Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video - Olahraga seni bela diri taekwondo pastinay sudah tidak terdengar asing lagi di masyarakat. Karena seni bela diri taekwondo ini sudah terkenal di warga Indonesia. Taekwondo adalah seni bela diri yang sudah dipertandingankan dalam Olimpiade.

Kata "Taekwondo' mempunyai beberapa makna. Tae memiliki makna menghancurkan menggunakan kaki. Kwon mempunyai makna tinju dan do mempunyai makna seni atau jalan.

Nah itulah pengertian singkat mengenai apa itu taekwondo. Untuk selebihnya ANda bisa mencari refensi di google ataupun buku yang mengulas tentang beladiri taekwondo.

3 Materi Latihan Dasar Teknik Taekwondo

Dalam seni beladiri taekwondo mempunya 3 jenis materi latihan teknik dasar taekwondo. Dan 3 tenik dasar ini sangat penting untuk dilatih dan harus dikuasai dengan benar. Apalagi untuk para atlet pemula taekwondo. 3 teknik taekwondo tersebut adalah sebagai berikut:

Kyukpa adalah teknik pemecahan benda keras dengan ditendang, disabet maupun dipukul.
Poomsae adalah teknik yang terdiri dari serangkaian jurus gerakan dasar pertahanan dan penyerangan dengan melawan lawan dalam bentuk imajiner.
Kyoruki adalah sebuah pertarungan untuk mengaplikasikan hasil latihan teknik dasar.

Bagi Anda yang ingin mengetahui mendalami materi taekwondo bisa baca dan silahkan klik pada "materi program latihan taekwondo yang benar"

5 Teknik Dasar Taekwondo Yang Harus Dikuasai Oleh Pemula
Bagi atlet pemula taekwondo harus mampu menguasi 5 teknik dasar taekwondo ini. Karena setelah Anda menguasi ke lima teknik dasar taekwondo, maka Anda akan lebih mudah melanjutkan serta mengembangkan teknik yang sudah ada.

5 Teknik Dasar Beladiri Taekwondo Dengan Gambar dan Video


  1. Teknik Kuda-Kuda Taekwondo
  2. Teknik Dasar Tendangan Taekwondo
  3. Teknik Dasar Pukulan Taekwondo
  4. Teknik Dasar Tangkisan atau Makki
  5. Teknik Dasar Sabetan dan Tusukan


Untuk penjelasan lebih detail dari tiap-tiap teknik dasar bsia Anda baca di bawah ini.

A. Teknik Dasar Kuda-kuda Taekwondo

Pada jenis olahraga taekwondo,  Anda tidak boleh lupa dan harus bisa melakukan 6 teknik kuda-kuda sebagai dasar untuk para pemula yang terjun ke bela diri taekwondo. Fungsi dari sikap kuda-kuda adalah untuk menjadi suatu pondasi ketika Anda melakukan penyerangan maupun pertahanan. Sikap kuda-kuda yang bagus akan menjadi kunci keseimbangan untuk Anda.

Sikap Kuda-kuda Ap Koobi

Sikap Kuda-kuda Ap Koobi zonapelatih
Ap koobi merupakan sikap kuda-kuda lengkah panjang dimana Anda perlu membuka kaki selebar bahu serta sedikit menurunkan kaki depan dan menahan berat badan.

Dengan telapak kaki, bentuklah posisi tegak lurus pada lutut sehingga Anda dapat meliihat ujung kaki dari kaki depan. 

Saya sarankan agar Anda benar-benar melatih teknik dasar kuda-kuda ini. Karena jika Anda mampu menguasi kuda-kuda ini dengan baik dan benar maka Anda akan lebih mudah menjaga keseimbangan badan ketika bermain atau bertarung melawan lawan sesungguhnya di area turnamen.

Kuda-Kuda Ap Seogi

Ap seogi yaitu sikap kuda-kuda dengan langkah kaki pendek dimana posisi kaki seperti melangkah biasa dan kedua jari kaki menghadap ke arah yang sama.

Kuda-Kuda Moa Seogi

Moa seogi yaitu sikap kuda-kuda dengan kedua kaki rapat serta tubuh tegak lurus menghadap ke depan lurus. Untuk kuda-kuda yang satu ini terlihat begitu mudah dilakukan jika dibandingkan dengan sikap kuda-kuda taekwondo yang lain. Padahal sebenarnya berdiri tegak lurus dengan kaki rapat itu cukup sulit untuk menjaga keseimbangan tubuh. Jika tidak percaya siahkan Anda coba sekarang juga.

