Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Sejarah Olahraga Hockey - Haloo zonapelatih.netzonapelatih mania, apakah Anda semua sudah tahu tentang olahraga hockey? Kata "hokey" memiliki arti "keberuntungan", sehingga olahraga hoki adalah olahraga beruntung heheh "just kidding :)". Makanya kenapa olahraga hoki ini identik dengan keberuntungan. Permainan hokey ini sudah dimainkan di Indonesia, namun belum sepopuler permainan sepakbola, futsal, dan basket. Okey agar lebih paham mengenai olahraga permainan ini, silahkan baca artikel di bawah ini sampai selesai ya! karena ada juga lho teknik bermain serta program latihannya.
Sejarah Olahraga Hockey dan Peraturan Permainannya

Sejarah Olahraga Hokey

Jika ada yang bertanya "Apa itu olahraga Hockey?" Anda bisa menjawab seperti ini. Hockey adalah salah satu olahraga permainan yang dilakukan oleh pria dan wanita dengan menggunakan sebuah alat (stick) dan bola. Dan sistem permainannya hampir mirip seperti permainan sepakbola.

Jenis Permainan Olahraga Hokey

Jenis olahraga hoki sendiri dikelompokkan menjadi 3 jenis berdasarkan tempat bermain.
  1. Hockey lapangan (field hockey)
  2. Hockey ruangan (indoor hockey)
  3. Hockey es (ice hockey)

Sejarah Singkat Permainan Hockey

Asal mula olahraga permainan hockey yaitu ada dua sumber tempat, yaitu dari negara Persia dan Mesir Kuno. Seperti yang sudah zonapelatih jelaskan diawal tadi, bahwa olahraga hoki merupakan suatu olahraga permainan yang dimainkan oleh dua regu yang setiap pemainnya memegang sebuah stick (tongkat ujungnya bengkok) untuk mengontrol/menggerakan sebuah bola.

Relief adegan orang sedang maen hockey ini terdapat pada tembok kuburan di Lembah Raja dekat Bani Hasan di Mesir Kuno. Dan hingga saat ini di berbagai wilayah terpencil di Mesir masa kini, mash memainkan permainan kuno ingin alat sederhana yaitu stick dibuat dari peleah palem dan bola keras. Dan dinamanya dahulu adalah hoksa.

Dari negara Mesir, hoksa (hockey) menyebar ke suku Arab dan bagian lain Afrika Utara serta mungkin melalui Kreta ke Yunani. Oleh suku Arab hoki disana disebut "dahwa" dan dimainkan menggunakan bola kayu. Suku Bahuka di Afrika menyebutnya dengan "thepu" dan dimainkan dengan bola karet.

Dan sagatlah beruntung bahwa sejarah menghendaki negera England mendapat kehormatan sebagai tempat lahirnya permainan hoki modern ini. Pada tahun 1800 sebuah alamanak mencatat adanya permainan ini dan namanya pun sudah hockey. Mungkin nama tersebut berasal dari kata "hook" (bagian bengkok stick).

Pada tahun 1886 merupakan hari terbentuknya oragnisai hoki pertama di England yaitu English Hockey Association. Sementara itu sekitaran tahun 1890 hoki telah menyebar ke wilayah daratan Eropa. Setiap negara menyusun peraturan permainan hoki sekala nasionalnya sendiri. Meski pada intinya tetap mengacu pada peraturan permainan IHB.

Dan di Indonesia sendiri permaina hoki lapangan sudah dimainkan sebelum perang dunia kedua. Olahraga hoki pertama kali dibawa oleh bangsa Belanda, sekitar tahun 1920-1925. Dimana para kolonis yang gemar memainkan olahraga hoki ini mendirikan klub. Sehingga hoki mudah berkembang di kalangan masyarakat bangsa Belanda itu sendiri dan hanya hanya segelintir bangsa sendiri yang beruntung untuk ikut bermain.

Dari situlah Hockey mulai diajarkan di SMA yang banyak murid belandanya (CAS, LYCEUM), kemudian juga di HBS yang ada murid pribuminya serta HIK khusus untuk anak pribumi. Harus diakui bahwa sampai masa 1950-1955 adalah puncak kepopuleran hoki di Indonesia dimana jumlah penggemar dan bermunculnya jumlah lapangan hoki yang ada.

Dimana hoki diajarkan disejumlah sekolah yang banyak murid Indonesia menjadikan persemaian bibit bagi perkembangan klub hoki. Selain karena hoki sudah mulai populer pada waktu itu dan harga peraltan hoki yang terjangkau oleh kemampuan daya beli mahasiswa dan pelajar.

Selain itu terkadang di klub juga sudah disediakan sejumlah stick dan bola untuk anggota baru yang baru mulai belajar permainan hoki. Di perguruan tinggi hoki berkembang pesat dikarenakan siswa SMA yang telah lulus melanjutkan olahraga hoki sebagai mahasiswa perguruan tinggi masing-masing.

Kebangkitan hoki kembali terjadi pada kisaran tahun 1939, atas prakarsa Iskandar Simanjuntak yang mendirikan perkumpulan hoki andalas di Medan. Dimana anggotanya terdiri dari guru-guru serta siswa mulo joshua institut medan. Seiringnya dengan proklamasi kemerdekaan republik Indonesia pada tahun 1945 organisasi hoki pun disahkan atas prakarsa tokoh olahragawan yaitu Yusuf Ismail, Padmo, Sumasto, S.Asikin dengan mendirikan induk organisasi hoki di Indonesia dengan nama Persatuan Hoki Seluruh Indonesia atau di singkat menjadi PHSI.

