Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...


Cara latihan passing bawah dan passing atas pada permainan bola voli dengan mudah dan benar | zonapelatih.net - Permainan bola voli adalah salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh kedua tim maupun regu dimana masing-masing tim terdiri dari 6 orang anggota. Dan olahraga voley ball ini masuk dalam mata pelajaran PJOK. Dan materi untuk bola voli ini adalah teknik dasar bermain voli. 

Sehingga pada kesempatan kali ini Admin zona pelatih akan menjelaskan lebih detai tentang teknik dasar voli dimana lebih fokus ke teknik passing atas dan passing bawah. Meski teknik dasar  permainan bola voli, seperti servis, blocking dan smash juga akan dijelaskan sscara singkat.
Latihan Teknik Passing Bawah dan Passing Atas Bola Voli

Kenapa teknik dasar voli passing bawah dan passing atas yang lebih diprioritaskan? Karena kedua teknik inilah yang akan mampu mengontrol permainan. Bayangkan jika teknik dasar passing bawah dan atas saja Anda belum bisa, bagaimana Anda akan bermain bola voli? Bagaimana Anda akan bbisa memberikan servis kepada pemain depan Anda? Nah dari sini Anda sudah paham kan, kenapa Admin akan lebih detail dalam menjelaskan latihan teknik  dasar passing bawah dan passing atas!

Cara Melatih Passing Bawah dan Atas Bola Voli


Passing bawah dan passing atas voli dapat juga digunakan untuk menyerang lawan. Meski teknik ini masuk dalam katagori teknik dasar voli, namun teknik ini adalah teknik penting yang harus Anda kuasai dan latih. 

Kebanyak siswa atau atlet pemula akan mengeluh ketika berlatih teknik dasar voli ini (passing bawah dan passing atas), dikarenakan jika belum terbiasanya kadang akan mengalami rasa sakit pada pergelangan tangannya. Dan apalagi jika Anda belajar/berlatihnya sembarangan sudah pasti akan terasa sakit. Namun jika Anda ikuti cara latihan teknik dasar voli passing bawah dan atas di bawah ini, Anda tidak akan merasakan sakit yang berarti.

Karena metode latihan teknik dasar voli passing bawah dan atas ini dijelaskan secara detail dan juga diberikan langkah-langkahnya. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Teknik Cara Melakukan Latihan Passing Bawah Bola Voli

Latihan Teknik Passing Bawah dan Passing Atas Bola Voli


  1. Ambil posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu serta kedua lutut kaki sedikit ditekuk (direndahkan), sehingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki bagian depan.
  2. Rapatkan serta luruskan kedua lengan di depan badan sampai kedua ibu jari berdekatan (sejajar) atau kedua tangan dikaitkan.
  3. Fokuskan pandangan Anda kepada arah datangnya bola voli.
  4. Lalu lakukan gerakan mengayunkan kedua lengan secara bersama dari arah bawah ke atas hingga setinggi bahu Anda.
  5. Kemudian kedua lutut diluruskan saat bola menyentuh kedua pergelangan lengan yang sudah dirapatkan tadi.
  6. Ushakan bola mengenai tepat pada pergelangan tangan, supaya bola dapat dikontrol dengan baik.


3 Tahapan Melakukan Passing Bawah dalam Bola Voli


  • Fase sikap awal.
  • Sikap pelaksanaan.
  • Sikap akhiran.

Teknik Cara Melakukan Latihan Passing Atas Bola Voli


Latihan Teknik Passing Bawah dan Passing Atas Bola Voli
Teknik passing atas adalah cara mengoper ataupun menerima bola voli dengan menggunakan kedua tangan di atas kepala secara bersamaan. Dimana kedua jari-jari tangan membentuk seperti mangkok.

Cara Melakukan Pass Atas pada Bola Voli


  1. Ambil sikap berdiri menghadap arah datangnya bola.
  2. Kedua kaki dibuka selebar bahu dengan salah satu kaki berada di depan serta lutut sedikit ditekuk.
  3. Kedua tangan diangkat di atas dahi serta jari-jari tangan menghadap ke arah datangnya bola dengan membentuk cekungan (mangkok).
  4. Saat bola tepat berada di depan atas dahi, segera lakukan gerakan mendorong hingga sikut tangan lurus. Saat itu perkenaan bola tepat pada ruasjari pertama dan kedua. Dorongan lengan harus dibantu dengan lecutan pergelangan tangan supaya menghasilkan gerakan memantul dan bola bergerak dengan sempurna.
  5. Setelah bola didorong dengan bantuan lecutan pergelangan tangan tadi, segera pindahkan berat badan dengan melangkah kaki ke depan, dan kembali ke dalam sikap awal (siap).


Nah itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana cara melakukan latihan passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli. Semoga artikel yang sederhana ini bisa dijadikan rujukan untuk melatih dan ataupun mengajar. Dan jangan lupa share ya :)

Related Posts

0 Komentar untuk Latihan Teknik Passing Bawah dan Passing Atas Bola Voli