Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Variasi latihan keseimbangan untuk anak zonapelatih.net - Seorang bayi atau anak berusia 3 tahun, keseimbangan tubuhnya masih belum baik. Maka dari itulah mengapa ketika berjalan ataupun berlarian masih sering terjatuh. Oleh karena itu ajaklah anak bermain atau melakukan suatu aktivitas untuk menstiulasi perkembangan keseimbanga tubuh serta motorik si kecil.

Anak-anak berusia 2-3 tahun kebanyakan sudah dapat berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain (orangt tua) atau dituntun. Namun jangan dilupakan, bahwa sebenarnya keseimbangan anak belumlah mantap/stabil. Sehingga mama/orang tua harus mengawasi setiap waktu. Karena jika tidak diawasi, anak Anda bisa terjatuh atau bahkan bisa membentur sesuatu yang dapat membahayakan tubuhnya.

Dari pemaparan di atas, maka zonapelatih menyerankan kepada Anda (kita semua) untuk melatih keseimbangan anak, agar koordinasi atar organ gerak semakin terlatih dan lebih optimal dan ini latihan keseimbangan tubuh ini penting dilakukan.
Variasi Latihan Keseimbangan untuk Anak Zonapelatih

Variasi Latihan Keseimbangan untuk Anak

Caranya cobalah ajak si kecil untuk melakukan kegiatan/suatu aktivitas fisik maupun permainan yang seru (tidak menoton) dan pastinya dapat meningkatkan perkembangan sistem keseimbangan anak. Anda hanya membutuhkan waktu singkat (30 menit) setiap harinya. Nah jika Anda bingung dengan model atau variasi latihan keseimbangan untuk anak, Anda bisa mencoba beberapa contoh aktivitas yang bagus untuk keseimbangan anak di bawah ini.

Contoh Variasi Latihan Keseimbangan untuk Anak


Di bawah ini ada beberapa contoh aktivitas maupun bentuk latihan keseimbangan untuk anak yang baik dan mudah dilakukan dan pastinya sangatlah safety (aman) untuk si kecil.

1. Menirukan Pesawat Terbang

Variasi Latihan Keseimbangan untuk Anak Zonapelatih
Ajaklah anak Anda bermain, bermain untuk menirukan "pesawat terbang". Sehingga si anak seacra otomatis (tanpa sadar) akan beridiri dengan satu kaki yang terangkat kebelakang. Dan kedua tangannya direntangkan lurus ke samping kiri dan kanan.

Agar anak semakin semangat dan tertantang, Anda bisa mencoba membuat variasi latihannya atau variasi bentuk perintahnya. Semisal menantang anak untuk berlomba siapa yang paling lama bisa dalam posisi pesawat terbang, dialah yang menang. Dan pastinya usahakan Anda yang kalah, biar anak Anda senang dech :)

Ajaklah putra Anda untuk berjalan jinjit diatas garis. Anda hanya perlu memberi garis atau tanda pada lantai rumah Anda. Dan surhlah anak berjalan secara jinjit diatas garis tersebut dan tidak boleh terjatuh.

Variasi latihan keseimbangan ini secara tidak sadar Anda sudah melatih kekuatan otot kaki tibialis anterior anak. Dimana otot kaki tersebut sangatlah penting ketika andak berlari maupun melompat.

Berjalan dengan Jinjit

Variasi Latihan Keseimbangan untuk Anak Zonapelatih
Selain itu, aktitas berjalan jinjit diatas garis tersebut juga sudah melatih koordinasi mata dan kaki Anak Anda.

Variasi dari berjalan jinjit pada garis lantai ini adalah Anda bisa menambahkan kayu balok tipis dengan lebar seukuran kaki Anak dan panjangnya 1-2 meter atau menurut selera ANda. Untuk pertama kali tuntunlah anak Anda berjalan di atas balok kayu tersebut agar tidak jatuh dan anak menjadi berani. Dan perlahan lepaskan tuntunan Anda, agar anak belajar melatih keseimbangan tubuhnya sendiri.

Menari dan Senam

Variasi Latihan Keseimbangan untuk Anak Zonapelatih
Jika Anda mempunyai anak perempuan, Anda bisa mencoba mengajaknya menari dengan menyesuaikan irama musik yang ada. Atau jika ibu tidak bisa memberikan contoh gerakan menari dan senam, Anda bisa menyalakan youtube/video anak-anak sedang menari. Dan suruhlah anak Anda menirukan gerakan yang ada pada video tersebut.

Usahakan carilah gerakan menari yang komplex, dimana anak akan menyelaraskan gerakannya entah dengan gerakan mata, pinggung, tangan dan kakinya. Sehingga kegiatan menari dapat mengembangan keseimbangan badan dengan baik.

Buat tambahan refrensi cara melatih keseimbangan anak, lihat video di bawah ini.


Nah itulah bagaimana cara melatih keseimbangan anak dengan beberapa variasi latihan agar anak tidak mudah bosan dan selalu bersemangat dalam melakukannya.

Related Posts

0 Komentar untuk Variasi Latihan Keseimbangan untuk Anak