Materi Program Latihan Taekwondo | Zona Pelatih
Materi Program Latihan Taekwondo | Zona Pelatih
Penulis WW

Materi Program Latihan Taekwondo | Zona Pelatih

Contoh program latihan taekwondo - Taekwondo adalah salah satu olahraga beladiri modern yang berakar pada bela diri tradisional negera Korea. Kata " Tae Kwon Do" terdiri dari 3 kata yang berarti Tae (kaki) menghancurkan menggunakan teknik tendangan, Kwon (tangan) menghantam serta mempertahankan diri menggunakan teknnik tangan, dan Do (seni) yaitu cara mendisiplinkan diri. Dari pengertian taekwondo diatas maka dapat diartikan bahwa taekwondo adalah seni atau cara mendisiplinkan diri/seni bela diri menggunakan teknik kaki dan tangan kosong.
Materi Program Latihan Taekwondo | Zona Pelatih

Materi Program Latihan Taekwondo

Untuk dapat menguasai seni beladiri taekwondo, maka Anda harus mampu menguasi 3 materi penting dalam berlatih taekwondo yaitu Poomse, Kyukpa dan juga Kyorugi.

Poomse atau rangkai jurus adalah serangkaian teknik gerakan dasar untuk pertahanan diri, dilakukan guna melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram serangkaian gerakan poomse didasari dari filosofi timur yang menggambarkan semangat serta cara pandang bangsa Korea.

Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras aadalah suatu  teknik latihan menggunakan sasaran/obyek benda mati, yang berguna untuk mengukur kemampuan serta ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang sering dipakai yaitu papan, kayu bata, genting, botol dan lain-lain. Teknik ini dilakukan menggunakan teknik tendangan, teknik pukulan, teknik sabetan serta teknik tusukan jari tangan. Dan pastinya yang menggunakan teknik tusukan jari ini sudah benar-benar terlatih.

Kyorugi atau peetarungan adalah suatu latihan yang mengaplikasikan suatu teknik dasar atau poomse, dimana dua orang bertarung guna mempraktekkan teknik serangan dan juga teknik pertahanan diri.

Bentuk Latihan Dasar Taekwondo

Dasar-dasar gerakan taekwondo terbentuk dari beberapa teknik gerakan menyerang dan juga bertahan hanya dengan menggunakan bagian tubuh sendiri untuk menghadapi lawan.

5 Komponen Dasar Taekwondo


  1. Keup So atau bagian tubuh yang menjadi sasaran.
  2. Bagian badan yang digunakan untuk menyerang serta bertahan.
  3. Seogi atau sikap kuda-kuda.
  4. Makki atau teknik bertahan/tangkisan (menangkis).
  5. Kongkyok Kisul atau teknik serangan yang terdiri dari teknik Punching (pukulan/jierugi), teknik Striking (sabetan/chigi), teknik Thusting (tusukan/chierugi) serta teknik Kicking (tendangan/chagi).

Media serta Sumber Ajar Taekwondo

Agar proses latihan taekwondo berjalan sesuai dengan materi program latihan taekwondo hal yang harus dipersiapkan yaitu:

  1. Matras.
  2. Body protector.
  3. Pelindung kepala.
  4. Materi dasar Taekwondo.

Nah setelah Anda sedikit-sedikit mulai paham tentang bela diri taekwondo. Maka Anda akan makin paham tentang olahraga taekwondo setelah membaca lebih detai tentang materi latihan taekwondo di bawah ini.

Materi Latihan Taekwondo yang Benar

Agar dapat menguasi teknik taekwondo dengan baik, maka Anda perlu belajar dan berlatih gerakan dasar (basic) taekwondo itu sendiri. Dan zonapelatih akan menjelaskan nya di bawah ini.

Dasar/basik Gerakan Taekwondo

Suatu gerakann dasar atau basic dalam bela diri Taekwondo berupa sikap pasang kuda-kuda dan tangkisan.

