Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Variasi program latihan - Variasi latihan adalah suatu metode atau model latihan dan meteri/isi latihannya yang selalu berubah (tidak sama/tidak monoton) pada setiap sesi latihan.

Variasi latihan digunakan dan tetap dalam satu tujuan yang sama guna mengembangkan teknik serta skill individu maupun secara tim.

Tujuan Menggunakan Variasi Latihan

Variasi program latihan ini bertujuan agar siswa/para atlet tidak mudah jenuh atau bosan ketika melakukan latihan. Dan bisa jadi pemain/atlet malah lebih tertarik pada menu program latihan yang kita buat lebih bervariasi meski tujuan (goal) latihan adalah sama.

Karena variasi program latihan merupakan sebuah bentuk perubahan menu latihan yang dilakukan dalam proses kegiatan melatih yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi latihan/berolahraga dan antusias atlet/pemain maupun siswa, dikarenakan menu setiap sesinya berbeda-beda meski tujuan latihannya sama.
Variasi Program Latihan ZonaPelatih

Manfaat Menggunakan Menu Latihan yang Bervariasi


Manfaat kita menggunakan variasi latihan yaitu:

A. Manfaat variasi latihan olahraga untuk Atlet/Pemain

  1. Pemain tidak mudah jenuh atau bosan mengikuti sesi latihan.
  2. Pemain akan semakin tertarik dengan menu latihan yang kita buat.
  3. Semakin tertantang dan bersemangat menjalani proses latihan.
  4. Dapat meningkatkan fokus dan perhatian pemain/atlet/siswa dalam mengikuti materi yang disampaikan oleh pelatih.
  5. Variasi program latihan dapat menurunkan kebosanan dan mampu merangsang adaptif fisiologi atel maupun pemain.


Manfaat Variasi Latihan Untuk Pelatih

  1. Pelatih akan lebih kaya akan refrensi program latihan.
  2. Pelatih akan mempunyai stok menu latihan yang berbeda-beda.
  3. Pelatih akan semakin berkembang ilmunya dan pastinya akan selalu terupdate ilmu dan metode program latihannya.
  4. Pelatih akan disenangi dan dirindukan oleh para pemain/atlet maupun sisnya.


Contoh Variasi Latihan Passing dalam Sepakbola


Nah biar lebih mudah paham mengenai apa itu dan manfaat menggunakan variasi latihan, maka zonapelatih akan sedikit memberikan contoh variasi latihan passing dalam olahraga sepakbola.

Latihan passing, biasanya pelatihan hanya memberikan latihan passing dengan posisi pemain saling berhadapan. Dan jika terus-terus seperti ini maka atlet/pemain kita akan bosan dan jenuh dengan menu latihan yang sama terus.

Oleh karena hal tersebut maka, kita harus merubah model latihan kita. Meski tujuannya adalah sama, yaitu tetap melatihkan teknik dasar passing.

Kita bisa merubah jaraknya dari pendek ke  semakin jauh ataupun sebaliknya.

Variasi Program Latihan ZonaPelatih
Bisa juga dengan saling menyilang. Atau juga bisa dengan menempatkan sebuah target, agar pemain mengenai target tersebut dengan menggunakan teknik dasar passing.

Variasi Program Latihan ZonaPelatih
Bisa juga membuat lingkaran dan melakan passing secara bergantian. Atau bisa juga melakukan arah passingnya harus zig-zag.Dan juga melakukan latihan passing untuk memberikan umpan terobosan.

Variasi Program Latihan ZonaPelatih
Itu hanyalah beberapa contoh saya mengenai variasi latihan yang bisa Anda coba. Dan saya yakin Anda sebagai pelatih akan lebih baik dan banyak model variasi latihannya.

Nich ada video bagus untuk makin menambah pemahaman kita dalam membuat variasi latihan passing permainan sepakbola.


Nah itulah yang bisa kita pelajari mengenai variasi latihan ataupun variasi program melatih. Nah bagi para coach silahkan berikan masukannya pada kolom komentar agar artikel ini lebih bermanfaat kedepannya. Jangan lupa share ya!

Related Posts

0 Komentar untuk Variasi Program Latihan ZonaPelatih