangan, Anda sedang menjalani program latihan pembentukan otot.
Tips Fitness Ketika Puasa | Zonapelatih

Namun tenang saja, kali ini Admin zona pelatih akan memberikan sedikit tips yang adapat Anda gunakan sebagai refrensi guna menyukseskan latihan  membangun otot selama berpuasa.

Tips Tetap Latihan Fitness Ketika Berpuasa


Jangan berhenti latihan selama berpuasa

Dehidrasi serta perut kosong sering kali membuat kita menjadi malas berlatih nge-gym. Boro-boro berlatih, untuk melakukan aktivitas saja rasanya sangat berat dan malas sekali. Padahal jika Anda berhenti berolahraga dan berlatih, maka kualitas tubuh akan menjadi turun, begitu juga dengan otot-otot Anda. Oleh karena hal tersebut, maka disarankan untuk tetap melakukan olahraga serta latihan seperti biasanya.

Meskipun tujuan utama latihan beban ketika puasa bukanlah untuk pertumbuhan/pembentukan otot, namun lebih cenderung ke tetap memberikan stimulus bagi otot Anda. Selain itu tubuh akan tetap bugar serta berat badan pasti akan tetap terjaga selama puasa.

Sesuaikan intensitas latihan

JIka hari-hari biasanya Anda berlatih menggunakan beban yang berat, ketika bulan Ramadan sebaiknya Anda mengurangi beban latihan Anda. Karena dengan tubuh yang kurang asupan makanan dan minuman, otomatis latihan Anda kurang maksimal dan pastinya cadangan energi menjadi cepat habis. Oleh karena itu Anda harus bisa mengatur intensitas latihan. Caranya bisa menggunakan beban yang lebih ringan dari beban biasanya dengan menyesuaikan berat badan serta jumlah repetisinya.

Namun jika Anda ngotot ingin melakukan latihan menggunakan beban seperti biasanya, maka Anda harus mengurangi sedikit jumlah repetisinya. Begitu juga jika Anda ingin tetap menggunakan jumlah repetisi seperti bisanya, maka gunakan beban yang lebih ringan dari biasanya.

Atur waktu latihan fitness

Disini kita harus pintar mencari waktu yang tepat dalam berlatih ketika berpuasa. Semisal pada hari biasanya Anda sehari berlatih dua kali, maka ketika berpuasa sebaiknya berlatih sehari satu kali saja.

Dan kapan waktu yang tepat untuk latihan fitness ketika sedang berpuasa? Sebaiknya Anda melakukan latihan dengan melihat kondisi tubuuh Anda sendiri. Misalnya Anda merasa ketika pagi kondisi tubuh sangat bugar/tenaga cukup baik, maka sebaiknya melakukan latihan ketika pagi hari. Namun ada juga yang merasa tenaga nya cukup ketika sore hari, maka lakukan program latihan pada sore hari menjelang buka puasa.

Jangan lakukan latihan setelah buka puasa, karna biasanya kita akan menjadi malas untuk berolahraga karena perut sudah kenyang dan bawaannya ingin tidur saja.

Mengkonsumsi suplemen/vitamin

Selain mengatur wkatu latihan, Anda juga harus atur waktu kapan mengkonsumsi suplemen/vitamin. Yang pasti Anda harus paham mengenai timing mengkonsumsi suplemennya. Apakah ketika sahur ataukah setelah buka puasa. Dan usahakan mengkonsumsi suplemen protein dalam bentuk bubuk, agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

Dan salah satu suplemen yang bagus yaitu #suplemen #BCAA dan #glutamine. Karena kedua jenis suplemen ini terbuat dari katabolik massa otot selama berpuasa.

Lakukan latihan kardio secukupnya

Meskipun sedang berpuasa, Anda tetap boleh melakukan bentuka latihan kardio. Karena latihan kardioa sangat penting untuk membakar kalori serta menyehatkan jantung kita. Oleh karena itu silahkan lakukan latihan kardio dengan instensitas rendah, gunanya agar tetap meningkatkan daya tahan kardiovaskuler Anda. Sebagai contoh Anda bisa berjalan satai dipagi hari setelah subuhan.

Mengkonsumsi karbohidrat serta protein

Jangan lupa mengkonsumsi karbohidrat tinggi serta protein ketika sahur. Karena karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh selama sehari melakukan aktivitas dan juga termasuk olaharaga.

Pastikan cairan tubuh tercukupi

Selain latihan, nutrisi juga menjadi hal yang harus diperhatikan ketika melakukan program latihan fitnes. Karena cairan merupakan aspek penting untuk tubuh kita. Ketika tidak berpuasa kita dapat minum kapan saja guna memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, namun ketika sedang berpuasa hal tersebut tidak bisa. Oleh karena itu supaya tubuh tetap terpenuhi dan menjaga kebutuhan cairan, maka usahan Anda harus minum sehari 8 gelas atau 2 liter perhari.

Jangan makan berlebih pada malam hari

Kebanyakakn dari kita setelah waktu berbuka puasa, kita makan apa saja, hingga malam hari pun akan terus makan dan ngemil sembarangan. Seperti ngemil ogoreng-gorengan, makanan manis-manis dimana makanan tersebut mengandung jumlah kalori yang tinggi. Jika model makan Anda seperti itu, maka dalam sebulan berat badan Anda bisa-bisa mengalami kenaikan yang banyak.

Oleh karena itu aturlah makan Anda, terutama pada malam hari. Jangan asal makan agar tubuh tetap terjaga dan terkontrol seperti program latihan Anda.


Itulah penjelasan mengenai Tips Fitness Ketika Puasa. Semoga dengan adanya artikel ini bisa dijadika sebagai tambahan refrensi untuk kita semua dalam menjali segala bentuk aktivitas fitness ataupun olahraga tetap berjalan seperti biasanya, tanpa harus khawatir program latihan terganggu. Dan jangan takut jika otot akan menyusut atau kehilangan massa otot, jika Anda telah melakukan tips aman nge-gym saat puasa.

Related Posts

0 Komentar untuk Tips Fitness Ketika Puasa | Zonapelatih