Peralatan Atlet Lempar Lembing | Zona Pelatih

Artikel Unggulan

Kombinasi Latihan Otot yang Benar | Zona Pelatih

Zonapelatih.net - Bagi Anda yang ingin menjalankan program fitnes, lebih baik Anda belajar dan memahami kombinasi latihan otot yang benar ...

Peralatan Atlet Lempar Lembing | Zona Pelatih
Penulis WW

Peralatan Atlet Lempar Lembing | Zona Pelatih


Peralatan Atlet Lempar Lembing | Zona Pelatih - Olahraga lempar lembing merupakan olahraga yang dilakukan menggunakan sebuah alat yang bernama lembing. Dimana lembing terbuat dari kayu dengan ujung dari besi dan sosok. Namun dikarenakan ketika dibawa terlalu berat, maka lembing kemudian diganti menggunakan kayu ringan dari Swedia dan masa kini berubah lagi menjadi lembing modern yang terbuat dari logam serta serat kaca (fiber glass). Dan lembing jenis ini lebih kuat dan tahan lama.

Peralatan Lempar Lembing Untuk Atlet


Peralatan lembing yang dipergunakan dalam kejuaran atau perlombaan olahraga lempar lembing mempunyai beberapa ketentuan:

Bagian lembing terdiri dari 3 bagian yaitu,

Peralatan Atlet Lempar Lembing | Zona Pelatih

  1. Mata lembing.
  2. Badan lembing terbuat dari metal serta pada ujung depan terpasang sebuah mata lembing yang runcing.
  3. Tali pengangan berada di titik pusat gravitasi serta titik melebihi garis tengah badan tongkat lembing dari 8mm. Lilitan tali pegangan lembing harus sama tebal dan bergigi dan tidak boleh ada benjolan.


Ukuran panjang dan berat lembing untuk putra dan putri

Atlet lembing putra: Panjang lembing bekisar 2,6 - 2,7 meter dan beratnya bekisar 800 gram.
Atlet lembing putri: Panjang lembing sekitar 2,2 - 2,3 meter dan beratnya sekitar 600 gram.

Panjang lilitan pegangan lembing: 14-16 cm

Ukuran Lapangan Lempar Lembing

Peralatan Atlet Lempar Lembing | Zona Pelatih

Lapangan lempar lembir yaitu:
  1. Lembar : 4 meter.
  2. Panjang awalan : 30-37 meter.
  3. Besar sudut lemparan : 40 derajat.

Cara Membawa Lembing yang Benar dan Aman

Dalam membawa alat lempar lembing ada 3 cara ayng bisa Anda coba. Cara membawa lembing ini berfungsi sebelum atlet melakukan awalan lempar lembing.

  1. Lembing dibawa di atas bahu dengan mata lembing mengarah serong ke atas. Dan cara membawa lembing model seperti ini biasanya digunakan oleh atlet yang menggunakan awalan gaya jingkat atau gaya Amerika (American Hop).
  2. Lembing dibawa di depan bahu dengan mata lembing mengarah serong ke bawah. Dan cara membawa lembing seperti ini banayk digunakan oleh atlet lempar lembing yang menggunakan awalan langkah silang atau gaya Finlandia.
  3. Lembing dibawah ke bawah. Dimana lengan kanan yang memegang lembing lurus ke bawah sehingga mata lembing mengarah serong ke atas dan ekor lembing mendekati tanah. Cara membawa lembing seperti ini dapat memudahkan atlet/pelempar memperoleh posisi siap melakukan lemparan setelah melakukan awalan.


Nah itulah peralatan atlet lempar lembing yang harus Anda pahami. Semoga artikel yang sedikit ini dapat digunakan atau sebagai refrensi untuk mengajar dan melatih atlet Anda.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahraga dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Peralatan Atlet Lempar Lembing | Zona Pelatih"