Kuda-Kuda

Sikap kuda-kuda taekwondo yaitu bagaimana posisi kaki kita dalam menopang tubuh kita. Di dalam olahraga taekwondo kuda-kuda berupa Up Soogi (kuda-kuda pendek), Up Kubi (kuda-kuda panjang) serta kuda-kuda L.

Tangkisan

Teknik tangkisan taekwondo yaitu sebuah teknik tangkisan yang digunakan untuk memblok serangan lawan. Tangkisan bisa berupa tangkisan bawah (area), tengah (momtong) serta atas (eogol). Tangkisan menggunakan sebuah tangan yang terdiri dari tangan bagian dalam (Un Palmok0 serta tangan bagian luar (bakat palmok).

Jenis - jenis tangkisan taekwondo

Tangkisan Bawah meliputi:
Bakat Palmok Area Maki atau bisa disebut dengan tangkisan bawah menggunakan tangan bagian luar (bakat palmok). Dimana berfungsi untuk melindungi kaki depan maupun memblok serangan lawan menggunakan tangan.

Tangkisan Tengah meliputi:

  1. Bakat Palmok Momtong An Maki merupakan tangkisan dari dalam keluar menggunakan tangan bagian luar.
  2. Bakat Palmok Momtong Bakat Maki merupakan tangkisan dari luar ke dalam menggunakan tanan bagian luar.
  3. An Palmok Momotong An Maki merupakan tangkisan dari dalam menggunakan bangan bagian dalam.
  4. Bol jumok Momtong An Maki.

Tangkisan Atas (Bakat Palmok Eogol Maki) meliputi:

Tangkisan diatas kepala yang berfungsi untuk melindungi jidat dari pukulan ataupun tendangan menggunakan tangan bagian luar (Bakat Palmok).

Tendangan Taekwondo

Materi Program Latihan Taekwondo | Zona Pelatih
Latihan paling mendasar dalam taekwondo adalah lathan tendangan depan (up chagi) setelah itu tendangan samping (dolto chagi). Kedua jenis tendangan tersebut dikembangkan menjadi banyak variasinya. Namun yang dasar dari semua tendangan tetap tendangan depan dan tendangan samping.

Cara melakukan tendangan depan atau up chagi

Ambilah posisi up soogi. Setelah itu angkatlah kaki belakang setinggi rata-rata air serta lutut diketuk membentuk sudut 90 drajat kemudian lakukan ditendangkan, dilecutkan/snap yang akan memberikan efek kecepatan.

Setelah menendang usahakan kaki turun ke depan untuk pemula. AMbilah tendangan dari depan buak dari samping. Dan semakin tinggi sasaran tendangan maka angkatlah kaki semakin tinggi.

Cara melakukan tendangan samping atau dolyo chagi

Pada dasarnya tendangan dolyo chagi hampir mirip dengan tendangan up chagi. Hanya saja tendangan dalyo chagi ini dilakukan menyamping, maka diseut tendangan samping.

Dimana ketika kaki belakang sudah terangkat, maka putarlah tubuh 90 drajat, gunakan kaki satunya untuk menjadi tumpuan serta poros putaran. Dan jangan lupa gunakan snap untuk menimbulkan efek kecepatan. Anda bisa memanfaatkan diding unutk melakukan latihan arah tendangan yang baik.

NB. Latihan snap sangat bagus untuk meningkatkan kecepatan serta gerakan tendangan berikutnya. Maka usahakan selalu juga melatihan efek snap. Cara latihannya sangatlah sederahan Anda cukup dengan sering melipat-lipat lutut saja.

Macam - Macam Variasi Tendangan Taekwondo

Iddan.
Nairo.
Petakchagi.
Mal badak.
Tio.
Dwichagi.
Dolke hagi.
dwhuirigi.
nare chagi.

Nah untuk berlatih lebih lanjut tentang materi program latihan taekwondo Anda bisa tonton video di bawha ini.


Nah sekian dari admin zonapelatih tentang pembahasan materi program latihan taekwondo. Smeoga yang sedikit ini bermanfaat buat kita semua.

Sumber artikel
http://asci-club.com/v1/taekwondo/program-latihan/

Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Materi Program Latihan Taekwondo | Zona Pelatih"