Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Latihan Teknik Roll Depan, Roll Belakang, Tiger dan Meroda dengan Benar -  Senam lain merupakan olahraga yang masuk dalam materi pelajaran PJOK di sekolah-sekolah. Dalam materi senam lantai terdapat beberapa macam gerakan seperti Roll Depan, Roll Belakang, Tiger dan Meroda (baling-baling). Dan zona pelatih akan menjelaskan bagaimana cara latihan gerakan senam lantai tersebut dengan mudah, supaya Anda mudah menguasainya.

Latihan Teknik Roll Depan, Roll Belakang, Tiger dan Meroda dengan Benar


Latihan Teknik Roll Depan, Roll Belakang, Tiger dan Meroda dengan Benar


A. Latihan teknik roll depan/guling depan

Roll depan atau guling depan adalah gerakan berguling ke depan yang bisa dilakukan dengan dua sikap awalan. Sikap awalan gulign depan diawali dari posisi jongkok dan satunya adalah roll depan yang diawali dari posisi berdiri.

Cara melakukan latihan gerakan roll depan dengan sikap awal posisi berdiri


Roll depan dengan sikap awal berdiri ini harus dilakukan dengan hati-hati karena berbahaya, oleh karena itu harus ada guru/pelatih yang bisa membantu mengawasi dan melakukan teknik pertolongannya. Bagi Anda yang merasa pemula atau baru saja latihan tidak disarankan melakukan gerakan gulign depan dengan awalan berdiri, karena jika Anda salah melakukan teknik/gerakannya maka berakibat cidera.

Nah untuk bagi yang sudah bisa melakukan roll depan dengan posisi jongkok, bisa Anda pelajari cara melakukan gerakan roll depan dengan posisi beridiri sebagai berikut:


  1. Ambl sikap awalan berdiri dengna kedua kaki lurus dan rapat.
  2. Letakkan kedua tangan/telapak tangan pada matras busa dan kedua tangan di buka selebar bahu.
  3. Bengkokkan kedua siku tangan, sambil meletakkan bagian tengkuk pada matras, dan dagu masuk menyentuk bagian dada Anda.
  4. Kemudian mulailah berguling ke arah depan.
  5. Perlu diingat ketika panggul menyentuh matras, maka lipatlah kedua kaki dan dilanjutkan dengan kedua tangna memegang tulang kering kaki hingga pada posisi tubuh jongkok.

Cara melakukan latihan gerakan roll depan dengan sikap awal posisi jongkok


Roll depan dengan posisi awal jongkok ini adalah dasar dari berlatih guling depan. Dan latihan roll depan dengan posisi jongkok ini yang banyak dipilih oleh para pemula yang baru belajar guling depan.

Cara melakukan roll depan dengan awalan jongkok


  1. Ambil sikap awal dengan posisi jongkok mengahadap matras.
  2. Kedua kaki rapat.
  3. Kedua tangan di letakkan di matras berjarak kurang lebih 40 cm dari ujung kaki.
  4. Tumpuan berada pada bagian tangan, karena menahan berat badan Anda.
  5. Tekuklah kedua siku tangan Anda, lalu lakukan gerakan berguling ke depan.
  6. Tengkuk atau leher bagian belakanglah yang pertama kali menyentuh matras. Caranya Anda harus menundukkan kepala sampai dagu menyentuh dada Anda.
  7. Setelah panggung Anda menyentuh papan matras, peganglah bagian bawah lutut (pada bagian tulang kering) menggunkan kedua tangan.
  8. Setelah proses gerakan guling depan selesai diakhiri dengan posisi jongkok dengna kedua tangan masih memegang tulang kering kaki Anda.

B. Latihan guling belakang / rol belakang

Sikap awal posisi guling ke belakang (roll belakang)

Cara melakukan roll belakang (guling belakang) dengan benar


  1. Ambil sikap posisi jongkok membelakangi matras dengan kedua kaki rapat serta tumit jinjit.
  2. Kepala menunduk hingga dagu menyentuh dada.
  3. Kedua tangan diletakkan disamping telinga serta telapak tangan menghadap ke atas.
  4. Selanjutnya jatuhkan pantat Anda kebelakang, dan ushaakan badan tetap membulat.
  5. Ketika punggung menyentuh matras/lantai, kedua lutut dengan ceapt ditarik ke belakang kepala.
  6. Pada saat kedua ujung kaki menyentuh matras di belakang kepala, kedua telapak tangan digunakan untuk menekan matras hingga lengan lurus dan kepala terangkat.
  7. Ambilah sikap jongkok, dengan pandangan lurus kedepan lalu berdiri.

C. Latihan loncat harimau (tiger sprong)

Loncat harimau yaitu sikap loncatan membusur menggunakan kedua tangan lurus ke depan ketika melayang dan diteruskan dengan gerakan mengguling ke depan (roll depan) dan diakhiri dengan sikap jongkok.

Latihan gerakan tiger sprong (loncat harimau) pada prinsipnya teknik gerakannya tidak jauh beda dengan gerakan roll depan. Yang membedakan hanyalah pada awalannya saja. Karna pada akhirnya tetap saja melakukan gerakan roll depan.

Latihan Teknik Roll Depan, Roll Belakang, Tiger dan Meroda dengan Benar


Cara melakukan latihan teknik loncat harimau dengan benar


  1. Ambilah ancang-ancang atau buat awalan jalan atau lari.
  2. Atau bisa juga dengan awlan jongkok dan meloncat ke depan atas dengan bantuan tolakan dari kedua kaki, dan ketika melayang di udara kedua lengan lurus ke depan. Bersiap untuk melakukan pendaratan.
  3. Nah pada saat kedua tangan menyentuh matras, kepala menunduk hingga dagu menyentuh dada dan tengkuk menyentuh matras.
  4. Segera lipat kedua kaki dan lakukan guling kedepan.

D. Latihan meroda (baling-baling / koprol)


Meroda adalah sebuah gerakan memutar tubuh dari sikap awal menyamping dengan menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan ketika melakukan gerakan meroda/baling-baling pada senam lantai.

Pada program latihan meroda ini bisa kita mulai dari latihan dengan tingkat yang mudah terlebih dahulu baru menuju ke yang lebih sulit. Supaya Anda mudah dalam berlatih gerakan meroda.

Cara melakukan gerakan meroda pada senam lantai


  1. Sikap awal berdirilah dengan tegak posisi tubu menyamping dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Lalu luruskan kedua tangan ke atas serong ke samping (menyerupai huruf V) serta pandangan lurus ke depan.
  2. Bila sudah jatuhkan badan dan letakkan tangan ke se=amping kiri, kemudian kaki kanan terangkat lurus ke atas. Gerakan ini disusul dengan meletakkan tangan di samping tangan kiri.
  3. Ketika kaki kanan Anda ayunkan, maka kaki kiri ditolakkan pada  matras/lantai sehingga kedua kaki terbuka dan serong ke samping.
  4. Selanjutnya letakkan kaki kanan ke samping tangan kanan, tangan kiri terangkat kemudian disusul dengan meletakkan kaki kiri di samping kaki kanan.
  5. Sehingga badan terangkat, dan kedua lengan lurus ke atas ke posisi semula.

Nah itulah cara latihan melakukan gerakan Teknik Roll Depan, Roll Belakang, Tiger dan Meroda dengan Benar. Silahkan mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Latihan Teknik Roll Depan, Roll Belakang, Tiger dan Meroda dengan Benar