Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Tes Treadmill atau Exercise Stress Test adalah alat pemeriksaan fisik jantung yang dapat memberikan informasi tentang keadaan jantung kita. Apakah jantung memiliki asupan darah serta oksigen dari sirkulasi ketika terjadi stress fisik. Selain itu test treadmill dilakukan guna memperoleh informasi penting lainnya apabila ada kelainan dari irama jantung serta tekanan darah. Perlu diperhatikan bahwa test treadmill tidak digunakan untuk pasien yang baru saja mengalami penyakir serangan jantung ataupun baru mengalami gejala/nyeri dada. Oleh karena itu ketika akan melakukan uji tes treadmill usahakan sesuai dengan anjuran/konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
Prosedur malakukan tes treadmill yang sesuai dengan arahan dokter spesialis jantung
Awal Bros
Pemeriksaan tes fisik jantung menggunakan tes treadmill dilakukan andai Anda ingin mengetahui apakah Anda mempunyai penyakit jantung koroner atau tidak. Jika Anda mencurigai/mengalami gejala penyakit jantung koroner dan tidak terditeksi ketika pemeriksaan EKG, dokter mungkin akan teteap menyarankan Anda untuk melakukan tes treadmill jantung. Namun jika pasien baru saja mengalami penyakit jantung, maka tes treadmill jangan dilakukan. Alasannya karena tes treadmill untuk pemeriksaan kondisi fisik jantung ini berat untuk dilakukan. Selain itu juga bagi pasien yang merasakan nyeri dada dan dicurigai karena penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), serta penyakit jantung lainnya seperti gagal jantung/aritama (gangguan irama detak jantung) juga tidak boleh melakukan tes treadmill.

Proses Tes Treadmill Jantung yang Baik

Pada pemeriksaaan tes treadmill jantung, pasien diminta untuk berjalan lambat di atas treadmil. Pada tubuh pasien akan dipasangi elektroda yang dihubungkan dengan alat EKG. Kemudian pasien diberi peningkatan kecepatan pada treadmill setiap 3 menit sekali. Selama proses tersebut akan dipantau dan diamati tekanan daah, denyut jantung da EKG nya. Selanjutnya treadmill akan diperlambat dan diturunkan secara bertahab dalam sepuluh menit sampai benar-benar berhenti.

Persiapan Melakukan Tes Treadmill Jantung

Pasien diharapkan berpuas selama 3 jam sebelum melakukan pemeriksaan fisik jantung. Untuk hal ini wajib seorang pasien berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung terlebih dahulu, sebelum melakukan tes treadmill. Pastikan Anda mendapatkan  izin dari dokter jantung, untuk dapat melakukan treadmill jantung.

Video Pasien Melakukan Tes Treadmill


Test Treadmill jantung merupakan bagian dari pusat layanan jantung dan pembuluh darah rumah sakit Awal Bros. Selain pemeriksaan fisik jantung treadmill, pada Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Awal Bros Anda juga dapat melakukan pemeriksaan elektrofisiologi jantung, pemeriksaan jantung EKG,  operasi jantung CABG,  pemasangan ring jantung, dan lainnya. 

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Tes Treadmill | Pemeriksaan Kesehatan Jantung