Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Perlengkapan Taekwondo Yang Wajib Dimiliki Atlet - Beladiri Taekwondo adalah salah satu olahraga beladiri yang sering dipertandingkan dalam gelaran olimpiade tingkah nasional maupun internasional. Seni bela diri ini berasal dari negeri Gingseng, dan telah menjelma menjadi olahraga beladiri yang banyak peminatnya. Dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Dalam seni bela diri taekwondo ini, teknik dasar taekwondo merupakan hasil dari gabungan antara teknik perkelahian, olahraga, hiburan serta filsafat. Namun olahraga bela diri taekwondo ini lebih menfokuskan pada tendangan gunu melumpuhkan/mengalahkan lawannya.
Perlengkapan Taekwondo Yang Wajib Dimiliki Atlet | Zonapelatih

Dan pastinya dalam semua cabang olahraga maupun beladiri pastilah membutuhkan perlengkapan/peralatan pendukung. Begitu juga dengan  olahraga/beladiri taekwondo seperti: #dobok #sabuk taekwondo #target kicking #head guard #BodyProtector #HandProtector dan masih ada beberapa lagi yang akan Admin jelaskan di bawah ini.

Perlengkapan dan Peralatan Taekwondo

Fungsi dari peralatan atau perlengkapan taekwondo adalah untuk melindungi diri dari serangan lawan secara langsung. Sehingga Anda wajib memiliki perlengkapan taaekwondo ini untuk menambah keamanan bagian tubuh Anda ketika berlatih ataupun bertarung dalam perlombaan taekwondo.

Berikut Nama-Nama Perlengkapan atau Peralatan Taekwondo

1. Dobok dan Sabuk Taekwondo

Perlengkapan Taekwondo Yang Wajib Dimiliki Atlet | Zonapelatih
Dobok adalah pakaian ataupun seragam taekwondo. Dalam bela diri taekwondo para atletnya diwajibkan mempunyai seragam atau pakaian khusus untuk mendukung porses latihan maupun pertandingan taekwondo.

Pakaian khusus taekwondo yaitu bernama #dobok dan bagi atlet pemula ditambah menggunakan sabuk putih.

Dobok mempunyai ciri khas berwarna putih serta dilengkapi dengan sabuk taekwondo. Dimana sabuk taekwondo tersebut mempunyai tingkatan masing-masing dimulai dari warna putih, kuning, hijau, biru, merah dan hitam.

Catatan tentang warna sabuk taekwondo mewakili tingkatan atlet itu sendiri.


2. Target Kicking

Perlengkapan Taekwondo Yang Wajib Dimiliki Atlet | Zonapelatih
Target #Kicking merupakan alat yang paling banyak dan umum digunakan dalam seni beladiri taekwondo. Peralatan ini dapat digunakan dalam untuk melatih ketepatan serta kecepatan tendangan latihan dalam taekwondo. Dengan kata lain target kicking ini berfungsi untuk menjadi sasaran tendangan.

Cara menggunakan target kicking yaitu dipasang di bagian tangan kanan atau tangan kiri pasangan latihan Anda. Sehingga dalam penggunaan teknik tendangan maupun teknik kombinasi dapat dilakukan dengan sasaran pada target box tersebut, sehingga tidak melukai maupun menciderai pasangan latihan Anda.

3. Head Guard atau Pelindung Kepala

Pada olahraga seni beladiri taekwondo ada beberapa bagian tubuh yang wajib dilindunngi, ketika bertanding maupun ketika sesi latihan. Tubuh yang harus dilindungi antara lain Eolgol (bagian atas kepala atau muka), Momtong (bagian tengan atau badan) dan Are (bagian bawah).

Nah para atlet harus menggunakan alat pelindung khusus untuk melindungi kepala yang biasa disebut dengan Head Guard. Head Guard sendiri berbentuk seperti helm dimana fungsinya utuk melindungi bagian kepala dari benturan, tendangan maupun pukulan dari lawan. Sehingga pilihlah pelindung kepala atau head guard yang kualitasnya bagus agar menjamin keamanan serta kenyamaan ketika Anda gunakan.

4. Body Protector Taekwondo

Perlengkapan Taekwondo Yang Wajib Dimiliki Atlet | Zonapelatih
Pelindung badan atau biasa disebut dengan Hugo. Huda taekwondo adalah sebuah body protector yang digunakan untuk melindungi bagian badan dari sasaran tendangan maupun pukulan lawan bertanding.

Hugo atau pelindung badan ini biasa digunakan ketika menjalakan latihan teknik kyorugi atau pertarungan satu lawan satu. Huga atau body protector taekwondo dikenakan dibagian depan badan, berguna unutk melindungi bagian tubuh yang vital seperti perut, dada atau tulang rusuk.

Zona baca: Latihan teknik dasar taekwondo yang wajib dikuasi

5. Pelindung Tangan atau Hand Protector Taekwondo

Hand Protector Taekwondo yaitu alat untuk melindungi tangan ketika berlatih serta dalam pertadingan taekwondo. Pelindung tangan taekwondo biasa disebut dengan Dekker tangan adalah alat wajib yang harus dipakai oleh para atlet taekwondo ketika latihan dan juga perlombaan.

Fungsi utama dari hand protector tersebut adalah untuk melindungi kedua tangan kanan dan kiri dari serangan lawan guna meminimalisir cidera parah. Selain itu juga bisa digunakan untuk menangkis serangan yang dilancarkan oleh lawan.

6. Shin Guard taekwondo atau Pelindung Kaki

Shin Guard taekwondo ini digunakan ketika proses latihan dan bertanding. Pelindung ini diguanakan pada kaki dan berfungsi sebagai pelindung kaki dari serangan  tendangan lawan. Dan shin guard ini wajib dipakai oleh atlet taekwondo.

7. Sarung Tangan atau Gloves

Gloves Taekwondo adalah alat pelindung tangan yang digunakan oleh para atlet taekwondo yang bergun untuk melindungi telapak tangan maupun jari-jari ketika memukul lawan dan juga digunakan untuk menangkis serangan lawan.

8. Nashima atau Pelindung Alat Vital

Perlengkapan Taekwondo Yang Wajib Dimiliki Atlet | Zonapelatih
Nashima atau pelindunga alat vital (kemaluan) wajib digunakan oleh seorang taekwondo dalam latihan maupun pertandingan. Nashima bermanfaat untuk melindungi bagian vital atau kamaluan Anda dari serangan tengan/pukulan lawan. Dan alat ini bisa digunakan untuk taekwondoin putra dan putri.

9. Gump Shield atau Pelindung Gigi

Gump Shield adalah alat pelindung gigi yang wajib digunakan oleh taewondoin. Gump Shield terbuat dari karet plastik yang bertujuan untuk melindungi gigi dari benturan yang ditimbulkan dari serangan atau pukulan lawan.

10. Pelindung Tulang Kering di Bagian Tangan dan Kaki

Taekwondoin juga harus menggunakan alat pelindung tukang kering serta tangan dan kaki untuk mengurangi efek benturan dari serangan lawan.

Nah itulah beberapa alat yang wajib Anda gunakan ketika melakukan latihan atau pertandingan taekwondo. Semua atlet harus menggunakakn Perlengkapan Taekwondo Yang Wajib Dimiliki Atlet, untuk melindungi dari cidera yang membahayakan. Semoga artikel yagn sedikit ini bermanfaat buat kita semua, khususnya untuk para atlet taekwondo.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Perlengkapan Taekwondo Yang Wajib Dimiliki Atlet | Zonapelatih