Oleh karena hal tersebut selalu latihan sikap kuda-kuda moa seogi ini, karena moa seogi ini dapat menjadi tolak ukur seberapat bagus kuda-kuda yang bisa Anda lakukan. Karena jiak moa seogi ini bagus maka Anda akan lebih mudah melakukan kuda-kuda yang lain dengan kesimbangan badan stabil.

Kuda-Kuda Taekwondo Dwit Koobi

Dwit koobi adalah sikap kuda-kuda taekwondo dimana cara melakukannya dengan membuka kedua kaki, dimana kaki belakang ujung jari posisinya ke arah samping dan kaki depan ujung jari posisinya lurus ke depan.

Tumpuan berat badan berada pada kaki belakang dengan kaki sedikit ditekuk supaya lebih maksimal pada posisi dwit koobi.

Sikap Kuda-Kuda Joochoom Seogi

Joochoom seogi yaitu sikap kkuda-kuda dimana kedua kaki berada pada posisi sejajar dan dibuka mengarah kesamping dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Kedua kaki ditekuk sedikit hingga tulang kering dan lutut tegak lurus.

Dan berat badan berada pada kedua kaki, serta badan tegak lurus.

Sikap Kuda-Kuda Beom Seogi

Beom seogi yaitu sikap kuda-kuda taekwondo dengan posisi kaki depan agak jinjit. Kaki belakang sedikit ditekuk agar tumpuan berat badan berada pada kaki belakang. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar.

Teknik Tendangan Taekwondo

Pada seni beladiri taekwondo, teknik tendangan adalah salah satu gerakan utama dan wajib dikuasi oleh atlet pemula. Disini dijelaskan 8 jenis tendangan yang mematikan yaitu:

Dolke Chagi

5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video zonapelatih.net
Tendangan dolke chagi yaitu suatu gerakan tendangan yang dilakukan dengan memutar anggota tubuh ke belakang 360 derajat dan bisanya tendangan ini disibut sebagai tendangan tornado taekwondo.

Narae Chagi

Tendangan narae chagi adalah gerakan tendangan ganda yang dapat dilakukan ke arah samping dengan langsung sebelum kaki satunya turun ke matras.

Ap Chagi

5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video zonapelatih.net
Tendangan ap chagi yaitu suatu gerakan tandangan yang dilakukan ke arah depan dengan sasarannya adalah bagian kepala maupun perut. Gerakakn ap chagi ini dilkukan menggunakan ujung depan telapak kaki Anda.

Agar lebih sempurna dan maksimal dalam melakukan gerakan tendangan ap chagi ini, usahak Anda bisa melakukan split.

Tendangan Dwi Hurigi

5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video zonapelatih
Dwi hurigi adalah gerakan tendangan yang dilakukan dengan memutar kebelakang dimana gerakan kaki seakan menggait lawan. Sarannya adalah kepalda atau leher lawan.

Dwi Chagi

5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video zonapelatih.net
Tendangan dwi chagi ini adalah tendangan yang dilakukan ke arah belakang, dengan menekuk lutut dan dilanjutkan menyentakkan (melecutkan) kaki kearah belakang. Sasaran tendangan macam ini adalah kepala dan bagian perut.

Yeop Chagi

5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video zonapelatih.net
Tendangan yeop chagi adalah suatu gerakan arah menyamping kanan maupun kiri menggunakan bagian pisau kaki. Dimana badan posisinnya menghadap ke samping.

Dollyo Chagi

5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video zonapelatih.net
Suatu gerakn tendangan yang dilakukan ke arah samping dengan memutar pinggang. Sasaran dari tendangan dollyo chagi adalah kepala dan atau bagian perut.

Neryo Chagi

5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video zonapelatih.net
Tendangan neryo chagi adalah tendangan dengan mencakul ke depan menggunakan tumit. Sasarannya adalah dagu, kepala. Agar lebih maksimal dalam melakuka tendangan neryo chagi anda harus bisa split dengan leluasa.

Setelah Anda memahami gerakan macam-macam teknik tendangan pada olahraga beladiri taekwondo, maka selanjutnya Anda harus melatih pukulan taekwondo. Dimana penjelasannya ada di bawah ini.

Untuk arikel lanjutannya tunggu besok ya, karna ini ada pekerjaan lainnya. Ditunggu ya kelanjutan artikel tentang 5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video. 

Related Posts

0 Komentar untuk 5 Jenis Teknik Dasar Taekwondo Beserta Gambar dan Video