Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...


Jenis senam lantai yang asik kamu pelajari | Zonapelatih.net - Apakah Anda menyukai senam? Senam merupakan salah satu olahraga yang begitu menyenangkan. Senam adalah salah satu olahraga yang banyak disukai orang karena tidak membutuhkan banyak perlangkapan yang membuat kita pusing ribet sendiri. Dan kabarnya baiknya Anda dapat melakukan senam dimanapun berada.

Senam lantai adalah senam yang dilakukan di lantai/matras. Senam lantai telah diajarkan sejak kecil, jika Anda masih ingat sejak sekolah dasarpun olahraga senam lantai sudah diajarkan. Dan semakin tinggi Anda sekolah, maka gerakan senam lantai semakin komplet.
Jenis-Jenis Senam Lantai Beserta Penjelasannya | Zonapelatih

Gerakan senam lantai lebih menfokuskan pada dua faktor, yaitu faktor kekuatan dan faktor kelentukan. Namun bukan berarti komponen kebugaran jasmani lainnya diabaikan lho ya! Karena pada hakikatnya komponen kebugaran lainnya juga sudha masuk di dalam senam itu sendiri.

Oleh karena hal tersebut diatas, maka Admin zona pelatih akan membahas mengenai senam lantai secara lengkap, sehingga harapannya dapat bermanfaat buat kita semua dan pastinya bisa juga dijadikan rujukan untuk membuat makalah tentang senam lantai.

Jenis - Jenis Senam Lantai


A. Pengertian Senam

Senam adalah terjemahan dari kata gymnastic (Bahasa Inggris) yang bersal dari Bahasa Ynani Gymnos. Dengna kata lain, senam dapat diartikan sebagai suatu latihan jasmani yang dilakukan dengan sengaja, serta disusun secara sistematis dan dilakukan dengan sadar dan mempunyai suatu tujuan tertentu.

Senam ketangkasan biasa disebut dengan senam pertandingan ata sena, artistik, karena bentu-bentuk gerakannya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam pertandingan, baik mengenai sikap pada waktu akan melakukan, keindahan serta ketepan dan juga keseimbangan pada sika akhir.

Senam ketangkasan bisa dilakukan tanpa alat dan dengan menggunakan alat. Senam ketangkasan yang dilakukan tanpa alat disebut Senam Lantai (floor exercise), dan senam ketangkasan yang dilakukan menggunakan alat dinamakan senam alat.

B. Jenis-Jenis Senam Lantai

Salah satu jenis senam yang dapat digunakan untuk melatih kelentukan tubuh adalah senam lantai. Dan senam lantai ini telah Anda pelajari sejak di sekolah dasar. Dan pastinay Anda tidak akan asing dengan istilah-istilah senam lantai bukan? Namun apakah Anda paham semua dengan gerakan dalam senam lantai? Berikut akan dijelakan beberapa jenis/macam-macam gerakan senam lantai tanpa alat.

  1. Guling ke depan (forward roll)
  2. Guling ke belakang (backward roll)
  3. Guling lenting (roll kip)
  4. Meroda
  5. Lompat harimau (tiger sprong)
  6. Lompat jongkok
  7. Lompat kangkang
  8. Lompat ikan (snuck)
  9. Lenting tangan (hands stand overslag)
  10. Lenting tangan putar (round off)
  11. Lenting tangan ke belakang (flik flak)
  12. Keseimbangan lutut berguling (squat roll)
  13. Berdiri dengan kepala (kopstand)
  14. Kayang (brug)
  15. Sikap lilin
  16. Salto ke depan (Summer vault)
  17. Salto ke belakang (Back Summer vault )


Nahh, itulah beberapa jenis senam lantai yang dapat Anda pelajari. Jika Anda bisa melakukan semuanya, maka sudah pasti tubuhmu akan semakin terjaga kekuatan dan kelentukannya. Karena semua olahraga di atas bisa Anda kuasai melalui proses program latihan. Dan pastikan ketika latihan usahakan berlatih dibawah pengawasan pelatih yang sudah ahli, untuk meminimalisir kemungkinan cidera.

Related Posts

0 Komentar untuk Jenis-Jenis Senam Lantai Beserta Penjelasannya | Zonapelatih