Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...


Cara mudah latihan lompat kangkang dan lompat jongkok yang aman | Zonapelatih.net - Olahraga adalah suatu aktivitas yang bagus untuk kebugaran tubuh kita. Jika Anda sangat jarang melakukan aktivitas olahraga, maka tubuh Anda akan semakin berkurang kebugarannya. Maka dari itu lakukan suatu kegiatan/aktivitas olahraga agar tingkat kebugaran tubuh kita menjadi lebih baik. Dan banyak sekali jenis olahraga yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan kembali kebugaran jasmani Anda dan keluarga. Salah satu jenis olahraga yang bisa Anda coba adalah senam lantai. Dari sekian banyak gerakan senam lantai, kali ini Admin zona pelatih akan membahasa mengenai pola latihan lommpat kangkang dan lompat jongkok yang baik dan benar serta aman dilakukan.

Cara Mudah Melakukan Lompat Kangkang dan Lompat Jongkok


Latihan Lompat Kangkang

Lompat Kangkang adalah suatu gerakan melompati suatu alat dengan cara bertumpu pada alat tersebut. Pada suatu kejuaraan senam, alat tersebut dinamakan kuda-kuda lompat/peti lompat.

Cara Melakukan Lompat Kangkang dan Lompat Jongkok

Dan inilah cara mudah berlatih gerakan lompat kangkang yang benar:

  • Ambil sikap berdiri tegak menghadap peti lompat atau menghadapt ke teman Anda yang sedang membungkukan badan.
  • Lakukan gerakan lompatan ke arah peti lompat atau teman yang bungkuk tadi dengan menggunakan kaki terkuat sebagai tolakan sampai kedua tangan menyentuh bagian atas peti lompat atau punggung teman Anda tersebut.
  • Ketika tangan menyentuh bagian atas peti lompat bukalah kedua kaki selebar mungkin kesamping. Hingga pada akhirnya badan Anda melewati peti lompat tadi.
  • Turunlah kembali keposisi awal ketika akan melompat.
  • Lakukan berulang hingga Anda semakin mahir melakukan lompat kangkang.


Latihan Lompat Jongkok

Lompat jongkok adalah gerakan melompat yang dilanjutkan dengan jongkok ketika berada di atas peti lompat dan diakhiri dengan jongkok dilantai.

Cara Melakukan Lompat Kangkang dan Lompat Jongkok

Cara berlatih gerakan lompat jongkok yaitu:

  • Ambil sikap berdiri menghadap peti lompat.
  • Lakukan lompatan ke arah peti lompat menggunakan kaki terkuat sebagai tolakan dan mendarat dengan kedua kaki di atas boks bersamaan kedua tangan lurus.
  • Turun kembali keposisi awal meompat.
  • Lakukan berulang-ulang hingga Anda mahir.


Catatan

Yang perlu diperhatikan ketika mendarat dalah harus menjaga keseimbangan badan. Badan dalam keadaan rileks dan tidak boleh kaku, sehingga lutut dapat menekuk. Usahakan mendarat pada jarak minimal 2 meter dari kuda-kuda atau peti lompat. Mendarat harus menggunakan kedua kaki bersamaan.

Dengan melakukan aktivitas olahraga dan latihan secara rutin, maka Anda akan lebih mudah dalam menguasi teknik lompat kangkang serta lompat jongkok dengan benar dan aman. Mulailah dari gerakan yang ringan/mudah, lalu lanjutkan ke gerakan yang lebih sulit. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menguasai teknik lompat kangkang dan lomapt jongkok.

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Melakukan Lompat Kangkang dan Lompat Jongkok