Nah itulah sejarah singkat tentang permainan olahraga Hockey internasional hingga sejarah hoki di Indonesia.

Peraturan Umum Peraminan Hockey

Olahraga permainan hoki adalah permainan yang dipertandingkan oleh dua regu/tim. Dimana setiap tim terdiri dari 11 orang pemain. Dan peraturan umum dari permainan  olahraga hoki yaitu:

A. Peraturan Larangan Untuk Pemain Hoki

Dilarang mengangkat stick di atas pundaknya bilama bisa membahayakan dalam permainan.
  • Melakukan teknik permainan yang dapat membahayakan pemain lain.
  • Memukul bola ke udara.
  • Menendang ataupun menahan bola menggunakan kaki (khusus penjaga gawang diperbolehkan sesuai peraturan yang ada).
  • Memukul, menggigit atau menahan stick lawan.
  • Menghalangi lawan dengan badan atau stick, mendorong, menjatuhkan serta menyandung lawannya dengan stick.


B. Peraturan Yang Diperbolehkan Untuk Atlet Hoki

Menahan bola dengan tangan (sesuai degan peraturan yang berlaku). Di dalam zona D (Striking circle) hanya penjaga gawang sajalah yang diperbolehkan bermain dengan menggunakan kaki, menendang dan menahan bola dengan bagian tubuh badan yang mana saja, tetapi dia tidak boleh berbaring diatas ataupun di depan bola.

Peraturan dan Istilah Dalam Permainan Hockey

  1. Free hit (pukulan bebas) adalah pululan bebas yang dilakukan pada tempat terjadinya pelanggaran.
  2. Penalty corner-short corner. Penalty corner adalah dapat dilakukan di atas garis pinggir gawang lawan, dengan jarak sekurang-kurangnya 2,75 meter dari tiang gawang terdekat. Penalty corner diberikan apabila seorang pemain diketahui wasit dengan jelas menyentuh bola disebelah daerah gawangnya atau disebabkan sesuatu hal yang dilakukan di dalam zona D atau striking circle.
  3. Penalty Stroke diberikan disebabkan karena keselahan yang dilakukan di dalam zona D atau zona striking circle apabila seorang pemain bertahan dengan jelas menghalangi sebuah laju bola yang akan masuk gawang, dengan cara yang tidak benar. Penalty stroke dilakukan pada jarak 7,31 meter dari depan gawang. Para pemain lain harus berada di belakang garis 25 yard. Apabila penjaga gawang bisa menahan bola maka tim bertahan diberikan pukulan bebas (free hit) dari titik 14,63 meter dari mulut gawang.
  4. Corner hit - long corner hit diberikan apabila seorang pemain dengan tidak sengaja memainkan/memukul bola ke belakang garis gawangnya dari jarak kurang dari 25yard. Corner hit dilakukan dari jarak 9,14 meter dari tiang gawang terdekat dengan titik corner. Dan untuk para pemain lain dari tim penyerang harus berada di belakang garis zona D (strick circle).
  5. Offside adalah apabila seorang pemain melampaui dua pemain lawan di depannya, jika berada di daerah lapangan lawan.
    > Stop dengan beridri (field)
    > Stop dengan jongkok (indoor)
  6. Hit-in atau pukulan ke dalam dilakukan apabila seorang memukul atau menyentuh bola dengan sticknya melampui garis pinggir.

Peralatan yang Dibutuhkan Oleh Pemain Dalam Olahraga Hockey

Beberapa macam alat inilah yang wajib dimiliki oleh pemain handal hockey:
  1. Untuk pemain depan: Stick, bola dan glove (pelindung tangan)
  2. Untuk kiper: Stick, leguard (komplit satu set seragam kiper hoki).
 



Perbedaan Stick Field dan Stick Indoor

Perbedaan dari kedua jenis stick diatas adalah terletak pada ketebalan sticknya saja. Stick field lebih tebal daripada stick indoor.


Perbedaan Hockey Es dengan Hockey Field/Indoor

Perbedaan dari jenis hockey diatas adalah pada sepatunya dan bola saja, karena ketika kita bermain di permukaan es kita harus memakai sepatu skating serta memakai hlmet karena bola dan sticknya terbuat dari besi.

Cara Bermain dan Peraturan Olahraga Hockey

Cara memainkan permainan hockey sangatlah sederhana, persis seperti main bola pada umumnya. Yang membedakan hanyalah pada dribbling (menggiring bola) saja, passing dan shooting pun sama.

Peraturannyapun sama, bola juga tidak boleh mengenai kaki pemain. Permainan hockey menurut Federasi Internasional Hockey (FIH) dibagi menjadi dua babak. Dan durasi waktu tiap babak adalah 35 menit. Untuk jenis kartu ada 3, yaitu kartu hijau (untuk peringatan pertama), kartu kuning (untuk peringatan serta skorsing istirahat beberapa menit bagi pemain yang melanggar) dan kartu merah (oemain dikeluarkan dari pertandingan). Dan untuk  menembak harus berada apda area/zona tembak, jadi tidak boleh asal menembak. Untuk kemenangan yaitu tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang dialah tim pemenangnya.

Untuk lebih jelasnya apa itu dan bagaimana permainan hockey Anda bisa melihat video dibawah ini.


Nah inilah artikel / makalah tentang Sejarah Olahraga Hockey serta bagaimana cara memainkan agar bagus. Dan juga dilengkapi dengan teknik permainan hoki. Semoga brmanfaat dan silahkan share!

Related Posts

0 Komentar untuk Sejarah Olahraga Hockey dan Peraturan Permainannya