Program Latihan Jumping Smash Bola Voli | Zona Pelatih

Artikel Unggulan

Beberapa Program Diet Untuk Tubuh Ideal

Pola Makan - Pengertian diet adalah program pengaturan pola makan, baik porsi maupun jumlah kandungan gizi dari jenis makanan yang akan k...

Program Latihan Jumping Smash Bola Voli | Zona Pelatih
Penulis WW

Program Latihan Jumping Smash Bola Voli | Zona Pelatih


Program Latihan Jumping Smash Bola Voli | Zonapelatih.net - Adakah pertanyaan dari atlet bola voli tentang cara melakukan jumping smash yang keras dalam permainan bola voli? Atau terbesit pertanyaan bagaimana cara untuk melakukan latihan jumping/loncatan untuk melakukan smash keras dalam olahraga bola voli?

Bagi Anda/atlet voli pastilah sudah tidak asing lagi dengan teknik dasar bola voli. Dan tentunya pun juga tidak asing lagi dengan teknik cara melakukan jumping smash bola voli. Namun apakah Anda sebagai atlet bola voli sudah betul dan bagus dalam melakukan jumping smash voli?
Program Latihan Jumping Smash Bola Voli | Zona Pelatih

Karena bagi setiap pemain volley pastilah ingin menguasi teknik lanjutan jumping smash ini. Apalagi Anda yang berposisi sebagai smasher pastilah sangat ingin dapat menguasi teknik jumping smash ini dengan bagus dan menghasilkan pukulan yang keras.

Nah kali ini Admin zona pelatih akan memberikan tips cara melaksanakan program latihan khusus jumping smash. Dimana dalam artikel ini Anda dapat memperlajari cara latihan loncatan smash, timing smash dan pastinya dengan langkah-langkah yang mendetail. Sehingga diharapkan setelah membaca artikel tentang teknik bola voli ini Anda akan lebih mudah untuk berlatih dan menguasi teknik lncatan smash tersebut.

Program Latihan Jumping Smash Bola Voli Yang Bagus

Program Latihan Jumping Smash Bola Voli | Zona Pelatih

Agar Anda dapat menguasi teknik jumping smash atau lompatan untuk melakukan smash yang keras maka anda harus mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas jumping smash tersebut.

4 Faktor Melakukan Jumping Smash Dalam Permainan Bola Voli


1. Awalan

Ketika Anda akan melakukan teknik jumping smash, maka Anda harus perhatikan dengan betul langkah-langkah kaki Anda. Usahakan lakukan awalan langkah 2-3 langkah ke belakang (dari net).

2. Tolakan

Karna Anda akan melakukan jumping atau lompatan, maka lakukanlah dekat dengan net. Serta pastikan melakukan loncatan dengan baik dan benar dan lakukan dengan sekuat tenaga.

Oleh karena itu Anda diwajibkan memiliki kekuatan otot kaki yang bagus. Sehingga lakukan juga program latihan menguatkan otot kaki pemain. Agar lompatan smash Anda semakin tinggi dan bagus.

3. Timing Smash

Selain kedua hal diatas dan tidak kalah pentingnya, yaitu Anda harus bisa melakukan jumping smash dengan timing yang bagus. Karena jika Anda melakukan lompatan namun timing nya salah maka hasil smash nya tidak akan maksimal.

Oleh karena hal tersebut maka perhatikanlah tosser Anda ketika melakukan umpan. Usahakan bola tidak berada di atas kepala, namun harus berada di depan atas kita.

Dan ketika melakukan gerakan smash, maka tangan harus lurus ke atas agar dapat melakukan smash yang keras dan mematikan.

4. Pendaratan

Setelah Anda melakukan jumping smash/ lompatan smash, maka yang perlu Anda perhatikan yaitu pendaratan. Dimana setelah Anda memukul bola (smash) maka Anda harus melakukan pendaratan dengan cara kaki mengeper dan ini berguna untuk menghindari cedera.

Dan usahakan ketika mendarat, badan atau anggota tubuh kita jangan sampai mengenai net/jaring ya!

