Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Ciri-Ciri tulang retak dan keseleo | Zonapelatih.net - Banyak sekali orang pergi ke tukang urut/pijat urat, ketika mereka mengalami cedera pada kakinya. Entah cedera dikarenakan terjatuh, berbenturan atau cedera karena olahraga. Padahal bentuk cedera yang biasa dianggap hanya keseleo padahal itu patah tulang atau tulangnya retak. Akibatnya cedera malah bertambah parah.

Kaki keseleo dan patah tulang itu memang sama-sma terasa sakit serta ada bengkaknya. Tetapi bentuk dan cara penanganannya sangat berbeda, sehingga tidak boleh sembarangan dibawa ke tempat pijat.

Perlu diingat dan dipahami, bahwa Kaki yang patah tidak boleh diurut/dipijat. Jika Anda melakukannya, Anda justru akan memperparah kondisi cedera tersebut. Andai patah tulang terjadi, langkah yang benar adalah segera berobat ke dokter ahli tulang (ortopedia).

Lalu bagaimana cara membedakan kaki keseleo dengan patah tulang? Agar daapt melakukan pengobatan yang tepat.

Ciri-Ciri Kaki Keseleo dan Patah Tulang

Berikut akan Admin jelaskan mengenai ciri-ciri kaki keseleo dan patah tulang. Sehingga Anda akan mengentahu perbedaan mana yang cedera patah tulang dan mana cedera keseleo. Dengan begitu Anda akan lebih tepat dan benar dalam penanganan/pertolongan pertamanya.

Cara Membedakan Kaki Keseleo dan Patah Tulang

Ada beberapa tanda/ciri serta gejala yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan keduanya (keseleo atau patah tulang), yaitu:

Ciri-Ciri Kaki Keseleo

Ciri-ciri tulang patah, tulang retak atau keseleo pada anak akibat jatuh sehingga terjadi pembengkakan atau bergesernya tulang. Cara penyembuhan kaki keseleo dan patah tulang.
Tanda umum keseleo biasanya terjadi akibat adanya ligamen (pita yang mengikat antara dua tulang) mengalami kerobekan/sobek, dikarenakan terlalu tertarik atau tepelintir. Sehingga menimbulkan ras nyeri. Terpelintir atau robeknya ligamen disebabkan adanya tekanan dan paksaan pada persendian, sebagai contoh setelah melakukan aktivitas fisik yang berat, terjatuh atau tidak sengaja tepelintir/terpeleset pada kaki ketika berjalan/berlari atau bermain sepakbola.

Tanda-tanda kaki keseleo

  • Terasa nyeri.
  • Memar pada bagian yang terkilir.
  • Timbul pembengkakan.
  • Perubahan warna kulit di sekitar area yang keseleo.


Jika Anda mengalami dan merasakan ciri-ciri di atas, maka kaki Anda hanya keseleo.

Cara mengobati kaki keseleo

Cara paling efektif mengabati kaki keseleo adalah dengan mengistirahatkan kaki serta mengompres bagian kaki yang bengkak. Bisa juga dengan menum obat pereda nyeri, agar berkurang rasa nyerinya.

Tingkat keseleo ringan bisanya hanya membutuhkan beberapa hari saja sampai sembuh total. Dan jika semakin parah tingkat kondisi keseleonya, maka waktu yang dibutuhkan lebih lama untuk sembuh.

Ciri-Ciri Patah Tulang

Ciri-ciri tulang patah, tulang retak atau keseleo pada anak akibat jatuh sehingga terjadi pembengkakan atau bergesernya tulang. Cara penyembuhan kaki keseleo dan patah tulang.
Meski sama-sama menimbulkan rasa nyeri dan bengkak (seperti keseleo), tetapi patah tulang mempunyai gejala serta tanda yang jauh berbeda dengna kaki keseleo. Tanda serta gejala dari patah tulang yaitu:
  • Ketika jatuh, Anda akan merasa atau mendengar bunyi "krek".
  • Rasa nyerinya cukup parah, dan bila tersentuh sedikit  (lembut) saja terasa sakit.
  • Bengkak atau ada tonjolan pada bagian tulang yang patah.
  • Terasa baal (mati rasa) disekitar area tulang yang patah.
  • Memar.
  • Sakit ketika berjalan serta tidak mampu mengangkat beban atau menopang beban tubuh sendiri.


Cara penanganan cedera patah tulang

Jika Anda mengalami patah tulang Anda segera pergi ke dokter ahli (ortopedia). Sehingga penanganan cedera patah tulang akan sesuai dengan prosedur yang benar.
Jangan pernah diurut atau dipijat pada bagian tulang yang patah.

Akibat tulang yang patah yang diurut oleh tukang pijat

Jika benar mengalami patah tulang, dan Anda melakukan  pijatan pada area patah tulang, maka patahan akan semakin melebar dan menyebabkan komplikasi lebih parah yang berakibat fatal. Bahkan dapat berisiko kehilangan anggota gerak yang terkait, seperti sindrom kompartemen.

Oleh karena itu jika Anda atau kerabat Anda mengalmi cedera patah tulang segera bawa ke dokter, supaya mengetahui dengan pasti kondisinya serta apa yang terjadi.

Semoga artikel tentang Ciri-Ciri Tulang Retak dan Keseleo dapat memperdalam pengetahuan kita semua, terutama para pelatih agar lebih waspada dan dapat melakukan pertolongan pertama yang benar ketika atletnay mengalami cedera.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Ciri-Ciri Tulang Retak dan Keseleo Serta Pengobatannya