Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara Melakukan Sikap Lilin dalam mata pelajaran PJOK sangatlah mudah dengan catatan Anda harus latihan yang baik dan benar. Pengertian sikap lilin adalah suatu sikap gerakan yang dilakukan di atas matras dengan badan tegak lurus, keki lurus ke atas sedangkan kepala berada di bawah menempel pada alas/matras sehingga menyerupai lilin berdiri.

Supaya dapat melakukan sikap lilin yang baik Anda harus mempunyai kekuatan otot perut yang bagus. Selain itu kedua tangan juga berperan untuk menopang pinggang Anda. Dengan begitu ANda dapat melakukan gerakan senam lantai sikap lilin yang baik.

Agar dapat melakukan sikap lilin yang benar terlebih dahulu ambil posisi sikap badan tidur terlentang di matras/karpet, selanjutnya angkat secara perlahan kedua kaki Anda naik ke atas menggunakan kekuatan otot perut Anda, jika kesusuhan Anda bisa minta tolong kepada teman.

Jika Anda mendapatkan sebuah pertanyaan seperti " Mengapa bisa disebut sikap lilin?" Maka jawabannya adalah gerakan senam lantai yang satu ini sikap posisinya menyerupai lilin yang tegak berdiri. Oleh karena itu supaya bisa melakukan sikap lilin, Anda harus berlatih tkenik cara melakukan sikap lilin yang baik dan benar.

Lalu jelaskan dong, cara melakukan gerakan sikap lilin yang baik dan benar? Okey zona pelatih pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara melakukan latihan sikap lilin yang baik dan benar, agar hasilnya maksimal dan pastinya bagus serta mendapatkan nilai PJOK yang bagus. Silahkan simak di bawha ini!

Cara Melakukan Sikap Lilin yang Baik dan Benar


Untuk dapat melakukan sikap lilin Anda, mempunyai dua pilihan yaitu: 1. Melakukan sikap lilin sendiri atau 2. Melakukan gerakan sikap lilin dengan bantuan orang maupun alat.

Nah agar tidak bingung maka akan admin jelaskan semuanya saja ya :)

A. Cara melakukan sikap lilin dengan pemdamping (bantuan orang)

Dengan cara satu ini maka proses latihan gerakan sikap lilin Anda akan semakin aman dan benar. Karena ada yang mengoreksi kesalahan gerakan dan juga membantu Anda dalam hal gerakan yang berkaitan dengan sikap lilin.

Cara melakukan sikap lilin dengan bantuan seseorang/teman

Pengertian dan Cara Melakukan Sikap Lilin | Zonapelatih

  1. Pertama ambilah sikap berbaring terlentang di matras dengna kedua tangan berada di samping kanan kiri badan. Dan pandangan mata menghadap lurus ke atas.
  2. Selanjutnya rapatkan kedua kaki, agar lebih mudah diangkat keatas, dengan tetap mempertahankan keseimbangan badan.
  3. Angkatlah kedua kaki lurus keatas dengan kaki tetap masih dalam keadaan rapat. Pada fase ini Anda bisa minta tolong teman Anda tadi. Dan pandangna mata kini tetap melihat ke atas namun fokus melihat ibu jari kaki.
  4. Topanglah pinggang Anda menggunakan kedua tangan.
  5. Jadikan pundak serta kedua siku tangan hingga kepala sebagai tumpuan. Pertahankan sikap lilin ini hingga beberapa hitungan/menit.
  6. Untuk gerakan pendaratan Anda bisa menggunakan kaki secara bergantian dan perlahan, hingga ke posisi awal.

B. Cara melakukan sikap lilin sendiri

Untuk melakukan latihan sikap llin sendirian, Anda harus benar-benar matang dan yakin. Agar tidak ada keraguan ketika melakuakn gerakan sikap lilin ini. Sehingga akan banyak mengurangi cedera.

Cara pertama melakukan sikap lilin sendirian.