Okeh itulah beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kualitas jumping smash.

Nah lalu bagaimana cara latihan untuk meningkatkan jumping/lompatan ketika melakukan smash?
Setelah Anda paham mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan melakukan jumping smash, maka kini Anda harus melakukan latihan jumping/lompatan ketika akan melakukan smash. Dengan begitu Anda dapat meninggikan lompatan Anda.

Berikut ini adalah beberapa bentuk latihan untuk meningkatkan jumping/lompatan pemain bola voli. Latihan ini sekaligus dapat meningkatkan kekuatan otot kaki atlet pemain bola voli agar hasil lompatan lebih tinggi.

6 Bentuk Latihan Meningkatkan Jumping Dalam Melakukan Smash

Latihan untuk meningkatkan ketinggi lompatan ketika smash ini, dimulai dari awal (pemansan) hingga pendinginan. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin mencoba melakukan latihan bola voli secara mandiri. 

1. Warming Up atau Pemanasan

Pemanasan atau warming up wajib Anda lakukan ketika akan memulai aktivitas olahraga. Warming up ini tidak hanya untuk olahraga bola voli, namun untuk semua jenis olahraga atau aktvitas berat lainnya.

Cara melakukan pemanasan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pemanasan secara dinamis dan juga statis. Karena terdapat banyak manfaat ketika kita melakukan pemanasan dengan benar. Silahkan baca "manfaat melakukan pemanasan/warming up dengan benar".

2. Jogging / Lari Biasa

Lakukanlah jogging kurang lebih 20 menit agar badan lebih mudah adaptasi untuk melakukan ke latihan inti. Ini manfaatnya masih berkaitan dengan pemanasan tadi.

3. Lompatan

Anda harus melakukan latihan lompatan. Anda bisa memanfaatkan tangga untuk latihan lomaptan kaki. Atau juga bisa melakukan latihan lompatan menggunakan alat skipping. Dan usahakan lakukan latihan ini setiap hari, agar hasil lebih cepat terasa.

4. Latihan Gerakan Lari Kidang

Lakukan latihan gerakan berlari seperti kidang atau posisi engklek (melakukan gerakan engklek). Fungsi dari latihan engklek ini supaya Anda dapat melakukan lomaptan dengan satu kaki. Sehingga dapat digunakan untuk menipu lawan, karena tidak membutuhkan awalan untuk melompat.

5. Push Up, Set Up, Rengen (Pull Up)

Lakukan latihan gerakan push up, set up dan pull up setiap hari atau pada setiap sesi latihan. Dimana latihan ini berguna untuk menguatkan otot tangan serta otot tubuh bagian perut. Sehingga ketika Anda melakukan jumping smash akan dapat menghasilan pukulan yang keras tidak terbendung oleh lawan.

6. Gerakan Kombinasi

Agar lebih bagus dalam melakukan latihan jumping smash ini, maka lakukan kombinasi latihan. Dimana Anda melakukan latihan gerakan lari sprint (cepat) di tempat dan diteruskan ambil posisi push up.

Setelah melakukan push up 10 kali, langsung bangun dan lakukan gerakan jumping dengan posisi tangan lurus keatas.

Manfaat Memiliki Jumping Tinggi Dalam Permainan Bola Voli

1. Setengah badan Anda dapat berada di atas nek, sehingga Anda mempunyai peluang lebih dalam melakukan smash dan menghasilkan point untuk tim.

2. Anda akan lebih leluasa dalam menargetkan atau mengarahkan bola.

3. Anda akan lebih mudah melihat daerah lawan yang kosong.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai Program Latihan Jumping Smash Bola Voli | Zona Pelatih. Anda dapat membandingakan dengan program latihan yang biasa Anda lakukan di rumah. Mana yang lebih baik atau bagian mana yang lebih baik, itulah yang bisa Anda kembangkan. Yang pasti dengan melakukan latihan ini Anda dapat meninggikan lompatan Anda.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Program Latihan Jumping Smash Bola Voli | Zona Pelatih"