Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...


Latihan fitnes di rumah | Zonapelatih.net Aktivitas Fitnes adalah olahraga/olah tubuh yang paling effeketif untuk membentuk otot dan menurunkan berat badan. Pengertian fitnes sendiri adalah olahraga atau aktivtas untuk membakar lemak  dimana lebih difokuskan untuk membentuk tubuh dan otot yang diinginkan. Dan jika fitnes dilakukan secara rutin akan berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam latihan fitnes dibedakan menjadi dua jenis yaitu latihan kardio dan latihan beban. Latihan kardio kebanyakan orang mengartikannya sebagai latihan untuk menurunkan berat badan. Meski ini bisa dikatakan benar, karena salah satu manfaat latihan kardio adalah menurunkan berat badan. Namun sebenarnya pengertian fitnes untuk latihan kardio sendiri adalah untuk melatih jantung kita. Dan bentuk latihan kardio bisa juga dengan cara berenang, aerobik, jogging dan atau bersepeda. Dan pastinya latihan kardio pun dapat dilakukan dengan bantuan alat fitnes seperti treadmill, sepeda statis serta alat-alat fitnes lainnya.
Latihan Fitnes di Rumah Tanpa Alat | Zonapelatih

Jenis fitnes yang kedua adalah latihan beban. Pengertian fitness dari latihan beban adalah latihan fitnes yang menggunakan beban. Penggunaan beban ini dimaksudkan untuk membentuk/membuat otot tubuh menjadi terbentuk sesuai yang diinginkan, semisal otot semakin kencang atau semakin terlihat dan bertubuh atletis.

Ada 3 jenis latihan beban berdasarkan beban yang digunakan yaitu latihan dengan beban alat itu sendiri, beban bebas dan beban dari tubuh sendiri.

Latihan beban yang pertama adalah latihan beban dengan menggunakan alat/peralatan. Latihan beban jenis ini membutuhkan alat elektronik atau mekanik yang ditambah dengan pemberat. Dan biasanya mudah ditemukan dalam tempat gym/fitnes. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam melakukan latihan beban.

Latihan beban yang kedua yaitu latihan beban bebas. Latihan ini menggunakan beban seadanya atau bebannya bebas (tidak terikat dengan alat elektronik atau mekanik). Alat beban bebas ini bisa berupa dumbell maupun barbel. Pastikan berat dumbell dan barbel sesuai dengan kondisi tubuh ya, jangan terlalu berat.

Latihan beban yang ketiga yaitu latihan menggunakan beban tubuh sendiri. Bentuk latihan seperti ini tidak membutuhkan bantuan alat atau dumbell dan barbel. Karena jenis latihan ini hanya menggunakan berat badan diri sendiri. Biasanya jenis latihan beban ini berdasarkan otot yang akan dibentuk adalah otot punggung, otot dada dan otot perut. Meski otot bagian tubuh lainpun juga bisa dibentuk.

Latihan beban untuk membentuk otot dada pun dapat dilakukan menggunakan beban tubuh sendiri, sehingga dapat dilakukan dengan latihan fitnes di rumah tanpa alat.

Anda bisa melatih otot dada Anda dengan gerakan bench press atau latihan push up. Dan jika ingin membentuk otot punggung maka jenis gerakan latihannya adalah pull up, benc row, chin up dan dealift. Sedangkan untuk membentuk otot perut maka Anda bisa memilih latihan beban berupa crunch dan sit up.

Cara latihan fitnes di rumah

Nah setelah Anda memahami pengertian dari jenis-jenis latihan fitnes, maka saatnya anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan latihan fitnes di rumah. Namun sebelum itu Anda harus paham dahulu gerakan apa saja yang bisa Anda gunakan untuk model latihan fitnes di rumah.

Jenis Gerakan Gym/Fitness di Rumah

Tidak benar jika ingin melakukan fitnes kita harus selalu datang ke tempat gym. Jika ada yang berfikiran demikian karena mereka terbawa pikiran cara paling mudah harus menggunakan alat-alat gym yang ada di tempat fitnes center. Padahal ada beberapa gerakan fitnes/olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa menggunakan alat khusus (alat fitnes).

1. Gerakan Push up

Push up ini dapat Anda lakukan di mana saja. Gerakan push up sangat baik untuk membakar lemak dalam tubuh Anda, karena banyak sekali kelompok otot yang terlibat dalam gerakan push up ini.

2. Squat

Latihan Fitnes di Rumah Tanpa Alat | Zonapelatih
Untuk melakukan gerakan squat Anda hanya memerlukan lantai yang stabil. Agar proses melakukan geakan squat aman dan nyaman. Dan pastinya gerakan ini akan membentuk otot-otot kaki menjadi lebih kuat dan kencang.

3. Bench dip

Latihan Fitnes di Rumah Tanpa Alat | Zonapelatih
Geakan bench dip dapat dilakukan di mana saja, ketika Anda mempunyai sesuatu untuk menyangga badan Anda. Anda bisa menggunakan angku atau kursi untuk membantu gerakan Anda. Gerakan bench dip ini sangatlah bagus untuk membentuk otot dada dan otot  trisep.

4. Gerakan burpee

Latihan Fitnes di Rumah Tanpa Alat | Zonapelatih
Gerakan burpee ini melibatkan semua otot dalam tubuh Anda. Sehingg bagus untuk membakar kalori. Dan gerakan yang intens dapat membentuk otot lengan, dada dan kaki menjadi lebih kuat.

5. Gerakan lunge

Latihan Fitnes di Rumah Tanpa Alat | Zonapelatih
Melakukan gerakan lunge ini bisa Anda lakukan sambil mendengarkan musik maupun sambil menonton tv. Gerakan lunge ini melatih otot bagina belakang paha serta memperkuat otot-otot keseimbangan terutama bagian belakang pantat.

6. Box jump

Latihan Fitnes di Rumah Tanpa Alat | Zonapelatih
Gerakakn box jum adalah gerakan yang dapat membentuk otot kaki menjadi lebih kuat. Anda bisa melakukan dengan bantuan kursi di rumah Anda.

7. Plank

Latihan Fitnes di Rumah Tanpa Alat | Zonapelatih
Gerakan plank ini sangat simpel dan bisa di lakukan di rumah bahkan di dalam kamar Anda. Gerakan plank/flank ini baik unutk melatih keseimbangan tubuh inti.

Nah itulah beberapa jenis gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah, sehingga Anda akan merakan hasilnya sama seperti Anda melakukan fitnes di tempat gym. Dengan begitu Anda dapat melakukan latihan fitnes di rumah dengan jadwal sesuai keinginan Anda.

Related Posts

0 Komentar untuk Latihan Fitnes di Rumah Tanpa Alat | Zonapelatih