  1. Gerakan sikap lilin diawali dengan sikap jongkok.
  2. Ambilah sikap jongkok, dan selanjutnya letakkan kedua tngan di atas matras dan buatlah badan membentuk segita sama sisi.
  3. Kemudian posisikanlah dahi Anda diantara kedua tangan kanan dan kiri Anda. Usahakan posisi dahi tepat ditengah supaya keseimbangan menjadi lebih baik.
  4. Selanjutnya angkatlah kedua kaki serta pinggul ke atas secara perlahan. Terus angkat kaki hingga lurus diatas, hingga badan menjadi segaris vertikal dari ujung kaki hingga kepala.


Cara kedua melakukan sikap lilin sendirian dengan bantuan dinding

Untuk gerakan hampir sama seperti gerakan pertama sikap lilin sendirian. hanya saja posisi badan kita harus mendekati tembok/dinding. Sehingga badan kita bisa diletaka pada muka dinding. Alhasil badan kita tegak lurus dengan dinding.

Pengertian dan Cara Melakukan Sikap Lilin | Zonapelatih

Caranya yaitu:
  1. Ambilah sikap mula posisi jongkok di depan dinding dan tempatkan kedua telapak tangan serta ujung kepala Anda di matras.
  2. Ketika kepala dan kedua lengan sudah siap utnuk menjadi tumpuan, maka mulalilah pindahkakn berat badan ke titik tumpu secara perlahan.
  3. Angkatlah kedua kaki perlahan dan hati-hati.
  4. Secara perlahan juga luruskan kedua kaki hingga posisi kaki dan badan membentuk garis lurus/vertikal.
  5. Dan tahanlah beberapa kali hitungan, kemudian turunkan perlahan kedua kaki hingga ke posisi awal. Dan ulangi lagi gerakannya.


Hanya saja dengan metode ini, keseimbangan badan kita menjadi jelek, karena kita menjadi bertumpu pada dinding yang ada.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat video latihan senam lantai sikap lilin di bawah ini.


Setelah kita membahas bagaimana cara melakukan gerakan sikap lilin, maka saatnya Anda tahu manfaat sikap liliin untuk kesehatan badan. Untuk itulah silahkan simak ya!

Manfaat Melakukan Sikap Lilin Materi Senam Lantai


Manfaat sikap lilin bagi kesehatan tubuh adalah membantu memperlancara metabolisme tubuh mennjadi lebih lancar, sehingga pendistribusian serta penyerapan nutrisi di dalam badan menjadi lebih lancara dan efisien.

Menjaga kesehatan tubuh seseorang

Sudah tentu dengan badan yang sehat maka Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menguatkan susunan otot tubuh

Bayangkan ketika Anda melakukan gerakann sikap lilin, maka sistem otot akan merespon dan menjadi lebih kuat. Sebagai contoh otot-otot perut akan semakin kuat. Otot bahu, pinggul dan punggung juga akan semakin kuat.

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Karena sikap lilin selain membutuhkan kekuatan otot, gerakan sikap lilin juga membutuhkan keseimbangan yang bagus juga.

Meningkatkan koordinasi tubuh

Gerakan sikap lilin juga melatih koordinasi tubuh antara kaki, tubuh bagian tengah dan juga bagian atas menjadi lebih baik.

Meningkatkan fokus

Dengan berdiir kebalik, kaki diatas maka peredaran darah juga akan lebih lancar keseluruh tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari melakukan sikap lilin. Untuk mendapatkan semua manfaat dari sikap lilin, Anda perlu rajin melakukan nya setiap hari.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian dan cara melakukan sikap lilin dengan baik dan benar, agar mendapatkan nilai PJOK tinggi. Dan pastinya proses latihan ini aman untuk dipelajari dan dipraktekkan. Terimaksih dan jangan lupa share ya :)

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Pengertian dan Cara Melakukan Sikap Lilin | Zonapelatih