Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar | Zonapelatih

Artikel Unggulan

Kombinasi Latihan Otot yang Benar | Zona Pelatih

Zonapelatih.net - Bagi Anda yang ingin menjalankan program fitnes, lebih baik Anda belajar dan memahami kombinasi latihan otot yang benar ...

Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar | Zonapelatih
Penulis WW

Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar | Zonapelatih


Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar - Olahraga lempar lembing adalah salah satu jenis olahraga permainan yang sering dilombakan dalam cabang olahraga atletik. Lempar lembing dilaksanakan di lapangan terbuka.

Ukuran lapangan lempar lembing berkisar antara 40 x 70 meter. Dan jika tidak ada tanah lapang yang tersedia, maka lapangan sepakbola bola biasanya yang dijadikan tempat untuk perlombaan lempar lembing.
Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar | Zonapelatih

Selain atlet membutuhkan perlengkapan lempar lembing, atlet dan pelatih juga wajib memperhatikan bagaimana cara memegang lembing serta cara melempar tongkat lembing tersebut. Karena akan berpengaruh terhadap hasil lemparan lembing. Oleh karena hal tersebut maka admin zona pelatih akan membahas mengenai cara-cara yang baik dan benar dalam memegang lembing.

3 Cara Memegang Lembing Yang Benar

Ada tiga cara dalam memegang lembing, seperti cara Amerika, Cara Filandia dan yang terakhir cara Tang. Dimana setiap cara mempunyai ciri khas masing-masing.

1. Cara Amerika

Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar | Zonapelatih
Cara pertama dalam memegang lembing yaitu menggunakan cara Amerika. Cara memegang lembing dengan cara Amerika adalah dengan menempatkan ibu jari dan jari telunjuk di ujung lilitan pegangan lembing, dimana ketiga jari lainnya membentuk lingkaran di sekitarannya. Lalu fokuskan letak kekuatan pegangan lembing pada ibu jari dan jari telunjuk. Sehingga gagang lembing tepat berada di tengah-tengah telapak tangan.

2. Cara Finlandia

Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar | Zonapelatih
Cara kedua dalam memegang lembing yaitu menggunakan cara Finlandia. Cara memegang lembing dengan cara Finlandia ini mempunyai ciri dimana ibu jari serta jari tengah berada di ujung lilitan pegangan lembing. Kedua jari tersebut dapat memberikan kekuatan kepada pegangan lembing.

Fungsi dari jari telunjuk pada cara Finlandia ini adalah untuk menunjang lembing. Caranya dengan meluruskan jari di bawah lembing dan jari kelingking serta jari manis tetap menempel di atas lilitan lembing.

3. Cara Tang

Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar | Zonapelatih
Cara kedua dalam memegang lembing yaitu menggunakan cara Tang/Menjepit. Cara memegang lembing dengan cara Tang ini sebenarnya sudah jarang dipergunakan. Dikarenakan kurang maksimal dalam memberikan kekuatan. Karena lembing hanya dipegang oleh dua jari saja, diantara jari telunjuk dan jari tengah.

Kelemahan Atlet Dalam Olahraga Lempar Lembing

Kelemahan atau kesalahan atlet yang sering dilakukan ketika melakukan lempar lembing adalah ketika memegang lembing nya salah. Tidak kuat, tidak nyaman dan tidak diikuti gerakan lanjutan.

Nah sekarang Anda sudah paham kan? Tentang tiga cara mudah dan benar dalam memegang lembing. Sehingga Anda akan semakin lihai dalam berlatih dan menjadi atlet lempar lembing yang handal. Dan pastinya artikel ini juga dapat dijadikan materi ajar untuk siswa siswi Anda di sekolah.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahraga dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Penjelasan Cara Memegang Lembing Yang Benar | Zonapelatih"