Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...


Menu latihan untuk melatih kecepatan tendangan taekwondo agar lebih maksimal - Beladiri taekwondo adalah salah satu jenis beladiri yang lebih mengandalkan kekuatan otot tubuh dalam mencipatakan tendangan yang lebih cepat serta kuat. Untuk menjatuhkan/mengalahkan lawan tandingnya. Untuk melatih keceaptan serta power tendangan, tentu saja seseorang harus mempunyai program latihan khusus sesuai dengan bidangnya. Dan pastinya seseorang harus berlatih beberapa teknik dasar taekwondo yang lebih fokus pada kekuatan otot kakinya.

Dalam artikel kali ini admin zona pelatih akan menjelaskan cara latihan untuk meningkatkan kecepatan tendangan taekwondo. Agar laju tendangan lebih maksimal dan lebih cepat.
Program Latihan Kecepatan Tendangan Taekwondo Full Power

Cara Melatih Speed Tendangan Taekwondo Supaya Maksimal


1. Melakukan Tendangan Pada Samsak

Program Latihan Kecepatan Tendangan Taekwondo Full Power
Kebanyakan dalam olaharga beladiri, atlet melatih kecepatan tendangan bisa menggunakan bantuan media samsak. Media samsak begitu efektif untuk berlatih kekuatan otot kaki, sehingga dapat meningkatkan kecepatan tendangan taekwondo Anda.

Cara melatihnya Anda dapat melakukan tendangan ke samsak berulang kali, sampai samsak itu sendiri bergerak menjauh dari Anda dengan cepat. Agar cepat berhasil Anda juga harus berlatih menguatkan otot kaki agar lebih kuat cepat dan tepat sasaran.

2. Lakukan Latihan Squat

latihan jenis squat (jongkok-berdiri-tendanga) adalah cara paling efektif guna mealtih kecepatan tendangan kaki pada olahraga beladiri taekwondo. Dimana gerakan squat yang dilakukan secara rutin dan teratur akan meningkatkan power otot kaki. Sehingg gerakan jongkok-berdiri-tendang sangat bagus untuk menghasilkan tendangan yang begitu cepat dan kuat.

Yang pasti ketika latihan squat ini janganlah berlebih, karena hal yang berlebihan sudah tentu tidak baik hasil akhirnya. Dalam latihan squat ini bisa juga digunakan untuk pemanasan.

3. Jogging

Latihann berikutnya untuk meningkatkan kecepatan tendangan taekwondo adalah dengan rutin melakukan jogging. Anda bisa jogging pada waktu pagi ataupun sore hari. Dengan jogging secara rutin maka kekuatan otot kaki semakin baik dan tentunya akan menunjang dan berpengaruh terhadap kecepatan tendangan taekwondo Anda.

4. Lari Kaki Diangkat Lebih Tinggi

Selain jogging, Anda bisa membuat variasi jogging guna melatih kecepatan tendangan taekwondo Anda. Dengan berlari dimana kaki diangkat hingga ketinggian dada ataupun lutut setinggi dada, mampu merangsang otot untuk bergerak lebih dari biasanya. Dengan gerakan seperti itu mampu menambah power pada bagian otot kaki, serta dapat mengurangi terjadinya cidera pada otot paha Anda. Dengan menjalankan latihan ini dengan rutin makan akan lebih cepat menghasilkan efek kecepaan tendangan taekwondo yang lebih powerfull.

Artikel rekomendasi: Seluk beluk taekwondo serta program latihan taekwondo untuk pemula

5. Latihan Teknik Side Kick

Teknik side kick atau menahan tendangan dalam taekwondo biasanya disebut dengan sebutan Yeop Changi. Dimana teknik ini dilatihkan untuk atlet taekwondo berguna meningkatkan kekuatan otot kaki supaya lebih kuat dan akurat. Dan pastinya gerakan Yeop Changi ini simpel, namun yang perlu diperhatikan adalah harus menjaga keseimbangan tubuh agar tidak jatuh.

6. Latihlah Teknik Tendangan Taekwondo Secara Rutin

Untuk mendapatkan kecepatan tendangan taekwondo yang maksimal, Anda harus selalu melatihanya secara konstinu dan teratur. Kalau tidak maka hasilnya hanya nol besar.

7. Latihlah Otot Kaki dengan Split

Program Latihan Kecepatan Tendangan Taekwondo Full Power
Dengan latihan split, maka otot-otot kaki akan menjadi lebih lentur. Dan pastinya otot yang lentur dan kuat akan menghasilkan kecepatan serta power yang maksimal.

8. Latihan Tendangan Taekwondo dengan Metode Drill

Latihan dengan metode drill juga diperlukan untuk melatih tendangan taekwondo. Dimana suapaya atlet taekwondo terbiasa dan mampu menghasilkan kecepatan serta kekuatan tendangan yang cukup mematikan.

9. Gunakanlah Beban Kaki

Program Latihan Kecepatan Tendangan Taekwondo Full Power
Ketika latihian tendangan taekwondo, gunakanlah pemberat pada kaki Anda. Dengan begitu Anda akan terbiasa melakukan latihan dengan beban yang lebih. Dan hasilnya ketika beban/pemberat pada kaki tersebut Anda lepas, maka kaki akan terasa ringan dan kecepatan tendanganpun meningkat dengan pesat.

10. Silahkan Kombinasikan Variasi Latihan Diatas

Dengan mengkombinasikan atau membuat variasi latihan yang baru maka akan mudah tercipta menu latihan yang lebih baru dan bisa lebih bagus dari yang sudah ada saat ini. Sehingga Anda akan lebih percaya diri dan pastinya akan lebih mudah dalam mengembangakan teknik melatih tendangan taekwondo.

Setelah Anda membaca dan memahami Program Latihan Kecepatan Tendangan Taekwondo Full Power di atas, hararpannya Anda sebagai pelatih maupun atlet dapat memperoleh dan meningatkan kecepatan tendangan taekwondo Anda.

Dan jika artikel cara meningkatkan kecepatan taekwondo ini bermanfaat, jangan lupa share ke grup maupun komunitas Anda ya :p

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Program Latihan Kecepatan Tendangan Taekwondo Full Power