Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Cara mengatasi masalah otot besar sebelah karna efek dari latihan fitness dimana teknik dan program latihan yang salah – Jika menginginkan tubuh ideal, maka tubuh haruslah seimbang, tidak hanya sebatas besar serta kekar saja. Pastinya akan menjadi lucu dan bahan pembicaraan (gosip), jika melihat seseorang dengan otot dada lebih besar sebelah. Smeisal otot dada bagian kiri atau bahu kanan lebih naik sebelah.

Itu kenapa bisa terjadi? Karena permasalahnya ada pada pola latihan fitness atau kegiatan sehari-hari yang salah daapt menyebabkan otot Anda menjadi besar sebelah.
Cara Mengatasi Masalah Otot Besar Sebelah | Efek Fitness
Nah lalu bagaimana cara mengatasi masalah otot besar sebalah? Berikut ini zonapelatih akan memaparkan beberapa contoh cara latihan mengatasi masalah otot besar sebalah dikarenakan fitnes. Baca sampai selesai karna di bawah artikel ada tips tersendiri!

Cara Mengatasi Masalah Otot Besar Sebelah Karena Fitness


Sebelum kita masuk ke cara mengatasi otot besar sebalah, kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Kan lucu saja kalau mau mengobati kok kita belum tahu penyebabya, benar kan?

Penyebab Otot Besar Sebelah

Otot yang besar sebelah bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor.

  1. Penyebab yang pertama yaitu disebabakan karena genetik atau dari lahir.
  2. Penyebab otot yang kedua adalah dikarenakan adanya kesalah dalam melakukan teknik latihan atau salah gaya dalam gaya hidup. Semisal salah satu tangan sangat dominan untuk mengangkat suatu beban dan ini merupakan penyebab yang paling banyak. Sebagai contoh dalam dunia olahraga adalah para pemain tenis maupun atlet bulutangkis mereka kebanyakan mempunyai otot yang lebih besar pada tangan yang lebih dominan/aktif.


Latihan Cara Mengatasi Otot Besar Sebelah Dikarenakan Fitness


Sahabat zonapelatih yang pastinya hoby latihan fitness, jika Anda memiliki otot besar sebelah tidak usah bingung dan gelisah untuk mengatasinya.

Cara mengatasi otot besar sebelah sangatlah sederhana dan yang pasti membutuhkan fokus dan latihan yang teratur. Anda cukup menggunakan atau melatih otot yang lemah untuk mendorong atau mengangkat beban. Sehingga otot yang kecil atau lemah akan menjadi terangsang dan secara otot matis akan semakin besar juga.

Pada latihan ini pada intinya adalah Anda harus memberikan treatment/latihan/kegiatan lebih di otot yang kecil. HIngga otto berkembang dan menyamai dengan otot yang besar tadi. Dan meski merupakan altihan yang sederhana namun Anda harus kerja keras dalam latihan, seperti harus rutin dan teratur.

Sebagai contoh cara mengatasi otot dada besar sebelah

Misalkan : Ketika Anda melakukan proses latihan membentuk otot dada menggunakan bench press, maka usahakan berikan kuasa kepada sisi tangan terlemah Anda untuk mendorong beban, dan sisi tangan terkuat Anda hanya digunakan untuk menjaga keseimbangan saja.

Sebagai pilihan beban, kami menyarankan menggunakan dumbbell saja. Dengan menggunakan alat fitnes dumbbell, beban akan lebih seimbang serta terbagi rata antara tangan kanan dan tangan kiri, tanpa harus susah payah menyeimbangkanya. Karena otomatis berat dumbbell sudah sama di kedua tangan Anda.

Dan perlu diingat buat kita semua. Bahwa gerakan yang tidak tepat (salah) dapat membuat Anda melatih otot yang salah dan membuat cedera. Selai itu juga hanya akan memperkuat otot bagian kanan atau kiri Anda saja.

Untuk meminimalisir hal tersebut Anda bisa meminta bantuan instruktur atau spotter untuk sekedar mengawasi atau bahkan membantu latihan angkat beban Anda.

Contohnya lainnya adalah ada pada penelitian yang dilakukan oleh Pediatric Physical Therapy. Dimana hasil peneletian membuktikan bahwa mereka yang mempunyai kebiasaan menggunakan tas selempang atau mengaitkan tas punggung hanya di satu sisi (bahu) lebih cenderung memiliki otot bahu yang naik sebelah.

Catatan!

Jika Anda benar-benar merasa sangat terganggu dengan otot yang tidak seimbang solusi terbaik yang ada adalah dengan mendatangi ahli terapi fisik atau dokter ahli.

Nah itulah artikel tentang cara mengatasi otot besar sebalah karena fitness. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. Dan jangan lupa berikan tanggapan ada komentar serta mohon dishare jika artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Mengatasi Masalah Otot Besar Sebelah | Efek Fitness